Tak hanya cantik, Air Telaga Madiredo konon bisa bikin awet muda - WisataHits
Jawa Timur

Tak hanya cantik, Air Telaga Madiredo konon bisa bikin awet muda

Tak hanya cantik, Air Telaga Madiredo konon bisa bikin awet muda

INDOZONE.ID – Destinasi wisata di Malang tidak hanya berada di Kota Batu. Di Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur juga memiliki destinasi alam yang tak kalah indah. Salah satunya adalah Agrowisata Telaga Madiredo.

Agrowisata Telaga Madiredo terletak di Dusun Lebo, Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Hotel ini berada dalam radius 11 km atau 30 menit berkendara dari pusat Alun-alun Kota Batu.

madiredoKeindahan Danau Madiredo (Z Creators/Azmy)

Di tempat ini Anda akan disuguhkan warna air danau yang jernih langsung dari mata airnya. Ditambah lagi, di sekeliling Anda disuguhi pemandangan sawah terasering yang dijamin memanjakan mata.

Berada di ketinggian 1.200 mdpl, Agrowisata Telaga Madiredo menjadi destinasi yang wajib dikunjungi saat akhir pekan. Banyak yang tidak mengetahui bahwa destinasi wisata ini telah meninggalkan jejak sejarah yang panjang di masa lampau.

telaga madiredoTuris berfoto di Danau Madiredo (Z Creators/Azmy)

Sebelum diatur seperti ini, tujuan ini bukanlah sumber air biasa. Banyak orang yang percaya bahwa air di Sendang Madiredo ini bertuah atau suci. Menurut Ketua Pengelola Telaga Madiredo Fauzan Anwari, mencuci atau mandi di sini dipercaya bisa membuat awet muda.

“Dulu, orang yang mandi di sini atau mencuci di air percaya bahwa air akan membuat mereka awet muda,” katanya.

Cerita ini berlangsung untuk waktu yang lama. Konon prajurit Indonesia mandi di perairan danau ini sebelum berangkat berperang untuk Timor Leste.

telaga madiredoSpot selfie di Telaga Madiredo (Z Creators/Azmy)

Kisah ini begitu dahsyat sehingga air suci danau ini telah dikunjungi oleh banyak pegiat spiritual hingga saat ini. Kesaktian ini tidak lepas dari cerita pewayangan dimana Telaga Madiredo menjadi medan pertempuran antara tiga tokoh pewayangan.

telaga madiredoUdara sejuk karena tinggi (Z Creators/Azmy)

Mereka adalah Gwarso, Gwarsi dan Dewi Anjani. Mereka terlibat dalam perebutan pusaka yang disebut Cupumanik Astobimo. Sampai-sampai Gwarso dan Gwarsi rela bermeditasi sekian lama hingga berubah wujud menjadi monyet atau disebut Anoman.

“Banyak juga yang percaya bahwa di sini dijaga oleh dua Anoman atau roh kera putih. Dia bertapa di atas lempengan batu di dekat mata air,” katanya.

Kuatnya potensi kearifan lokal itulah yang mengantarkan para pemuda desa di sana berinisiatif menata kawasan tersebut sebagai destinasi wisata. Ide awal membangun agrowisata sudah dirintis bahkan sejak tahun 2003 silam.

Karena satu hal, pembangunan ditunda dan tidak bisa direalisasikan hingga 2021. Selain di danau, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan seperti berenang, memancing, atau berkemah.

Baca Juga: Tidak Semua Wanita Bisa Ke Kuil Sumber Payudara Agar Awet Muda, Ini Alasannya

Sejumlah fasilitas pendukung seperti mushola, toilet, kafe, taman, dan sejumlah spot selfie menarik di sekitar danau juga telah disediakan. Untuk anak-anak, selain berenang juga bisa bermain perahu kayuh.

Rencananya, pengelola akan mengembangkan destinasi wisata ini lebih optimal lagi, sehingga semakin banyak menarik wisatawan.

Dengan berbagai fasilitas kelas dunia, harga tiket masuknya hanya Rp 5.000 per orang. Jika ingin menyewa perahu, Anda hanya perlu menyiapkan Rp 10.000.

Anda juga bisa menikmati sensasi menangkap ikan, kemudian mengolahnya dan memakannya di tempat yang hangat. Jadi tunggu apa lagi?

Artikel menarik lainnya:

Airnya konon bisa bikin awet muda, tapi ternyata ada kisah miris di balik pesona Lembah Anai

Bertemu Menteri Nadiem, Nono Boy NTT Juara Dunia Matematika minta hal yang bikin ngakak

Harga buah tropis di negeri ini bikin nangis!

Sal Lavallo, seorang musafir baru-baru ini ke sekitar 193 negara, membagikan pengalaman pertobatannya

Ciptakan kisah seru Anda dan dapatkan berbagai hadiah menarik! Mari bergabung Z Pencipta dengan mengklik di sini.

Z PenciptaZ Pencipta

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button