Tahun Baru Imlek Kemana? Coba jelajahi pesona 5 desa wisata di Jawa Tengah - WisataHits
Jawa Tengah

Tahun Baru Imlek Kemana? Coba jelajahi pesona 5 desa wisata di Jawa Tengah

Tahun Baru Imlek Kemana?  Coba jelajahi pesona 5 desa wisata di Jawa Tengah

TEMPO.CO, semarang – Rute desa wisata di Provinsi Jawa Tengah terus bertambah pascapandemi Covid-19. Berdasarkan data dari Jatengprov.go.idSejauh ini provinsi yang dipimpin Gubernur Ganjar Pranowo ini memiliki 818 desa wisata.

Nilai kearifan lokal, adat istiadat yang dipadukan dengan keindahan alam menjadi daya tarik tersendiri bagi desa wisata di Jawa Tengah. Desa wisata ini biasanya dikembangkan secara mandiri dan atas prakarsa warga setempat. Tujuan utamanya adalah meningkatkan kesejahteraan ekonomi melalui potensi aset pariwisatanya.

Baca: Rencanakan Kunjungan Liburan 2023 ke 4 Destinasi Wisata Budaya Ini

Rekomendasi paling populer

Berikut 5 desa wisata terpopuler di provinsi ini yang disusun oleh laman Visit Jawa Tengah, yang kali ini bisa menjadi pilihan utama Anda untuk menghabiskan liburan Imlek.

1. Desa Wisata Karanganyar Kabupaten Magelang
Desa wisata pertama di Jawa Tengah ini terletak di Desa Karanganyar, Kabupaten Magelang. Lokasinya tidak jauh dari Candi Borobudur, hanya berjarak tiga kilometer. Daya tarik Desa Wisata Karanganyar menyuguhkan panorama alam di sisi utara Lembah Bukit Menoreh. Wisatawan juga bisa melihat matahari terbit melalui gardu pandang Balkondes di pagi hari.

2. Desa Wisata Dieng Kulon Kabupaten Banjarnegara
Desa Wisata Dieng Kulon terletak di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Pengunjung disuguhkan dengan daya pikat udara yang sejuk, lingkungan desa yang masih alami dan berbagai wisata budaya lainnya.

3. Desa Wisata Krikilan Sangiran Kabupaten Sragen
Desa wisata populer di Jawa Tengah berikutnya yang terletak di Cagar Budaya Sangiran, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Cagar budaya ini sudah ada sejak lama dan dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1996. Di desa wisata ini, wisatawan bisa melihat koleksi museum tentang manusia purba.

4. Desa Wisata Pandanrejo Kabupaten Purworejo
Salah satu objek wisata unggulan di Desa Wisata Pandanrejo adalah Kampung Cantik. Ini adalah pusat akomodasi wisata di desa Pandanrejo. Sebelum berkembang dewasa ini, kawasan Pandanrejo berada di wilayah yang sama dengan desa-desa di Perbukitan Menoreh, bagian paling timur Kabupaten Purworejo.

5. Desa Wisata Sembungan Kabupaten Wonosobo
Terakhir, desa wisata paling populer di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi wisatawan disebut Desa Wisata Sembungan. Desa ini dikenal sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 2.300 mdpl.

Desa Wisata Sembungan, Wonosobo. Shutterstock

Suasana dingin dan udara sejuk khas dataran tinggi akan Anda rasakan di Desa Wisata Sembungan.

Haris Setyawan

Baca Juga:Wisatawan Mancanegara Mulai Tertarik dengan Desa Wisata di Bali

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terhangat dan berita pilihan di saluran Telegram “tempo.co Perbarui”. Klik bergabung.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button