Tahun 2023, Disparbud Jabar fokus pada pengembangan desa wisata - WisataHits
Jawa Barat

Tahun 2023, Disparbud Jabar fokus pada pengembangan desa wisata

Tahun 2023, Disparbud Jabar fokus pada pengembangan desa wisata

BANDUNG (ANTARA) – Salah satu fokus utama pengembangan program yang akan dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat pada tahun 2023 adalah pengembangan desa wisata untuk meningkatkan daya tarik wisata.

“Desa wisata berpotensi menarik wisatawan mancanegara ke Jabar. Fokus pengembangan desa wisata juga sejalan dengan peraturan daerah yang ada. Jadi saat ini sedang kita perkuat di Jabar,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Benny Bachtiar di Bandung, Selasa.

Benny mengatakan, untuk menarik wisatawan mancanegara, pendirian desa wisata akan meminta masukan dari diaspora Indonesia di Australia untuk membicarakan kebutuhan yang harus disediakan Jabar bagi wisatawan mancanegara.

“Biasanya diaspora membawa wisatawan ke Indonesia tapi tidak ke Jawa Barat karena Jawa Barat dianggap belum siap, padahal yang dibawa diaspora ini adalah wisatawan berduit,” ujarnya.

Menurut Benny, dengan adanya desa wisata, ada peluang wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke wilayah Jawa Barat, sehingga desa wisata ini menjadi hal yang terpenting dan akan fokus ke sana pada tahun 2023.

“Karena Jabar belum bisa menawarkan destinasi wisata yang diinginkan wisatawan mancanegara. Namun, kami berusaha untuk menarik wisatawan lokal atau mancanegara. Jadi kita bikin lagi,” ujarnya.

Progres pengembangan desa wisata di Jabar cukup baik, bahkan pada tahun 2022 mendatang, akan ada lima desa wisata Jabar yang masuk dalam daftar Top 50 Desa Wisata Indonesia (ADWI) oleh Kemenpar.

Kelima desa tersebut adalah Desa Cisande di Kabupaten Sukabumi, Desa Gegesik Kulon di Kabupaten Cirebon, Desa Alam Endah di Kabupaten Bandung, Desa Selasari di Kabupaten Pangandaran, dan Desa Saung Ciburial di Kabupaten Garut.

“Jadi kami berusaha untuk memindahkan wisatawan yang punya uang ke Jawa Barat. Dan insya Allah kita akan ajak diaspora untuk membicarakan infrastruktur apa saja yang dibutuhkan atau menjadi daya tarik wisman ke Jabar,” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Disparbud Jabar fokuskan pengembangan desa wisata pada 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button