Sutiaji: Pintu Masuk Wisata Tugu Pahlawan ke Wisata Pusaka - WisataHits
Jawa Timur

Sutiaji: Pintu Masuk Wisata Tugu Pahlawan ke Wisata Pusaka

KOTA MALANG – Himpunan Mas TRIP (Mahasiswa Tentara Republik Indonesia) menggelar upacara peletakan bunga di Tugu Pahlawan TRIP kemarin (31/7). Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Pertempuran Jalan Salak (sekarang Jalan Pahlawan TRIP) 75 tahun yang lalu. Upacara peletakan bunga tersebut dihadiri oleh Walikota Malang Sutiaji didampingi Ketua PKK Kota Malang TP Widayati Sutiaji, Kapolres Malang Kota Kombes Pol Bhudi Hermanto, anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Sri Untari Bisowarno dan tokoh lainnya.

Kegiatan diawali dengan konvoi jeep tua dan komunitas motor. Konvoi yang dipimpin Wali Kota Malang Sutiaji itu meninggalkan Jalan Kertanegara sekitar pukul 07.30. Sesampainya di Jalan Pahlawan TRIP rombongan melakukan ziarah dan menanam bunga.

Ketua Pelaksana Iwan Hardiarto Ardito mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan. Namun peringatan ini terasa berbeda. Ini adalah pertama kalinya terjadi sejak pandemi Covid-19. “Dua tahun berturut-turut sebelum itu, kami tidak dapat mengeluarkan peringatan karena pandemi,” katanya.

Selain itu, kata dia, perayaan tersebut berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ivan mengatakan peringatan itu tidak hanya kali ini upacara, tetapi juga didukung oleh berbagai komunitas. Diantaranya adalah Kebaya Wanita Malang Raya (PKMR), Museum Reenactor Malang, Malang Willies Club dan Perganas Rider Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Malang Sutiaji mengapresiasi peringatan tersebut. Menurutnya, mengingat jasa seorang pahlawan adalah suatu keharusan. Karena perjuangan mereka membuahkan kemerdekaan. “Saya berharap acara peringatan ini dapat menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan anak muda,” kata Sutiaji.

Sutiaji menambahkan bahwa Tugu Pahlawan TRIP akan dimasukkan sebagai destinasi wisata warisan di kota Malang. Tujuannya agar generasi penerus bangsa dapat meneladani nilai-nilai kepahlawanan dan patriotisme. Juga, agar anak muda tetap bisa mengingat kisah dan perjuangan para pahlawan. (dre/dan)

Source: radarmalang.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button