Surga tersembunyi di desa Situbondo Merak - WisataHits
Jawa Timur

Surga tersembunyi di desa Situbondo Merak

WAKTU JATIM – Selama ini Kabupaten Situbondo di Jawa Timur lebih dikenal dengan wisata Pantai Pasir Putihnya. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya ada banyak surga tersembunyi di Situbondo? Tepatnya di sebuah desa di sisi utara Taman Nasional Baluran bernama Kampung Merak. Sebuah desa yang tidak diketahui semua orang karena lokasinya yang sebelumnya sulit dijangkau.

Dengan dibukanya Hidden Paradise di Kampung Merak, kampung berjuluk “Desa 1000 Sapi” itu kini perlahan mulai menampakkan pesonanya ke dunia luar. Inilah surga tersembunyi di Kampung Merak.

1. Pantai Sijile

Suasana pagi di Pantai Sijile adalah salah satu kenikmatan dunia yang tiada duanya. Bagian dari wilayah Taman Nasional Baluran, pantai ini memiliki semenanjung atau daratan yang menjorok ke laut dan menyerupai lidah pasir putih. Pantai di desa Sumberwaru ini juga dikelilingi oleh pohon bakau sehingga membuat suasana di sana begitu menyejukkan mata. Selain itu, air lautnya tenang sehingga pengunjung diperbolehkan berenang di sekitar pantai.

2. Pantai Lempuyang

Jika Anda suka berkemah, maka berkemah di Pantai Lempuyang adalah pilihan yang tepat. Ombak yang tenang, pasir putih, pemandangan perbukitan yang indah dan tebing yang menjulang tinggi di tepi pantai menjadi kombinasi istimewa yang ditawarkan Pantai Lempuyangan. Sore harinya kita akan dimanjakan dengan sunset yang sangat indah. Di malam hari kita bisa menikmati Milky Way sambil bercengkerama akrab dengan orang-orang tersayang. Di pagi hari, sunrise yang tak kalah megah menyapa kita dari sisi timur Pantai Lempuyang.

3. Pantai Kakapa

Ingin ke Labuan Bajo tapi tidak punya banyak waktu dan tenaga untuk berwisata ke Nusa Tenggara Timur (NTT)? Ayo ke Pantai Kakapa! Eksotisme pantai ini tidak kalah dengan Labuan Bajo. Apalagi jika kita melihatnya dari atas bukit. Ada juga sebuah pulau di seberang pantai berpasir putih ini. Saat air laut surut, pengunjung dapat melintasi pulau dengan menyusuri pasir pantai.

4. Pantai Balanan

Pantai Balanan merupakan salah satu spot snorkeling dan diving terbaik di Situbondo. Air lautnya sangat jernih dan keanekaragaman biota lautnya masih sangat terjaga. Hamparan pasir putih dan tebing-tebing tinggi membuat pantai ini memiliki panorama yang memanjakan mata.

Baca Juga: Mengenal Koh Panyee, Desa Terapung di Thailand yang Dihuni Muslim dari Jawa

Kabar baiknya, surga tersembunyi di bagian utara Taman Nasional Baluran ini mendapat perhatian lebih dari Pemerintah Kabupaten Situbondo dan Balai Taman Nasional. Akses yang sebelumnya sulit kini telah diperbaiki dan mudah diakses. Pembangunan akses jalan ini diharapkan dapat memperkenalkan surga tersembunyi di Kampung Merak kepada wisatawan domestik dan mancanegara. Selain itu, pembangunan jalan akses akan dilakukan dengan tetap menjaga keaslian, keindahan dan kelestarian ekosistem setempat.

Program ini disambut baik oleh masyarakat Kampung Merak. Aris, salah satu tokoh masyarakat di Desa Merak, mengaku perbaikan jalan ini sudah lama diharapkan warga setempat.

“Indonesia merdeka 77 tahun yang lalu. Sementara kami warga Kampung Merak belum merasakan kemerdekaan ini. Kami warga Kampung Merak sangat mengharapkan perbaikan jalan ini sejak lama. Pembenahan jalan dan pembukaan wisata pantai di kawasan Desa ini menjadi pintu bagi kami, warga Dusun Merak merasa mandiri dan bisa berkembang seiring dengan perkembangan zaman, mulai dari segi ekonomi, pendidikan, kesehatan, dll. Alhamdulillah pemerintah telah mulai melirik potensi yang dimiliki disini. Kami warga Merak sangat mendukung program ini,” jelas Aris.

Dari sinilah kemerdekaan mulai dirasakan oleh masyarakat Kampung Merak. Dunia juga akan mengakui bahwa banyak surga yang tersembunyi di Kabupaten Situbondo.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button