Surabaya kaya akan berbagai destinasi wisata alam yang menawan - WisataHits
Jawa Timur

Surabaya kaya akan berbagai destinasi wisata alam yang menawan


Surabaya kaya akan berbagai destinasi wisata alam yang menawan

Surabaya kaya akan berbagai destinasi wisata alam yang menawan

Asyiknya bermain kano di Romokalisari Adventure Land.

SURABAYA merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Ini juga merupakan ibu kota provinsi Jawa Timur. Meski berstatus metropolitan, Surabaya ternyata memiliki keragaman keindahan alam yang cocok untuk dijadikan tempat liburan keluarga. Destinasi wisata alam tersebut berada di beberapa kawasan Kota Pahlawan. Penasaran apa saja wisata alam yang ditawarkan kota Surabaya! Yuk, simak penjelasannya di bawah ini:

Tanah Petualangan Romokalisari

Romokalisari Adventure Land Tour dibuka secara resmi oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pada Minggu (25/9/2022). Berdekatan dengan Rumah Susun Romokalisari, Kecamatan Benowo, Surabaya, destinasi wisata ini terletak di pesisir utara Surabaya.

Selain lokasinya yang berada di pinggir laut, Romokalisari Adventure Land juga menawarkan sejumlah wahana menarik. Setidaknya ada tujuh jenis wahana yang kini bisa dinikmati pengunjung. Beberapa wahana tersebut terdiri dari taman bermain, kebun binatang mini, arena berkuda, ATV, kano dan sekoci di hutan bakau dan jet ski.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi membenarkan bahwa Romokalisari Adventure Land tak kalah menarik dengan destinasi wisata alam lainnya di luar kota Surabaya. “Ada tujuh wahana di sini. Ada fasilitas berkuda, ada juga arena bermain. Jadi mari kita coba Adventure Land di Romokalisari yang sangat luar biasa,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Sejumlah wahana yang tersedia di sana juga menawarkan berbagai sensasi dengan harga tiket yang berbeda-beda. “Ada kapal yang bisa dinaiki. Jadi pilihannya banyak,” kata Cak Eri yang akrab dengan Wali Kota Surabaya itu.

Pemerintah Kota Surabaya (Pemkot) juga melibatkan 100 anggota masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dalam penatausahaan tanah petualangan Romokalisari. Mereka adalah warga Rumah Susun Romokalisari dan dari desa setempat. “Jadi semua penjualan tiket masuk ke masyarakat Surabaya yang bekerja di sini. Insya Allah 100 orang MBR akan bekerja di Romokalisari Adventure Land,” ujarnya.

Kebun Raya Mangrove

Kawasan pesisir pantai timur Surabaya (Pamurbaya) menyimpan keindahan alam yang eksotis. Situs ini terbentang dari hutan bakau Gunung Anyar – Medokan Sawah hingga Wonorejo – Keputih. Hingga saat ini Pemerintah Kota Surabaya sedang menata dan mengembangkan kawasan Pamurbaya.

Bahkan, Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, saat ini pemerintah kota sedang menata dan menghubungkan mangrove Gunung Anyar dan Medokan Sawah. Di sisi mangrove Gunung Anyar, pemerintah kota fokus pada wisata perahu atau penyeberangan sungai.

Sementara itu, Pemprov DKI telah melengkapi Mangrove Medokan Sawah dengan serangkaian wahana yang bisa dinikmati wisatawan. Mulai dari sepeda air, ATV, spot foto, wisata perahu atau penyeberangan sungai hingga kuliner.

“Ini menunjukkan bahwa Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia, namun keindahan alam tetap terjaga di kebun raya mangrove. Baik untuk pendidikan, penelitian atau wisata alam di Surabaya,” jelasnya.

Asyiknya main jetski.Asyiknya main jetski.

Taman Hiburan Pantai Kenjeran (THP)

Wajah baru Taman Hiburan Pantai Kenjeran Surabaya (THP) kini semakin cantik setelah direnovasi pada tahun 2021. Bahkan hingga saat ini, pemerintah kota masih mengembangkan salah satu destinasi wisata di Kecamatan Bulak, Kota Surabaya.

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, perubahan THP Kenjeran diharapkan dapat mendorong lebih banyak wisatawan untuk datang. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara. “Karena saya ingin menunjukkan bahwa Surabaya memiliki tempat wisata yang luar biasa,” ujarnya.

Selain menawarkan wisata alam berupa pantai, THP Kenjeran Surabaya juga dianugerahi berbagai jajanan dan kuliner yang bisa dinikmati pengunjung. Sedikitnya ada 197 stand Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di THP Kenjeran Surabaya.

Wisata Laut Sontoh

Berkunjung ke kota Surabaya belum lengkap rasanya jika belum mengikuti wisata Sontoh Laut. Tempat wisata yang terletak di desa nelayan Sontoh Laut, Tambak Sarioso, Asemrowo Surabaya ini menawarkan pemandangan laut dengan hutan mangrove. Pengunjung yang datang bisa menghabiskan waktu untuk selfie atau sekedar duduk-duduk di pendopo dan bersantai sambil menikmati seni kuliner.

Sebelumnya, Pemkot Surabaya juga menggelar lomba desain Wisata Sontoh Laut untuk mengembangkan kawasan tersebut. Kompetisi ini bertujuan untuk mendorong partisipasi warga khususnya generasi muda Surabaya dalam pembangunan kota.

Wali Kota Eri Cahyadi meyakini Sontoh akan menjadi wadah bagi anak muda sekaligus destinasi wisata baru yang menarik, menurut Wisata Bahari. Oleh karena itu, program pembangunan Sontoh Laut memang sengaja tidak dilaksanakan langsung oleh Pemkot Surabaya.

“Kalau anak muda ikut, saya yakin hasil pembangunan Sontoh Laut akan maksimal. Saya ingin setiap pembangunan menjadi sumbangsih pemikiran setiap warga kota Surabaya,” ujarnya.

Taman Hutan Raya (Tahura)

Selain destinasi wisata alam yang berada di sepanjang pantai, Surabaya juga memiliki sejumlah Taman Hutan Raya (Tahura) yang bisa dijadikan destinasi liburan di akhir pekan. Ada beberapa pilihan tahura di Surabaya yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Yaitu Tahu Klumprik Balas, Tahura Pakal I & II, Tahu Liat dan Sentra Pertanian Terpadu Jeruk. Tahura di Surabaya tidak hanya dipenuhi dengan berbagai jenis pohon tetapi juga dengan kolam yang diisi dengan budidaya ikan.

Pacu adrenalin Anda dengan melintasi jembatan kayu.Pacu adrenalin Anda dengan melintasi jembatan kayu.

Selain destinasi wisata alam, Wali Kota Eri Cahyadi mengumumkan masih banyak tempat lain di Surabaya yang bisa dijadikan tempat liburan keluarga. Mulai dari kota tua, pendakian sungai Kalimas hingga Kebun Binatang Surabaya (KBS). “Selain wisata heritage, kita juga akan memanfaatkan destinasi wisata alam untuk kemaslahatan umat sehingga semua kegiatan ekonomi bergeser ke Surabaya,” pungkasnya. (iklan)

Source: realita.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button