Surabaya akan segera membangun Taman Komodo - WisataHits
Jawa Timur

Surabaya akan segera membangun Taman Komodo

Lokasi Taman Komodo yang memiliki cuaca dan suhu seperti Pulau Komodo dicari.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya menggagas destinasi wisata baru berupa Taman Komodo. Untuk mewujudkan ide tersebut, Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) saat ini sedang melakukan studi kelayakan.

Humas PDTS Kebun Binatang Surabaya (KBS) Agus Supangkat membenarkan informasi terkait rencana pengembangan Taman Komodo. Namun, dia belum memastikan lokasi pembangunan Taman Komodo.

Dia hanya menyebutkan lokasinya bisa di dekat Surabaya Barat atau Surabaya Timur. “Nanti dibangun di Surabaya Barat atau Surabaya Timur, masih dalam penyelidikan. Kemungkinan dua tahun ke depan (mulai konstruksi),” tegasnya, Selasa (8/9/2022).

Saat ini, lanjut Agus, tim di PDTS KBS masih mengkaji rencana pengembangan Taman Komodo bersama Pemkot Surabaya. “Tim KBS dan Pemkot masih mendalami status studi kelayakan tersebut,” ujarnya.

Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya Baktiono mengumumkan ada dua lokasi yang diusulkan oleh PDTS KBS. Yakni kawasan mangrove Wonorejo dan kawasan Banyuurip. Politisi PDIP itu menilai kawasan mangrove Wonorejo lebih cocok sebagai habitat komodo.

“Karena Wonorejo merupakan daerah pesisir dengan cuaca dan suhu yang mirip dengan Pulau Komodo. Ada bukit di sana. Jadi gundukan harus dibangun nanti,” katanya.

Namun, dia mendesak manajemen KBS untuk mempersiapkan diri dengan matang. Tujuannya agar komodo dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya segera setelah dilepasliarkan.

“Manajemen KBS harus melakukan kajian secara detail terlebih dahulu. Jangan terburu-buru,” katanya.

Source: www.republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button