Sunrise Beach, saksi pemandangan laut biru yang menawan di Denpasar - WisataHits
wisatahits

Sunrise Beach, saksi pemandangan laut biru yang menawan di Denpasar

Sunrise Beach, saksi pemandangan laut biru yang menawan di Denpasar

Sunrise Beach adalah salah satu pantai pasir putih paling terkenal dengan pemandangan laut biru yang eksotis di daerah Sanur, Bali.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sanur Kaja, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Pulau Dewata, Bali adalah Sunrise Beach. Selain memiliki area Beach Walk yang bisa menjadi pilihan untuk jalan-jalan sesekali, pantai yang terletak di Sanur ini juga menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah. Terutama pada saat matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset).

Dengan segudang pesona dan daya tariknya, tak heran jika Pantai Sanur selalu dipadati wisatawan domestik maupun mancanegara siang dan malam. Bagi para solo traveler, tidak perlu khawatir jika ingin mengunjungi destinasi populer ini pada malam hari karena pantai ini selalu dipadati pengunjung.

Selain itu, kawasan ini juga sangat strategis dan mudah diakses. Jika Anda menginap di hostel di kawasan Sanur Kaja, Anda bisa berjalan kaki ke pantai ini. Sementara itu, pengunjung yang tidak memiliki kendaraan juga dapat dengan mudah menemukan moda angkutan umum online dan konvensional. Dengan kata lain, kisaran ini sangat mudah didapat.

Pantai Sunrise yang mempesona memiliki

Atraksi Pantai Matahari TerbitFoto: Google Maps/Jalu Kartiko

Keindahan Pantai Sanur atau yang juga dikenal dengan sebutan Sunrise bukan hanya isapan jempol belaka. Pasalnya, selain menyuguhkan pemandangan yang menawan, pantai berpasir putih dengan warna agak mendekati merah jambu ini juga menyimpan banyak hal menarik yang bisa memanjakan wisatawan. Tak heran jika Sanur selalu menjadi primadona banyak orang.

Ingin berwisata ke Bali dan masih ragu untuk mengunjungi pantai Sanur? Simak objek wisata Pantai Sanur di bawah ini:

✦ Pantai pasir putih yang eksotis dan laut biru

Begitu menginjakkan kaki di kawasan pantai Sanur, wisatawan akan langsung disambut semilir angin sepoi-sepoi dan suara deru ombak di kejauhan. Hamparan pasir putih dengan bebatuan di tepiannya juga membuat Pantai Sanur semakin menawan. Uniknya, bentang alam dan kondisi sepanjang garis pantai bisa berbeda-beda.

Di beberapa tempat pantai berada di bawah, dengan beton di atasnya. Jadi untuk menuju ke pantai, pengunjung harus turun terlebih dahulu. Di satu titik, pantai dipenuhi deburan ombak, sehingga pengunjung hanya bisa melihat keindahannya dari atas. Sementara di tempat lain, pantai dan ruang publik menyatu.

✦ Jalan Pantai Sanur

Berbeda dengan kebanyakan pantai pada umumnya, di Pantai Sanur terdapat promenade pantai yang dibangun khusus untuk kesenangan pengunjung. Seperti namanya, pengunjung harus berjalan melewati kawasan ini. Betapa kerennya, bukan? Karena selain memanjakan mata, tubuh juga pasti lebih bugar. Pemandangan yang indah dijamin tidak akan membuat tubuh lelah.

Di Sunrise Beach juga terdapat jalur sepeda khusus. Karena jalurnya yang cukup panjang, wisatawan bisa saja merasa lelah jika harus menyusuri setiap bagian pantai. Namun tak perlu khawatir, karena Anda bisa menyewa sepeda dan bersepeda menjelajahi setiap jengkal pantai Sanur.

✦ Dermaga Lepas Pantai dan Belvedere

Selain menjadi tujuan wisata alam, sering dipilih sebagai tempat relaksasi dan panorama yang mempesona. Pantai Sanur juga berfungsi sebagai dermaga speedboat yang akan melewati pulau-pulau kecil, seperti Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Untuk itu, terdapat beberapa dermaga yang menjorok ke tengah laut.

Banyak wisatawan yang menghabiskan waktu nongkrong di dermaga beton, terutama di sore hari saat cuaca berubah menjadi buruk. Selain itu, ada juga lookout point yang membuat pemandangan Sanur semakin indah. Apalagi saat senja, saat matahari terbenam dan meninggalkan warna jingga di langit.

✦ Romantis Nokturnal

Tidak seperti kebanyakan pantai yang relatif sepi di malam hari. Suasana di Sunrise Beach semakin semarak saat malam tiba. Deretan kafe dan restoran di sepanjang garis pantai akan ramai dan riuh dengan genre musik yang berbeda. Hal ini pula yang membuat Pantai Sanur begitu populer di kalangan wisatawan.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Matahari TerbitFoto: Google Maps/Matthew One

Pantai Sanur terletak di Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali. Karena letaknya yang strategis, destinasi wisata yang wajib dikunjungi ini dapat dengan mudah ditemukan dan diakses dengan berbagai jenis kendaraan bermotor, mulai dari roda dua, empat, hingga enam. Bahkan, wisatawan juga bisa sampai di sana dengan transportasi umum.

Dari Bandara Internasional Ngurah Rai jaraknya sekitar 16,5 km atau memakan waktu 32 menit melalui Jl. Bypass Ngurah Rai. Sedangkan dari pusat kota Denpasar hanya berjarak sekitar 7,2 km atau 17 menit melalui Jl. Hang Tuah. Saat anda tiba di Bali pada pagi atau sore hari, anda bisa langsung menuju Sunrise Beach untuk melepas penat sambil mengisi perut.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Meski kawasan pantai Sanur selalu ramai pengunjung, nyatanya pemerintah setempat tidak menetapkan retribusi atau biaya masuk. Dengan demikian, wisatawan bebas masuk dan keluar dari destinasi wisata alam yang buka 24 jam sehari ini secara gratis. Sedangkan biaya parkir kendaraan relatif murah yaitu Rp 2.000/jam (motor) dan Rp 5.000/jam (mobil).

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas menyenangkan di pantai saat matahari terbitFoto: Google Maps/Putu Mitayani

Pantai Sanur merupakan kawasan wisata umum yang menawarkan banyak aktivitas seru untuk dilakukan. Tak heran jika wisatawan selalu lupa waktu ketika berkunjung ke Sanur. Selain itu, destinasi wisata alam dengan tampilan modern ini juga kerap membuat ketagihan. Sekali datang pasti ingin berkunjung lagi.

1. Berenang dan berjemur di pantai

Pantai Sanur memiliki ombak yang tenang, sehingga aman bagi orang dewasa maupun anak-anak untuk berenang. Dari sore hingga sore hari, wisatawan mancanegara biasanya ramai berenang dan berjemur di sepanjang pantai. Jika Anda tidak bisa berenang, Anda bisa bermain air. Karena akan sia-sia mengunjungi Sunrise Beach tanpa mencicipi airnya.

2. Jalan Santai atau Bersepeda di Bibir Pantai Sunrise

Saat memasuki kawasan pantai Sanur, wisatawan tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan bermotor. Jadi harus jalan kaki atau sewa sepeda. Hal ini sebenarnya sangat menguntungkan karena pengunjung dapat menikmati lebih banyak waktu berkualitas bersama diri sendiri dan orang yang mereka cintai. Bayangkan betapa indahnya jalanan dengan pemandangan pantai dan laut lepas.

3. Berburu kuliner

Di sepanjang promenade pantai terdapat restoran dan kafe modern yang super Instagrammable dengan pilihan menu yang berbeda. Dari tradisional Indonesia, Asia, Barat, Mediterania dll. Sayang jika tidak melewatkan momen hunting kuliner di Sanur. Apalagi di malam hari, saat kerlap-kerlip lampu restoran menambah suasana romantis.

4. Bermain layang-layang

Tidak sedikit wisatawan yang mengunjungi Sunrise Beach untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Saat mengajak buah hati berlibur ke Pantai Sanur, wisatawan bisa mengajak si kecil melakukan berbagai aktivitas seru, antara lain bermain air dan menerbangkan layang-layang di hari yang cerah.

5. Abadikan momen matahari terbit

Fenomena matahari terbit (sunrise) di pantai Sanur sangat dinantikan oleh para fotografer dan pecinta sunrise karena pesonanya yang sungguh mempesona. Hal itu pula yang membuat pantai ramai pengunjung sejak pukul setengah enam pagi. Karena biasanya turis mengejar matahari terbit.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai Matahari TerbitFoto: Google Maps/Matthew One

Dari segi fasilitas, Pantai Sanur patut diacungi jempol. Karena fasilitas umum di kawasan ini sangat lengkap. Semua kebutuhan wisata dapat ditemukan di tempat ini, mulai dari makan dan minum hingga penginapan. Padahal, pilihannya juga beragam karena pantai Sanur sudah dikelola dengan baik.

  • Kamar mandi
  • Kamar mandi
  • Restoran dan Kafe
  • Akomodasi
  • Gazebo dan tempat duduk
  • Trek jogging
  • Toko cendera mata
  • Penyewaan sepeda, perahu dan speedboat
  • Parkir mobil luas

Sunrise Beach adalah perpaduan antara wisata alam dan kehidupan modern yang super lengkap. Selain itu, fasilitas di kawasan ini juga sangat lengkap, sehingga wajar jika pengunjung betah. Untuk menikmati keindahan Pantai Sanur secara maksimal, Anda harus datang dalam cuaca yang baik. Karena panoramanya akan lebih mempesona.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button