Sungai Elo, salah satu tujuan wisata arung jeram - WisataHits
Jawa Tengah

Sungai Elo, salah satu tujuan wisata arung jeram

AYSEMARANG.COM – Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar nama Kota Magelang? Kota yang menawarkan berbagai jenis destinasi wisata dengan keindahan alam dan tempat-tempat bersejarah.

Tempat bersejarah bagi penduduk lokal maupun asing di kota Magelang ini adalah Candi Borobudur, candi Budha terbesar yang dibangun pada masa Mataram Kuno.

Selain destinasi wisata sejarah, Magelang juga menawarkan wisata alam. Tempat wisata alam yang sangat populer di sini adalah Gunung Andong yang terletak di Kabupaten Magelang antara desa Ngablak dan Trogorejo di Grabag. Ketinggian Gunung Andong hanya 1.726 meter di atas permukaan laut.

Gunung Andong cocok untuk pemula dan mereka yang hanya ingin mendaki gunung dengan ketinggian yang relatif rendah. Dengan pesonanya yang eksotis, pemanjat tebing biasanya menghabiskan waktu di sini untuk menikmati pemandangan matahari terbit atau fajar.

Baca Juga: Sebentar Lagi Tahun Baru Islam, Ini Beberapa Amalan Sunnah di Bulan Muharram

Destinasi wisata alam yang tak kalah populer dan menantang di Kota Magelang adalah Sungai Elo. Lokasinya di Jl. Sendangsono Kanden, Progowati, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Waktu perjalanan kurang lebih 54 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Sungai Elo tentu menjadi nama yang umum bagi pecinta alam. Sungai Elo biasanya digunakan oleh pelajar dan wisatawan pecinta alam untuk berlatih olahraga yang menguji adrenalin seperti B. Arus deras dan arung jeram.

Arung jeram adalah olahraga arus deras menggunakan perahu. Olahraga ini cukup menguji adrenalin. Karena kita harus waspada dan waspada terhadap apa yang terjadi di luar nalar.

Arung jeram ini membutuhkan pemandu yang disebut pemandu wisata. Pemandu ini bertanggung jawab untuk memberikan arahan berupa sinyal dan pemberitahuan saat Anda berada di atas kapal.

Baca Juga: Bolehkah Berhubungan Seks di Malam Tahun Baru Islam atau 1 Suro? Ini adalah hukum Ulama Kata

Kesulitan sungai Elo ini juga mencapai level sekitar II hingga III+. Curah hujan di hulu sungai juga dapat meningkatkan limpasan air. Peningkatan limpasan air biasanya dapat mempengaruhi waktu arung jeram.

Sebelum Covid-19 perahu biasanya digunakan hingga 7 orang namun pandemi Covid-19 kemarin mempengaruhi jumlah perahu yang semula 7 dari 5 karena social distancing perahu. Seorang kapten dan empat awak atau peserta.

Arung jeram atau river rafting di Sungai Erotis dimulai dari titik awal daerah Magelang dan berakhir di Mendut. Jaraknya sekitar 12 km dan arung jeram memakan waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam. Selain lulus di Mendut, kamu juga bisa melakukan arung jeram di Desa Jambean.

Source: www.ayosemarang.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button