Sumber daya manusia di desa-desa wisata di Garut terus ditekan untuk meningkatkan kapasitasnya - WisataHits
Yogyakarta

Sumber daya manusia di desa-desa wisata di Garut terus ditekan untuk meningkatkan kapasitasnya

Garut (ANTARA) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar sosialisasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) kepada para pelaku desa wisata di Kabupaten Garut, Jawa Barat agar lebih maju, berkembang dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Bagaimana cara kita mensosialisasikan agar kualitas SDM pariwisata dan ekonomi kreatif di desa-desa wisata di Garut meningkat,” kata Frans Teguh, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, saat sosialisasi Kapasitas Gedung Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Desa Wisata Garut, Jawa Barat, Sabtu.

Baca Juga: Pemkab Garut Tetapkan Masa Transisi Perlindungan Sipil Siapkan Rumah Baru

Ia mengatakan kegiatan sosialisasi tersebut melibatkan peserta dari pelaku desa wisata dan unsur pemerintah di Kabupaten Garut untuk memiliki wawasan dan pemberdayaan dalam kerjasama, adaptasi dan inovasi untuk memajukan desa wisata.

Kegiatan tersebut, kata dia, mendatangkan narasumber yang telah mengembangkan desa wisata di Yogyakarta sehingga mampu menarik banyak pengunjung dan yang sudah terkenal di seluruh daerah bahkan manca negara.

“Acara ini menekankan bagaimana mewujudkan desa wisata yang mandiri,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menilai karakter wisatawan saat ini tidak lagi berwisata ke kota, tetapi banyak yang memilih berwisata ke pedesaan untuk merasakan suasana dan keragaman tradisi dan budaya yang dinikmati masyarakat pedesaan.

 

Potensi kunjungan wisatawan, kata dia, seharusnya menjadi peluang bagi masyarakat desa untuk menyiapkan berbagai kegiatan menarik atau menyajikan berbagai kuliner yang menggugah selera pengunjung.

“Peluangnya luar biasa, jadi kalau ada daya tarik misalnya di batik Garut bisa jadi daya tarik, pembuatan dompet kulit bisa menarik,” ujarnya.

Baca Juga: Garut Usulkan 5.000 Dosis Vaksin PMK untuk Domba

Ia berharap desa wisata yang mampu maju dan berkembang dapat mengatasi berbagai permasalahan pengangguran, karena kegiatan wisata ini akan melibatkan banyak orang yang dapat menjual berbagai produk.

Kabupaten Garut, kata dia, memiliki potensi untuk mengembangkan desa wisata, bahkan didukung pemerintah setempat dan telah banyak melaksanakan program terkait pengembangan desa wisata.

“Garut memiliki banyak potensi, katanya hotel-hotel di sini memiliki tingkat okupansi 97 persen, otomatis (pengunjung) dapat mengunjungi desa wisata, desa wisata memiliki daya tarik,” katanya.

Baca Juga: Pemprov Jabar Pastikan Penanganan Kasus Bullying Anak di Tasikmalaya Maksimal

Source: jabar.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button