Sulsel masuk dalam 5 besar industri pariwisata nasional terbaik - WisataHits
Yogyakarta

Sulsel masuk dalam 5 besar industri pariwisata nasional terbaik

Terbaru.id – Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menempati peringkat 5 besar Indeks Pembangunan Pariwisata Nasional (IPKN) Tahun 2022, yang merupakan kinerja tertinggi untuk indeks pembangunan yang dicapai Sulsel di sektor pariwisata.

Hal itu disampaikan langsung Menteri Pariwisata Sandiaga Uno dalam Rakornas Pariwisata 2022 yang digelar Kamis 15 Desember 2022 di Hotel Sahid Jakarta.

5 besar provinsi dengan IPKN tertinggi adalah Bali (4,65), Yogyakarta (4,54), DKI Jakarta (4,44), Jawa Tengah (4,03) dan Sulawesi Selatan (3,99).

Baca Juga: Permudah Akses Dokumen Kependudukan, Gubernur Sulsel Luncurkan Aplikasi ID Digital

Dalam Rakornas tersebut, Sandiaga mengapresiasi perkembangan pariwisata di Sulsel sekaligus mendorong lebih banyak lagi event internasional yang akan digelar.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel Devo Khaddafi mengatakan, capaian ini merupakan bukti kerjasama dan sinergi seluruh pemangku kepentingan pariwisata di Sulsel.

Selain itu, Sulsel mampu membangun meski dengan keterbatasan anggaran.

Baca Juga: Buka Rakorwasda Provinsi, Gubernur Sulsel Serukan Peningkatan Koordinasi Inspektur

“Dibandingkan empat daerah di atas kita, anggaran kita sangat terbatas. Faktanya, mereka lima kali lebih banyak dari kita. Tapi kami berhasil masuk lima besar berkat kerja sama kita bersama,” kata Devo dikutip SuaraSulsel.id, jaringan Terkini.id, Kamis, 15 Desember 2022.

“Kami tentu tidak bisa bekerja sendiri. Mari kita perkuat sinergi agar pariwisata Sulsel kembali menjadi destinasi wisata andalan Indonesia,” lanjutnya.

Devo mengatakan pihaknya terus mendorong untuk memperluas pergerakan wisatawan domestik dan membuka pintu yang lebih luas bagi wisatawan mancanegara.

Pada 2023, ia menargetkan 25.000 kunjungan wisman dan 6 juta wisman.

Baca juga: Profesor von Unhas: Pergantian Sekda adalah hal biasa

Salah satu strategi Sulsel untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, lanjut Devo, adalah membangun destinasi wisata berbasis desa, meningkatkan event pariwisata dan industri kreatif, serta memperkuat kerjasama dan sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan pariwisata.

“Tahun depan kita targetkan 650 desa wisata,” imbuhnya.

“Ke depan, pariwisata dan ekonomi kreatif harus menjadi sektor andalan Sulsel di samping pertanian. Saya percaya kami bisa dan mampu mencapai ini,” pungkas Devo.

Sumber: SuaraSulsel.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button