Sulawesi Selatan Raih Penghargaan Desa Wisata Terbanyak di ADWI 2022 - WisataHits
Yogyakarta

Sulawesi Selatan Raih Penghargaan Desa Wisata Terbanyak di ADWI 2022

Makassar (ANTARA) – Sulawesi Selatan dinobatkan sebagai provinsi dengan desa wisata terbanyak dalam Penghargaan Desa Wisata Indonesia 2022 oleh Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Sebanyak 465 desa wisata di Sulawesi Selatan (Sulawesi Selatan) diusulkan dalam ajang Indonesian Tourism Village Award (ADWI) 2022.

“Alhamdulillah Sulsel menjadi provinsi dengan desa wisata terbanyak dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel Muh Jufri di Makassar, Senin.

Menurutnya, pencapaian ini merupakan komitmen Gubernur Andi Sudirman Sulaiman untuk mendorong desa-desa di Sulsel mengoptimalkan potensi wisata.

Diantaranya mendorong peningkatan infrastruktur jalan dan membantu memberikan dukungan keuangan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov) untuk mendukung infrastruktur di daerah.

“Ini adalah arahan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman dan kerja keras semua pihak terutama dukungan pemerintah kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan melalui kepala pariwisata masing-masing, Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan khususnya Bidang Sumber Daya Pariwisata, yang mana Kelompok Sadar Wisata (PokDarwis),” ujarnya.

Tim juri Penghargaan Desa Wisata (ADWI) yakni Sugeng Handoko dan Juan Kartika Sitepu juga mengunjungi Kabupaten Bantaeng (Sulawesi Selatan). Keduanya didirikan oleh Bupati Bantaeng, Dr. Ilham Azikin, diterima di Kantor Kepala Desa Campaga di Bantaeng.

Mereka mengagumi potensi alam Bantaeng saat berkunjung ke Desa Campaga, Kecamatan Tompobulu, Bantaeng.

Campaga merupakan salah satu kawasan yang masuk dalam Top 50 Holiday Villages ADWI 2022.

Sugeng membandingkannya dengan desanya di Gunung Kidul. Potensi alam di Campaga lebih baik daripada di Gunung Kidul.

“Saya yakin Campaga ini bisa lebih baik lagi,” kata Sugeng.

Sugeng mengaku kagum dengan potensi alam yang ada di Bantaeng. Bantaeng berpotensi menjadi desa wisata terbaik di Indonesia.

Dengan potensi wisata yang dimilikinya, Campaga dinilai layak masuk dalam 50 besar desa liburan ADWI 2022. Positioning di ADWI’s Top 50 merupakan pencapaian luar biasa yang harus dipertahankan.

“Ini merupakan penghargaan yang luar biasa. Ini menunjukkan upaya pemerintah hadir untuk memajukan pariwisata,” katanya.

Berita ini juga disiarkan di Antaranews.com dengan judul: Sulawesi Selatan meraih penghargaan desa wisata terbanyak

Source: makassar.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button