Strategi Pemkab Jember untuk memulihkan perekonomian di tengah pandemi Covid-19 - WisataHits
Jawa Tengah

Strategi Pemkab Jember untuk memulihkan perekonomian di tengah pandemi Covid-19

Jember: Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur memiliki strategi pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19. Strateginya adalah meningkatkan kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat dan pemangku kepentingan bisnis.

“Pemda harus bergerak maju dengan pemulihan ekonomi tanpa penundaan setelah dua tahun terakhir terdampak virus corona,” kata Bupati Jember Hendy Siswanto, Kamis, 28 Juli 2022.

Sejumlah kegiatan yang diharapkan dapat memulihkan perekonomian Kabupaten Jember ini memanfaatkan peringatan HUT RI ke-77.

Hendy baru-baru ini membuka Jember Fair. Acara pameran kreatif yang berlangsung selama satu minggu. Acara ini dapat menarik perhatian publik karena ada berbagai pertunjukan.

dipegang acara Internasional

Paga pada Agustus mendatang juga akan menggelar karnaval kelas dunia, yaitu Jember Fashion Carnaval (JFC). Acara ini sudah menjadi agenda tahunan pemerintah Kabupaten Jember.

Pemkab Jember juga merancang event bertaraf internasional lainnya, yakni ultra marathon. Acara ini diharapkan dapat mendongkrak perekonomian di Kabupaten Jember.

Hendy mengatakan, Pemerintah Kabupaten Jember telah melakukan sejumlah kegiatan yang bertujuan untuk memulihkan perekonomian Kabupaten Jember. “Kami di Pemkab Jember akan mendukung acara yang ada,” kata Hendy.

melibatkan UKM

Tak ketinggalan, Pemkab Jember juga melibatkan ratusan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jember dalam setiap acaranya. Partisipasi UMKM dapat dijadikan sebagai titik tolak perekonomian Kabupaten Jember.

Hendy optimis dengan melakukan kegiatan bersama akan meningkatkan peluang pemulihan ekonomi lebih cepat. Selain itu, masyarakat Jember membutuhkan acara kreatif seperti ini. Maklum, selama dua tahun terakhir, orang harus lebih banyak tinggal di rumah karena pandemi COVID-19.

meningkatkan pariwisata

Pemerintah Kabupaten Jember juga menggenjot sektor pariwisata. Salah satunya mengeluarkan kebijakan saat libur Hijriyah terakhir Idul Fitri 1443 dimana tiket masuk ke sejumlah destinasi wisata gratis.

Hendy percaya dengan adanya tiket gratis wisata ini, masyarakat akan datang dan ekonomi lokal akan tumbuh.

“Wisata gratis diperuntukkan bagi warga Jember dengan menunjukkan identitas KTP Jember,” ujarnya.

Baca: Strategi KKP Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional

Destinasi wisata gratis tersebut adalah Pantai Watu Ulo, Pantai Papuma, Wisata Rembangan dan Pemandian Patemon. Hendy terus mengingatkan masyarakat untuk tetap menggunakan protokol kesehatan saat menghadiri acara dan saat bepergian.

“Kami juga akan memperingatkan petugas untuk mengantisipasi keramaian di tempat wisata,” katanya.

(UWA)

Source: m.medcom.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button