Status Pantai Gesing di Gunungkidul saat ini, tak ada lagi Halaman pasir putih semua - WisataHits
Yogyakarta

Status Pantai Gesing di Gunungkidul saat ini, tak ada lagi Halaman pasir putih semua

Status Pantai Gesing di Gunungkidul saat ini, tak ada lagi Halaman pasir putih semua

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Pantai Gesing, Desa Girikarto, Kapanewon Panggang, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), berubah total.

Pasir putih yang dulunya menjadi andalan sudah tidak ada lagi, sudah menjadi bangunan beton yang nantinya menjadi dermaga kapal

Menurut pantauan di lokasi, masih ada beberapa wisatawan yang datang. Selain langsung pulang, ada juga yang datang untuk membeli makanan laut di toko yang masih berdiri.

Baca Juga: Pantai Gesing di Gunungkidul Tak Akan Sama Lagi Tapi Akan Menjadi Pelabuhan

Untuk mobil, tarif parkirnya adalah Rp 10.000 per kendaraan. Menuju Pantai Gesing berjarak 45 km atau sekitar 1 jam perjalanan menuju Kecamatan Kapanewon atau Panggang.

Datang dari Yogyakarta, pengunjung dapat melalui Pantai Parangtritis, naik ke kawasan Kapanewon Purwosari, lalu menuju Wonosari melalui Kapanewon Panggang. Kemudian sebuah plang mengarah ke pantai Gesing.

Jalannya relatif bagus dan mulus. Memang butuh konsentrasi tinggi saat berkendara karena tipikal jalan di daerah pegunungan dengan kontur jalan menanjak, menikung, dan tanjakan.

Menuju Pantai Gesing, sekitar 300 meter, terdapat gapura baru di sisi timur. Ini akan menjadi pintu masuk ke area pelabuhan, yang saat ini sedang dibangun.

“Biasanya yang mampir ke sini (Pantai Gesing) setelah tiba dari Heha atau Teras Kaca,” kata seorang pedagang bernama Supadi saat ditemui di Pantai Gesing, Minggu (29/1/2023).

Pantai Gesing sudah tidak menarik lagi

Sejak dimulainya pembangunan pelabuhan, Pantai Gesing bisa dibilang berubah dan kurang menarik untuk dikunjungi.

“Sejak pasir menghilang, pengunjung hanya kembali sebentar. Hanya sedikit yang membeli bahan makanan. Tidak seperti dulu lagi,” kata Supadi.

Namun, dia memperkirakan wisatawan akan kembali lagi nanti ketika pelabuhan sudah siap.

Baca Juga: Panduan Restoran Pantai Segara Inessya di Gunungkidul

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Mohammad Arif Aldian mengatakan, saat ini sedang dibangun pelabuhan di Pantai Gesing dan masih bisa dikunjungi meski tidak berada di kawasan pembangunan. Nantinya, seluruh kawasan pesisir menjadi pelabuhan.

“Ya, sekarang sedang dibangun pelabuhan untuk proses dari provinsi,” kata Arif saat dihubungi melalui telepon, Minggu (1/8/2023).

Dikatakannya, ke depan perlu adanya pembahasan lebih lanjut dengan Pemprov DIY, khususnya Dinas Kelautan dan Perikanan.

Pantai Gesing sebelum pelabuhan dibangun.  Nelayan Pantai Gesing, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, DI Yogyakarta saat mendatangi pantai tersebut, Kamis (13/12/2018).KOMPAS.com/MARKUS YUWONO Pantai Gesing sebelum pelabuhan dibangun. Nelayan Pantai Gesing, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, DI Yogyakarta saat mendatangi pantai tersebut, Kamis (13/12/2018).

Perlu diketahui bahwa kawasan Pantai Gesing memiliki berbagai kawasan wisata di sekitarnya, mulai dari Teras Kaca hingga Pemandangan Laut Heha, kawasan ini masuk dalam Desa Girikarto.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan, pembangunan PPI Gesing akan memasuki Tahap I pada 2022.

Pembangunan PPI tahap pertama di Gesing dibangun di atas lahan seluas 54.445 meter persegi yang terdiri dari tanah DIY milik Pemda seluas 46.445 meter persegi dan tanah Sultan Ground (SG) seluas 8.000 meter persegi di Pantai Gesing.

Baca Juga: Rute Menuju Segara Beachside Resto by Inessya Gunungkidul, Naik Kendaraan Pribadi

Sebelum pelabuhan dibangun, pengunjung bisa mengabadikan momen saat para nelayan hendak melaut atau baru kembali dari tebing. Selain itu, mereka juga bisa memotret goresan-goresan alam di tebing-tebing eksotis.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button