Sosialisasi dan pengembangan layanan non profit pariwisata berkelanjutan bagi mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia - WisataHits
Jawa Barat

Sosialisasi dan pengembangan layanan non profit pariwisata berkelanjutan bagi mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia


Pariwisata adalah suatu kegiatan untuk melakukan perjalanan yang bertujuan untuk bersenang-senang, mencari kepuasan, mengetahui sesuatu, meningkatkan kesehatan, berolahraga atau beristirahat, menunaikan tugas, menunaikan ibadah haji dan keperluan lain yang juga terpenuhi.

Saat ini Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif/Badan Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) tidak lagi fokus melacak jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, tetapi lebih fokus pada upaya mempromosikan pariwisata atau pariwisata berkelanjutan. pariwisata berkelanjutan di Indonesia.

kesimpulan, pariwisata berkelanjutan atau pariwisata berkelanjutan adalah pengembangan konsep perjalanan yang dapat memberikan dampak jangka panjang. Baik untuk lingkungan, sosial, budaya dan ekonomi untuk masa kini dan masa depan bagi semua penduduk lokal dan wisatawan yang berkunjung ke kita.

Dalam kesempatan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan topik “Pemberdayaan Masyarakat Berwawasan Pariwisata Berkelanjutan”, kami menggandeng mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di salah satu desa di Kabupaten Bogor yaitu Sukajaya, Desa KKN, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor selama kurang lebih dua minggu.


Setelah melakukan penelitian di masa lalu, kami menjadi tertarik pada sebuah desa di kaki Gunung Salak yang memiliki berbagai jenis objek wisata yang berpotensi untuk dikembangkan untuk menciptakan pariwisata berkelanjutan atau pariwisata berkelanjutan.


Melimpahnya sumber daya alam dan daya tarik yang ada di desa seharusnya dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat, namun kurangnya pengetahuan masyarakat akan potensi yang ada di sekitarnya memotivasi kami untuk membuat program kerja yang dapat menumbuhkembangkan potensi Desa Sukajaya, sehingga mereka dapat bersaing dengan tujuan wisata lokal lainnya dan tujuan wisata di seluruh dunia.

Program kerja yang kami laksanakan untuk mempromosikan potensi pariwisata berkelanjutan di Desa Sukajaya antara lain melakukan observasi, sosialisasi dan pembinaan kepada para pemangku kepentingan yang mengelola objek wisata di sana dan generasi muda di Desa Sukajaya untuk menciptakan kesadaran wisata.


Didampingi Ketua Karang Taruna Desa Sukajaya, kami mengunjungi beberapa tempat wisata disana untuk melakukan observasi dan penelitian tentang potensi wisata yang berkelanjutan. pariwisata berkelanjutan. dan memberikan arahan bagi pengelolaan berbagai obyek wisata tersebut melalui pemanfaatan teknologi berupa media sosial untuk membangkitkan minat pariwisata nasional dan internasional.

Setelah melakukan observasi dan penelitian, kami mahasiswa UPI melakukan kegiatan sosialisasi terkait strategi pembangunan pariwisata berkelanjutan khususnya dalam pengelolaan objek wisata berbasis teknologi melalui pemanfaatan media sosial, dengan sasaran kelompok generasi muda dan anggota pemuda di Desa Sukajaya. dengan tujuan agar generasi muda dapat berpartisipasi dalam mempromosikan berbagai potensi yang ada di desa Sukajaya.

Selain brosur, kami juga membuat akun media sosial Digital yang berfungsi sebagai media Pemasaran Digital. Akun media sosial tersebut dikelola oleh penanggung jawab objek wisata sehingga masyarakat bisa mendapatkan gambaran kecil tentang tempat-tempat wisata di Desa Sukajaya. Akun media sosial tersebut menggunakan platform Tiktok bernama Sukajaya Village Camping Ground, yang dapat diakses wisatawan untuk mengetahui berbagai berita tentang fasilitas dan atraksi destinasi wisata.

Ikuti ulasan menarik lainnya dari penulis. Klik disini

gambar

Silakan masuk untuk berkomentar “).attr({ ketik: ‘teks/javascript’, src: ‘ }).prependTo(“head”); if ($(“.instagram-media”).length > 0) $( ”

Source: retizen.republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button