Solusi Bisnis XL Axiata, Solusi Penambangan Cerdas 5G dan Solusi untuk UMKM | RADAR BOGOR - WisataHits
Jawa Barat

Solusi Bisnis XL Axiata, Solusi Penambangan Cerdas 5G dan Solusi untuk UMKM | RADAR BOGOR

BALI RADAR BOGOR, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) hingga XL Axiata Business Solutions (XLABS) melihat manfaat layanan 5G yang luar biasa bagi bisnis dan layanan UMKM.

Baca Juga: XL Axiata Bangun Sarana Air Bersih dan Jembatan Desa di Banyuasin

Oleh karena itu, bersamaan dengan penggelaran jaringan 5G XL Axiata untuk mendukung KTT G20 Bali, XLABS juga memperkenalkan rangkaian solusi digital yang siap untuk penggelaran jaringan 5G.

Salah satunya adalah presentasi solusi smart mining di Future SME’s Village Arena yang merupakan side event dari KTT G20, di Bali Collection, Nusa Dua, Sabtu (11/12).

Director & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan merupakan suatu kehormatan bagi XL Axiata untuk turut serta mendukung terselenggaranya G20 Summit yang sangat bergengsi dengan hadirnya puluhan Kepala Negara melalui penyebaran untuk dapat menggunakan jaringan 5G.

“Acara ini juga merupakan bagian dari upaya kami untuk menunjukkan kesiapan kami dalam menggelar layanan 5G di masa mendatang. Kesiapan kami semakin matang dari hari ke hari dan jam terbang kami dalam mengelola jaringan 5G semakin meningkat,” ujarnya.

Gede menambahkan, XL Axiata tidak hanya siap menggelar jaringan 5G, tetapi juga terus memperkuat ekosistem 5G, termasuk dengan menyiapkan berbagai layanan yang berjalan di jaringan 5G. Layanan yang ditawarkan meliputi solusi digital untuk korporasi dan UMKM.

“XL Axiata berharap saat komersialisasi layanan 5G XL Axiata dimulai, ekosistem sudah lengkap dan siap memberikan layanan yang dibutuhkan masyarakat. Kami akan didukung oleh Huawei sebagai mitra teknologi dalam penggelaran jaringan 5G,” katanya.

Feby Sallyanto, Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata mengatakan: XLABS berkomitmen mendukung digitalisasi enterprise dan UMKM di Indonesia untuk terus bergerak maju.

Hal ini sejalan dengan upaya XLABS untuk menjadi penyedia solusi TIK terintegrasi pilihan yang juga diwujudkan melalui penyiapan dan pengembangan infrastruktur digital, sumber daya manusia (SDM) dan platform berbasis 5G untuk mendukung berbagai industri di Indonesia.

Menurutnya, transformasi digital sudah menjadi kebutuhan dalam dunia bisnis untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas produk yang lebih baik.

Ke depan, kebutuhan jaringan data LTE dan 5G akan sangat dibutuhkan oleh semua sektor dan multi segmen. Transformasi digital juga secara tidak langsung akan mendongkrak pendapatan pemerintah.

Digitalisasi dan TIK sektor pertambangan

Di sektor pertambangan, lanjut Feby, penggunaan solusi digital berbasis 5G “Smart Mining” juga dapat membantu menekan biaya operasional.

Smart Mining sendiri merupakan layanan teknologi terintegrasi terkini yang memungkinkan optimalisasi proses operasional sektor pertambangan melalui implementasi teknologi Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), Machine Learning dan Big Data.

Tujuannya sendiri adalah untuk meningkatkan keselamatan kerja, keserasian lingkungan, produktivitas dan efisiensi biaya.

Perusahaan pertambangan dapat menggunakan solusi pelacakan cerdas untuk meningkatkan produktivitas karyawan mereka. Di sisi lain, efisiensi staf dapat dicapai dengan menerapkan sensor dan kendali jarak jauh. Sementara itu, efisiensi kendaraan pengintai dapat dicapai dengan menerapkan solusi Fleetech (Smart Fleet Management).

“Khusus di sektor pertambangan, digitalisasi proses bisnis akan menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik. Dengan solusi 5G Smart Monitoring and Positioning, keamanan tempat kerja dapat lebih terjaga. Hal yang sama berlaku untuk keselamatan peralatan kerja berkat solusi 5G Smart Inspection. Proses pemeriksaan atau bimbingan dapat dilakukan dari jarak jauh menggunakan fasilitas augmented reality jarak jauh dan pemecahan masalah secara real-time,” lanjut Feby.

Untuk mendukung upaya peningkatan output produksi, Feby mengatakan solusi digital berbasis 5G akan mampu mengurangi kesalahan produksi dengan menerapkan zero error rate dan zero waste. Kemudian Smart Detection membantu menentukan titik eksplorasi yang paling akurat.

Semua solusi digital ini pada akhirnya akan meningkatkan hasil produksi dan tujuan pemasaran juga. Pada akhirnya, implementasi solusi digital berbasis 5G tidak hanya akan membantu meningkatkan pendapatan pemerintah, tetapi juga membantu menjaga ketahanan nasional dan menjaga lingkungan.

Di arena “Desa UKM Masa Depan”, pengunjung dapat langsung menjajal simulasi implementasi solusi digital berbasis 5G untuk mengendarai mini-excavator. Pengunjung dapat mengoperasikan simulator dan perangkat VR yang terhubung dengan jaringan XL Axiata 5G. Simulator ini terhubung langsung melalui modem 5G dan live streaming melalui Youtube.

Mendukung pertumbuhan UMKM

Selain industri besar, XLABS juga mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. Dukungan yang diberikan menyesuaikan dengan kebutuhan pelaku UMKM, termasuk penyelenggaraan pelatihan digital.

Sedangkan dari sisi produk layanan, terdapat enam produk unggulan, yaitu:
• BIZ On, kartu GSM prabayar yang dirancang khusus untuk UMKM dengan manfaat cashback Gopay di setiap pembelian paket.
• BIZ Avana, kartu GSM yang dibundel dengan lisensi Avana untuk memudahkan para pelaku UMKM membuat toko online (webstore) merek sendiri.
• BIZ Data+ Google Workspace, solusi XLABS yang bermitra dengan Google untuk meningkatkan produktivitas karyawan dalam pekerjaan hybrid agar bisnis tetap berjalan lancar.
• Manage Wifi, solusi untuk mengelola dan mengoptimalkan layanan WiFi.
• Infinet Office, penyedia jaringan Internet yang andal.

Di Kampung UKM Masa Depan, XL Axiata juga akan menghadirkan point of sale bagi para pelaku UMKM yang didukung oleh program W20 SISPRINEUR 2022. Mereka yang berkesempatan memamerkan produknya antara lain:
• Thekla Odelia Caramia, Jakarta Timur, Fashion,
• Nirwana, Sidoarjo, industri kreatif,
• Nani Nurhasanah, Tasikmalaya, Pendidikan,
• Ani Puspitasari, Sidoarjo, Makanan dan Minuman,

Menyediakan jaringan internet cepat di KTT G20

Untuk menyukseskan acara internasional KTT G20 pada 15-16 November 2022 di Bali, XL menghadirkan jaringan 4G dan 5G Axiata. Layanan data dan internet berkecepatan tinggi dapat diakses oleh delegasi dan publik dengan smartphone 5G yang mendukung pita frekuensi 2,1 GHz dan 3,5 GHz. Layanan 5G dari XL Axiata ini akan dapat diakses di 17 titik antara lain Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Apurva Kempinski dan Pantai Sanur.

Selain memastikan kualitas jaringan 4G dan jaringan 5G di pita frekuensi 2.1GHz, XL Axiata juga telah melakukan serangkaian uji coba 5G menggunakan spektrum 3.5GHz dan telah menunjukkan hasil yang memuaskan.

XL Axiata juga menggunakan pita frekuensi 2,1 GHz yang didukung teknologi DSS (Dynamic Spectrum Sharing). Layanan 5G XL Axiata pada kedua frekuensi tersebut dapat digunakan oleh delegasi G20, pelanggan dan masyarakat di area cakupan selama KTT G20 pada 11-17 November 2022.

Untuk jaringan 4G, XL Axiata telah menggenjot seluruh wilayah sekitar KTT G20 di Bali dengan total lebih dari 1.450 BTS 4G. Sebanyak 1 mobile BTS 4G juga siap menjamin kualitas di semua wilayah yang melayani kebutuhan KTT G20.

Tercatat, terdapat 33 BTS 4G di kawasan Nusa Dua dan 129 BTS di Kuta. XL Axiata juga secara khusus memastikan kualitas jaringan data di sejumlah kawasan wisata yang juga bersedia mendukung event bergengsi ini, antara lain Sanur 38 BTS, Ubud 35 BTS, Kintamani 23 BTS, Seminyak 39 BTS, Jimbaran 76 BTS, Canggu 17 BTS , dan Nusa Penida 15 BTS. Untuk memenuhi kebutuhan Denpasar sebagai kota terbesar dan tersibuk, XL Axiata mengoperasikan lebih dari 330 BTS.

Baca Juga: Jaringan 4G XL Axiata Siap Dukung Event World Superbike di Mandalika

Sedangkan XL Axiata siap ke Bandara Internasional Ngurah Rai dengan 9 BTS 4G, Pelabuhan Tanjung Benoa dengan 4 BTS 4G dan Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk dengan 3 BTS 4G. Penguatan jaringan juga dilakukan di sepanjang jalan arteri dan tol menuju Nusa Dua.

Saat ini, jaringan XL Axiata didukung lebih dari 5.800 BTS untuk seluruh wilayah Bali, termasuk lebih dari 3.300 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata terus berkembang, dan XL Axiata terus melakukan investasi pada jaringan fiber optic, transmisi, backhaul, peningkatan jaringan dan berbagai peningkatan jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan dan kualitas layanan sejalan dengan peningkatan trafik yang terus menerus. (mer)

Penerbit: Joseph

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button