SMA Negeri 2 Pati Juarai Festival Musikalisasi Puisi 2022 di Jawa Tengah - WisataHits
Jawa Tengah

SMA Negeri 2 Pati Juarai Festival Musikalisasi Puisi 2022 di Jawa Tengah

SEMARANG (SUARABARU.ID)- SMA Negeri 2 Pati menjadi juara pertama pada Festival Musikalisasi Puisi SMA/SMK/MA Provinsi Jawa Tengah 2022 yang diselenggarakan oleh Pusat Bahasa Provinsi Jawa Tengah di Hotel Giriya Persada, Kabupaten Semarang akhir pekan lalu.

Babak penyisihan yang dilakukan secara online ini diikuti oleh 33 SMA/SMK/MA se-Jawa Tengah. Pada babak penyisihan, juri memilih enam sekolah yang berhak mengikuti babak final, yaitu SMA Negeri 4 Surakarta, SMA Negeri 1 Kota Mungkid, SMK Negeri 1 Cilacap, MA Negeri 2 Wonosobo, SMA Negeri 1 Grabag dan SMA Negeri 2 Pati.

Direktur Pusat Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Ganjar Harimansyah, dalam keterangannya di Semarang, Senin (19/9/2022), mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mewadahi kreativitas siswa dalam bermusikalisasi puisi.

BACA JUGA: Jalan Tengah Loekmono Hadi-Ramelan Diruntuhkan, Menghabiskan Anggaran Rp 2,4 Miliar

“Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan seniman, penulis, atau musisi baru yang kreatif. Seluruh peserta yang mengikuti festival ini benar-benar menjadi juara. Mereka menunjukkan yang terbaik,” kata Ganjar.

Dijelaskannya, enam peserta terbaik dari 33 sekolah yang mengirimkan timnya melaju ke babak final. Para finalis tampil live untuk menyetel satu puisi wajib dan satu puisi pilihan untuk musik.

“Juri memilih enam penampil teratas di babak final setelah dinilai berdasarkan kategori yang telah ditentukan. Kami mengucapkan selamat dan sukses kepada enam sekolah teratas ini,” kata Ganjar.

BACA JUGA: PWI Jateng Gelar Tourism Awards Kepada 20 Tokoh dan Destinasi Wisata Terbaik

Sementara itu, selaku ketua panitia, Dian Pranawengtyas menambahkan, juri dalam kegiatan ini terdiri dari penulis, akademisi, dan praktisi musik. Mereka adalah Max Baihaqi dari Surakarta, Joshua Igho (Magelang) dan Darno (ISI Surakarta). “Dua penampil terbaik akan mewakili Jawa Tengah pada Festival Musikalisasi Puisi Nasional pada Oktober 2022,” tambah Dian.

Ia berharap dua top performer tersebut bisa meraih penghargaan bergengsi secara nasional. Jawa Tengah sendiri sudah beberapa kali menjadi best performer nasional. “Pada 2018, Jateng bahkan menjadi best performer pertama nasional,” ujarnya.

Dian juga mengungkapkan bahwa para top performer berhak mendapatkan sertifikat, piala dan uang pembinaan. Best Performer I berhak mendapatkan pembinaan sebesar Rp 6.000.000, Best Performer II mendapatkan Rp 5.000.000, Best Performer III mendapatkan Rp 4.000.000, Performer of Hope I mendapatkan Rp 3.000.000, Performer of Hope II mendapatkan Rp 2.500.000 dan pemain Hope III mendapat Rs 2.000.000.

Hasil kompetisi:
Pemeran Terbaik I: SMA Negeri 2 Pati
Pemeran Terbaik II: SMA Negeri 4 Surakarta
Pemeran Terbaik III: SMK Negeri 1 Cilacap
Pemeran Harapan I: SMA Negeri 1 Mungkid
Pemeran Harapan II: SMA Negeri 1 Grabag
Pemeran Harapan III: MA Negeri 2 Wonosobo

Ryan

Source: suarabaru.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button