Situs Kapal Purba Punjulharjo, Asal Usul Penemuan Kapal Tertua di Indonesia di Rembang - WisataHits
Jawa Tengah

Situs Kapal Purba Punjulharjo, Asal Usul Penemuan Kapal Tertua di Indonesia di Rembang

Situs Perahu Purbakala Punjulharjo merupakan tempat wisata sejarah di Kabupaten Rembang sekaligus menjadi penegasan bahwa Indonesia memang negara bahari.

Situs Perahu Purbakala Punjulharjo sangat layak dijadikan destinasi wisata keluarga. Karena berbagai informasi pendidikan tersaji di tempat-tempat tersebut, sekaligus sebagai pintu gerbang untuk memahami teknologi dan peradaban di masa lampau.

papan informasipapan informasi. Peta Google. Sumber: Hery_ Anno

baca juga : air terjun pasucen

Selain itu perlu diketahui bahwa Kabupaten Rembang saat ini juga dikenal sebagai kawasan pembuatan perahu khususnya di wilayah kecamatan Sarang.

Dan Situs Perahu Purbakala Punjulharjo Rembang seolah memberikan sinyal bahwa masyarakat Rembang memiliki tradisi dan budaya bahari sejak zaman dahulu.

Dan inilah Review Situs Perahu Purbakala Punjulharjo yang kami siapkan untuk anda sebagai referensi pertama dalam menentukan tempat wisata di Rembang.

Lokasi Dermaga Kapal Purba Punjulharjo

Lokasi Situs Perahu Purbakala Punjulharjo berada di alamat Dusun Jetakpembe, Desa Punjulharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.

lokasi situs perahu kuno Punjulharjolokasi situs perahu kuno Punjulharjo. Peta Google. Sumber: Rois Mbois

lihat juga: warisan laserm cina kecil

Rute Situs Perahu Purbakala Punjulharjo

Rute atau jalan menuju lokasi situs perahu kuno Punjulharjo Rembang dapat diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jarak dari pusat kota ke Stasiun Kapal Antik Punjulharjo cukup singkat, hanya 8 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dengan mobil.

Harga Tiket Situs Perahu Purbakala Punjulharjo

Tiket masuk ke Situs Perahu Purbakala Punjulharjo ini gratis, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk apapun (kecuali parkir).

Jam buka Stasiun Perahu Antik Punjulharjo

  • Situs Perahu Purbakala Punjulharjo buka mulai pukul 07.30 hingga 16.30.
  • Situs Kapal Purba Punjulharjo beroperasi setiap hari.

tempat teduhtempat teduh. Peta Google. Sumber: Sofyan Rahmadhani Halim

Lihat juga: Pantai Layur yang indah

Fasilitas Situs Perahu Purbakala Punjulharjo

Tentunya seperti kebanyakan tempat wisata sejarah di Indonesia khususnya museum jarang sekali memiliki fasilitas wisata seperti pada umumnya.

Namun, fasilitas umum utama di Situs Perahu Purbakala Punjulharjo sudah tersedia, seperti:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • tempat duduk yang nyaman,
  • papan informasi,
  • benda cagar budaya.

Asal muasal ditemukannya kapal kuno tertua di Indonesia

Situs Kapal Purba Punjulharjo merupakan salah satu kapal purba tertua di Indonesia. Kisahnya bermula ketika warga Desa Punjulharjo ingin membuat tambak pada tahun 2008.

Situs Kapal Purba Punjulharjo, Asal Usul Penemuan Kapal Tertua di Indonesia di Rembangkapal tua. Peta Google. Sumber: Peony Tiger Penjelajah Alam Indonesia

baca juga: pantai caruban

Kemudian tanpa sengaja ditemukan sisa-sisa kapal tua di kedalaman sekitar 2 meter. Pada akhirnya, sejarawan melakukan penelitian atas penemuan tersebut.

Hasilnya ternyata sangat mengejutkan karena perahu kuno asal Punjulharjo diperkirakan berasal dari abad ke-7 hingga ke-8 Masehi dan lebih utuh dibandingkan temuan lain (mirip perahu) di Indonesia.

Atraksi Situs Perahu Purba Punjulharjo

1. Teknologi Manufaktur

Perahu antik di Situs Kapal Purbakala Punjulharjo ini berstatus cagar budaya dengan panjang sekitar 15 meter.

Setiap sudut di kawasan Situs Kapal Antik Punjulharjo dilengkapi papan informasi yang informatif dengan narasi sejarah dan foto-foto.

Perahu kuno di Situs Perahu Purbakala Punjulharjo dibuat dengan menggunakan teknik papan ikat dan binding loop, yang sangat berbeda dengan teknik pembuatan perahu saat ini.

Kapal Tua PunjulharjoKapal Tua Punjulharjo. Peta Google. Sumber: Persaudaraan Guru

Lihat juga: Pantai Ginger Coral

2. Jejak sejarah pelayaran di Indonesia

Perlu diketahui bahwa lokasi Situs Perahu Purbakala Punjulharjo tidak jauh dari pantai populer di Rembang yaitu Wisata Pantai Nyamplung.

Hal ini menunjukkan jejak sejarah pelayaran di Indonesia, antara lain sejarah Kabupaten Rembang dan sejarah Gunung Muria yang pernah lepas dari Pulau Jawa.

Tahukah Anda bahwa perahu adalah alat transportasi tertua di dunia? Maka kunjungan wisata ke Situs Perahu Purbakala Punjulharjo sangat dianjurkan.

Bangga menjadi orang Indonesia!

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button