Situs bersejarah di Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Situs bersejarah di Jawa Timur

SURABAYA, iNews.id – Tempat-tempat bersejarah di Jawa Timur (Jawa Timur) menjadi destinasi wisata yang menarik. Destinasi wisata ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam atau arsitektur bangunan yang indah, tetapi juga menjadi sarana edukasi dan pengayaan tentang sejarah masa lalu di Jawa Timur.

Berdasarkan catatan, ada banyak tempat bersejarah di Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi, mulai dari situs kerajaan kuno hingga bangunan bersejarah dari masa penjajahan Belanda saat berkuasa di Indonesia.

Berikut ini adalah daftar tempat bersejarah di Jawa Timur yang sangat populer.

Watugede Petirta

Petirtaan Watugede merupakan situs sejarah tertua di Jawa Timur. Berdasarkan catatan sejarah, Petir Watugede dibangun pada masa Kerajaan Singasari.

Petirtaan ini konon pernah menjadi tempat pemandian para raja termasuk Ken Dedes. Petirtaan ini ditemukan oleh Belanda pada tahun 1925 dan digali pada tahun 1931.

Situs ini terletak di sebelah timur Stasiun Kereta Api Singosari, tepatnya di Desa Watugede, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Oleh karena itu petir ini disebut Petirtaan Watugede.

Dikutip dari Superradio, blitz ini terbagi menjadi dua area yakni kolam besar dan kolam kecil. Kolam besar biasanya digunakan untuk membuka aura dan menyucikan diri. Sedangkan kolam kecil di bawah pohon Lo merupakan tempat penyatuan diri dan hubungan dengan leluhur melalui doa.

Ada juga air mancur kecil di kolam kecil yang sengaja dibuat agar mata air tidak bercampur dengan air lain di sekitar kolam, karena banyak yang percaya bahwa air tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Air Petir Watugede berasal dari sungai bawah tanah yang sumbernya berasal dari tiga gunung yaitu Gunung Arjuno, Gunung Semeru dan Gunung Bromo. Dengan itu, ia membentuk sungai bawah tanah besar yang bermuara di Laut Selatan.

Penerbit : Ihya Ulumuddin

Bagikan artikel:

Membelah

Membelah

Tombol berbagi baris

Source: jatim.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button