Situ Cipanten Majalengka, destinasi liburan ramah keluarga - WisataHits
Jawa Barat

Situ Cipanten Majalengka, destinasi liburan ramah keluarga

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Selain Curug (air terjun), wisata air dengan nuansa alam dapat ditemukan di Situ Cipanten di Majalengka, Jawa Barat.

Terletak di Desa Gunung Kuning Kecamatan Sindang, destinasi wisata seluas 1,5 hektar ini sangat cocok sebagai destinasi liburan keluarga.

Jarak dari pusat kota sekitar 16 kilometer, dengan mobil hanya membutuhkan waktu sekitar 28 menit menuju lokasi.

Selain indah dan nyaman, objek wisata ini memiliki tempat-tempat menarik untuk selfie dan tempat khusus bagi para pedagang yang menawarkan berbagai jajanan kuliner.

Kawasan Situ Cipanten tidak hanya menarik untuk dikunjungi, tetapi juga dapat digunakan sebagai tempat pertemuan dan untuk acara-acara seperti reuni, ulang tahun dan acara lainnya.

Fasilitas dan spot menarik

Di objek wisata ini terdapat sarana dan prasarana menarik yang dapat dijadikan sebagai hiburan tambahan bagi pengunjung. Anda dan keluarga dapat menjelajahi hamparan air jernih Situ Cipanten dengan menaiki perahu dayung kayu atau Duck Go yang disewa dari pengelola.

Lokasi-Obyek-Wisata-Situ-Cipanteun-Kabupaten-Majalengka-a.jpgLokasi objek wisata Situ Cipanteun Kabupaten Majalengka. (FOTO: Situ Cipanteun doc untuk TIMES Indonesia)

Selain itu, di kawasan wisata air dengan cagar hutan seluas 2,5 hektar ini terdapat spot foto populer dan populer berupa ayunan di atas air dan sepeda gantung. Tempat tersebut dibuat untuk menciptakan potret estetika yang menarik yang kemudian dapat diunggah ke media sosial.

Jika pemandangan dari air jernih Situ Cipanten menggoda, Anda bisa langsung mencoba kesejukan dengan menyelam dan berenang di lokasi kolam alami khusus.

Sejarah Perkembangan Situ Cipanten

Awalnya di kawasan wisata ini tidak pernah ada melainkan hanya area persawahan biasa. Namun, tidak jauh dari tempat ini, di sebelah selatan terdapat mata air.

Sekitar tahun 1972-1973, pemerintah daerah membangun danau dengan tujuan mengairi sawah di empat kecamatan. Ini termasuk distrik Sukahaji, Palasah, Jatiwangi dan Rajagaluh.

Lokasi-Obyek-Wisata-Situ-Cipteun-Kabupaten-Majalengka-b.jpgLokasi objek wisata Situ Cipanteun Kabupaten Majalengka. (FOTO: Situ Cipanteun doc untuk TIMES Indonesia)

Namun seiring dengan perkembangannya dan banyak dikunjungi warga, situs tersebut akhirnya direnovasi sekitar tahun 2016 dan dikelola oleh pemuda desa setempat dan menjadi destinasi wisata Situ Cipanten.

Alami organisasi yang berkelanjutan dengan inovasi

Situ Cipanten merupakan salah satu tempat wisata alam yang mempesona di Majalengka, karena dalam perjalanan destinasi ini terus ditata dan dipercantik oleh pengelola. Hal ini dilakukan agar pengunjung dapat menemukan rasa rumah dan kesenangan sambil menikmati panorama alam.

“Kami terus melakukan pencegahan agar wisatawan memiliki kesan dan kenangan saat kembali,” kata Direktur BUMDes Karya Mekar Yosep Hendrawan didampingi Ketua Karang Taruna Mangun Jaya Pepen Supendi, Minggu (18/9/2022). ).

Ia mengatakan, sejalan dengan komitmen awal dalam pemerintahannya, pihaknya akan terus berupaya agar kawasan alam Situ Cipanten terasa nyaman dan familiar bagi pengunjung dengan terus berinovasi.

Selain itu, pihaknya saat ini tengah berupaya mengoptimalkan pemanfaatan potensi tersebut untuk kebutuhan air bersih warga sekitar lokasi wisata.

Juga dalam waktu dekat, ada rencana membangun wahana air untuk bermain anak-anak dan menambah ruang karpet gantung di permukaan Situ Cipanten.

Nah, bagi Anda yang berencana menghabiskan liburan di akhir pekan, tak ada salahnya mencoba sensasi eksotisme keajaiban laut Situ Cipanten di Majalengka yang sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button