Situ Cileunca, wisata air di Bandung Selatan - WisataHits
Jawa Barat

Situ Cileunca, wisata air di Bandung Selatan

TAGAR.id, Jakarta – Destinasi Wisata Situ Cileunca adalah tempat wisata di Jalan Situ Cileunca, Pulosari, Pangalengan, Bandung. Tempat wisata di Bandung Selatan yang bernuansa alam ini bisa dinikmati bersama keluarga, teman atau untuk acara kantor. Situ Cileunca buka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore WIB.

Situ Cileunca merupakan danau buatan dengan luas 1.400 hektar pada kedalaman 17 meter dan memiliki luas sekitar 1.400 hektar. Danau ini sangat besar sehingga terlihat sangat alami sehingga menyatu dengan alam sekitarnya.

Situs ini terletak di daerah yang memiliki ketinggian 1.550 meter di atas permukaan laut. Sumber air Situ Cileunca berasal dari Situ Panunjang yang lebih besar dari Situ Cileunca.

Lokasinya yang dikelilingi perbukitan dengan latar belakang pegunungan menjadikan tempat wisata ini cukup menarik untuk melihat fenomena alam sunset dan sunrise.

Selain sebagai objek wisata, Situ Cileunca juga merupakan sumber air untuk pembangkit listrik. Dari danau, listrik dialirkan ke perkebunan kopi dan teh di daerah tersebut. Airnya mengalir melalui Sungai Palayangan yang sering dijadikan arena arung jeram.

Pada zaman Belanda, Situ Cileunca ditetapkan sebagai sumber listrik kota Bandung. Selain itu, aliran keluar berfungsi sebagai cadangan sumber air bersih untuk Kota Bandung dengan kapasitas 9,89 juta meter kubik.

Dibutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 7 tahun untuk menyelesaikan proyek tersebut. Danau ini baru selesai dibangun dan resmi digunakan pada tahun 1926. Namun seiring berjalannya waktu, kawasan ini menjadi sumber air bagi masyarakat sekitar, khususnya untuk irigasi kebun.

Situ Cileunca memiliki berbagai wahana yang dapat dimainkan secara berkelompok maupun individu. Beberapa wahana yang ada di Situ Cileunca yaitu arung jeram, paintball, flying fox, off road land rover, panahan, sea tour, fun games, garden tour, team building, river tubing dan masih banyak lagi.

Harga tiket Situ Cileunca

Situ Cileunca memiliki delapan kawasan wisata. Setiap kawasan wisata memiliki harga tiket yang berbeda-beda.

Bagi Anda yang ingin bersantai di tempat ini, Anda perlu mengetahui harga tiket di masing-masing area. Berikut ini adalah harga tiket di setiap area di Situ Cileunca.

  1. Tempat Wisata Situ Cileunca Tiket Masuk 6.000 IDR/orang
  2. Biaya masuk untuk teras danau adalah Rp 15.000/orang
  3. Biaya masuk Shifa Camp 10.000 IDR/orang
  4. Tiket Masuk Cileunca Lakeside Rp 10.000/orang
  5. Tiket Masuk Hutan Pinus Rahong Rp 10.000/orang
  6. Tiket masuk Desa Singkur Rp 10.000/orang
  7. Tiket Masuk Cileunca Situ Garden Tour Rp 10.000/orang
  8. Tiket masuk Bridge of Love Rp 5.000/orang

Tiket Masuk Situ Cileunca

Tiket masuk Situ Cileunca bervariasi tergantung usia pengunjung. Ada biaya sebesar Rp 5.000 Rupiah untuk wisatawan dewasa. Sedangkan untuk anak-anak hanya dikenakan satu tiket seharga Rp 2.500 Rupiah.

Harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan pribadi. Bagi yang membawa mobil dikenakan biaya parkir sebesar Rp 4.000 rupiah. Sedangkan untuk kendaraan roda dua hanya dikenakan Rp 2.000 rupiah.

Anda bisa naik bus menuju kawasan Pangalengan dari Terminal Leuwi Panjang. Selain itu, pengunjung dapat menggunakan kendaraan umum dan berhenti tepat di depan pintu masuk Wisata Danau Cileunca.

Fasilitas Situ Cileunca

Ada beberapa fasilitas di objek wisata ini diantaranya:

1. Perahu motor

Dengan transportasi air ini, pengunjung dapat mengelilingi wilayah danau buatan dengan pemandangan yang sangat eksotis.

Bagi yang berminat menggunakan fasilitas ini hanya akan dikenakan biaya Rp 7.500 per orang. Anda harus bersabar untuk mendapatkan giliran di kapal karena antreannya cukup panjang.

2. Arung Jeram atau River Rafting di Sungai Palayangan

Arus di kawasan sungai cukup tenang sehingga sangat aman meski dilakukan oleh pemula. Harga paket mulai dari nominal Rp 150.000 hingga Rp 575.000 per orang.

Sebelum memulai aktivitas arung jeram Situ Cileunca, mereka akan dilatih terlebih dahulu oleh operator dari segi keselamatan dan keamanan.

3. perkemahan

Pengunjung dapat menikmati malam di danau dengan udara yang cukup dingin. Saat langit cerah orang dapat melihat keindahan bintang dan bulan yang cerah. Pemandangan ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

4. Villa atau penginapan

Terdapat sebuah penginapan di Situ Cileunca Pangalengan, tidak jauh dari tempat wisata. Harga per malamnya sangat terjangkau, mulai dari Rp100.000 saja. Fasilitas penginapan cukup lengkap dan bergaransi.

(Aldila Daradinanti)

Source: www.tagar.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button