Siswa SMKN 1 Maluk sedang melakukan studi banding di Pulau Lombok - WisataHits
Jawa Timur

Siswa SMKN 1 Maluk sedang melakukan studi banding di Pulau Lombok

Taliwang-Siswa SMKN 1 Maluk melakukan studi banding di Pulau Lombok. Kunjungan ini dikemas dalam bentuk wisata edukasi untuk menambah pengalaman.

Kepala SMKN 1 Maluk Muhammad Yasin menjelaskan, studi banding ini merupakan upaya untuk mengetahui prospek dan peluang kerja di industri pariwisata. Pihaknya juga melakukan kajian palsu yang melibatkan sekolah pariwisata dan perguruan tinggi pariwisata di Pulau Lombok. “Untuk kompetensi keahlian UPW, kita belajar bagaimana menyusun paket wisata yang menarik, berhitung dan mempresentasikan, bekerja sebagai tour guide, mengorganisir sebuah event dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Selama ini, hanya teori yang diajarkan kepada siswa di kelas. Melalui pendidikan, lanjutnya, para siswa dapat mengetahui situasi di daerah ini. “Tujuan utama dari kegiatan tersebut tidak lain untuk mendukung pengembangan potensi dan kompetensi mahasiswa di bidang pariwisata,” jelasnya.

Beberapa lokasi dijadikan lokasi studi banding, antara lain Montana Hotel Senggigi. Di sini, para peserta diajari tentang tata krama makan dan postur tubuh yang diperlukan saat menghadiri jamuan makan. “Tentunya ini sangat penting sebagai antisipasi untuk nanti masuk ke dunia kerja,” ujarnya.

Siswa juga mengunjungi SMK 2 dan 4 Mataram, Politeknik Pariwisata Lombok dan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA NTB). “Diharapkan inovasi-inovasi dari BRIDA NTB mampu menjalin kerjasama dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia di masa mendatang,” imbuhnya.

Ada pula praktik wisata terpandu di Desa Sade, Lombok Tengah; Sentra Tenun di Desa Sukarara, Lombok Timur; dan tujuan wisata paling populer di Mandalika. “Kami berharap generasi milenial 4.0 tidak hanya pecinta traveling. Tapi bisa menjadi pemain utama di bidang pariwisata,” tambah Maluk Sayyidatussa’diyah, Kepala Bidang Keahlian Pariwisata SMK 1. (jauh/r8)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button