Sisi Gelap Situ Ciburuy: Tercemar oleh korban pemakan sampah - WisataHits
Jawa Barat

Sisi Gelap Situ Ciburuy: Tercemar oleh korban pemakan sampah

Bandung Barat

Situ Ciburuy di Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) merupakan salah satu dari sekian banyak danau buatan di Jawa Barat.

Luas Situ Ciburuy seluas 41 hektar yang terdiri dari danau buatan utama seluas 25 hektar dan danau tua seluas lebih dari 5 hektar. Sisanya adalah kawasan pemukiman dan fasilitas wisata.

Sedikit ulasan tentang Situ Ciburuy yang juga terkenal sebagai pemeran lagu Sunda. Awalnya itu adalah sebuah danau yang dibuat oleh uang receh Belanda bernama Bempi pada akhir abad ke-19 atas perintah Ratu Belanda Wilhelmina.

Di balik pamor Situ Ciburuy yang selama puluhan tahun terkenal sebagai objek wisata, Situ Ciburuy belakangan ini disorot karena tercemar limbah industri hingga tewasnya seorang remaja yang sedang belajar berenang.

Tercemar oleh limbah industri

Air di Situ Ciburuy, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) diduga tercemar limbah industri di sekitarnya sehingga berwarna hitam dan berbau tidak sedap.

Ketua RW 14 Udin mengatakan, perubahan warna air danau buatan itu terjadi beberapa hari lalu. Awalnya bau air yang tidak enak itu samar-samar, tetapi seiring berjalannya waktu, baunya semakin menyengat.

“Sudah sekitar 5 hari keadaan air (Situ Ciburuy) berubah warna menjadi hitam pekat, kemudian baunya tidak sedap,” kata Udin kepada wartawan.

Udin dan warga sekitar menduga limbah yang mencemari lingkungan itu bukan limbah rumah tangga biasa. Karena limbah tersebut dapat mengubah warna air dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

“Mungkin sekarang hanya seburuk itu karena kami sudah lama tinggal di sini dan biasanya kalau dari limbah rumah tangga airnya menjadi hitam dan bau,” kata Udin.

ABG meninggal karena tenggelam

Dua anak tewas tenggelam di Situ Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Salah satunya dikabarkan meninggal dunia akibat peristiwa yang terjadi pada Kamis (21/7/2022).

Korban bernama Satifa Mega Apriliani, 14 tahun, warga Desa Sadang, RT 02/17, Desa Ciburuy. Korban lainnya adalah Bunga, 14 tahun, warga Desa Ciburuy, RT 03/05, Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Duddy Prabowo mengatakan, kejadian bermula saat Satifa dan Bunga sedang berlatih renang tanpa bantuan pada pukul 15.40 WIB.

“Mereka rajin berenang tanpa pengawasan. Padahal kedua korban hanya bisa berenang,” kata Duddy saat dihubungi.

Menurut saksi mata, korban Satifa sedang berenang di tengah danau, di mana airnya cukup dalam untuk menenggelamkannya. Sedangkan Bunga hanya berenang di tepi Situ Ciburuy yang airnya dangkal.

“Bunga melihat temannya tenggelam, lalu langsung berinisiatif membantu, padahal keduanya tidak bisa berenang dengan baik,” kata Duddy.

Simak video “Ternyata PT Alfatih Indonesia Travel sudah mengambil alih alamat penginapan di Lembang”.
[Gambas:Video 20detik]
(direktori/direktori)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button