Simak Wisata Edukasi di Cagar Biosfer Indonesia - The Phrase - WisataHits
Jawa Tengah

Simak Wisata Edukasi di Cagar Biosfer Indonesia – The Phrase

Frase.id – Keindahan alam Indonesia yang begitu rimbun tidak pernah gagal memanjakan mata. Ada berbagai jenis tujuan alam termasuk Cagar Biosfer Indonesia yang merupakan tujuan wisata dan pendidikan.

Cagar Biosfer merupakan khazanah keanekaragaman hayati yang diakui UNESCO yang tentunya tidak dimiliki oleh daerah lain dan hanya dapat ditemukan di Indonesia.

Indonesia memiliki 19 cagar biosfer yang masing-masing memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Total luas seluruh cagar biosfer yang ada adalah 29,9 juta hektar dan merupakan bagian dari Jaringan Cagar Biosfer Dunia.

Dengan keindahan alam dan keanekaragaman hayatinya yang menakjubkan, cagar alam ini merupakan tujuan yang cocok untuk wisata edukasi. Ini adalah Cagar Biosfer Batu Kapur yang bisa kamu kunjungi!

1. Karimunyava Jepara Muria

Karimunjawa. (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Karimujawa terletak di Jepara, Jawa Tengah, di kawasan sekitar Gunung Muria yang merupakan taman nasional yang termasuk dalam perlindungan laut. Selain itu, fokus cagar biosfer ini adalah pada berbagai ekosistem pulau kecil, laut, dataran rendah, dan hutan hujan pegunungan tropis.

Karimunjawa lengkap dengan keindahan pantai, laut dan hutan tropis yang menjadi habitat 130 jenis burung dan rusa jawa.

2. Merapi Merbabu Monoreh

Cagar Biosfer IndonesiaMerapi Merbabu Monoreh. (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Bagi penyuka pegunungan, liburan di Gunung Merapi Monoreh Jawa Tengah bisa menjadi destinasi yang menyenangkan untuk menikmati kesegaran alam dan hamparan tanaman hijau yang memanjakan mata. Sebagai gunung yang aktif, warga dan pengunjung tentu perlu tetap waspada. Namun, konon letusan Gunung Merapi yang menyemburkan lahar, abu dan mineral dapat menyuburkan tanah dan membuat kawasan di sekitarnya semakin subur.

3. Bunaken Tangkoko Minahasa

Bunaken Tangkoko Minahasa (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Temukan keindahan negeri Sulawesi Utara dengan liburan di Bunaken Tangkoko Minahasa. Kawasan ini memiliki lima kawasan inti, yaitu Taman Nasional Bunaken, Taman Hutan Raya dan Cagar Alam Gunung Tumpa HV Worang, Cagar Alam Gunung Lokon, KPHK Tangkoko (Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung): Cagar Alam Dua Saudara, Taman Alam Batu Putih, Taman Alam Batu Angus; dan Suaka Margasatwa Manembo-Nembo.

Anda juga akan menemukan berbagai hewan langka di sini, termasuk paus biru, lumba-lumba paruh merah muda, manate, dan hiu paus. Unik, bukan?

4. Tanjung Puting

Tanjung Puting (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Bagi yang ingin melihat dan mempelajari langsung orangutan dan bekantan yang terancam punah, Anda bisa mengunjungi Tanjung Puting di Kalimantan Tengah. Di Taman Nasional Tanjung Puting, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman baru dengan trekking malam dan melihat berbagai hewan eksotis yang aktif di malam hari.

5. Wakatobi

Cagar Biosfer IndonesiaWakatobi (Foto: Dok. Kemenparekraf)

Siapa yang tidak mengenal Wakatobi dan keindahannya? Terletak di Sulawesi Tenggara, Wakatobi menawarkan keindahan laut yang tak tertandingi dan hidangan laut yang lezat. Ada juga Gua Lakasa, yang berisi stalaktit dan stalagmit purba yang keindahannya mengingatkan pada kristal. [Syifaa]

Source: thephrase.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button