Siap Sukseskan HPN 2023, Ibu Ita Ajak Wartawan Naik Bus Listrik Menikmati Wisata Desa Kandri - WisataHits
Yogyakarta

Siap Sukseskan HPN 2023, Ibu Ita Ajak Wartawan Naik Bus Listrik Menikmati Wisata Desa Kandri

Siap Sukseskan HPN 2023, Ibu Ita Ajak Wartawan Naik Bus Listrik Menikmati Wisata Desa Kandri

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pj Wali Kota Semarang Hj Hevearita Gunaryanti Rahayu siap mensukseskan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 tingkat Jawa Tengah yang akan diselenggarakan di Kota Semarang.

Rangkaian kegiatan HPN 2023 kolosal dimulai 9 Februari hingga akhir Maret 2023.

Ibu Ita, sapaan akrab Plt Walikota, bersedia membantu sejumlah kegiatan HPN di kota Semarang. Salah satu kegiatan HPN Commemorative Lace Series 2023 tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kota Semarang adalah one day tour yang berlangsung pada Kamis dan Jumat (2-3 Maret 2023).

Rencananya para peserta HPN akan diajak menjelajahi desa wisata di Gunungpati dari pagi hingga sore hari. “Peserta dapat menikmati kesejukan Kota Semarang bagian atas. Dimana keindahan alam dan keaslian budayanya menjadi pesona yang memiliki kelebihan tersendiri. Peserta bahkan bisa menikmati makanan khas Kandris, menanam pohon dan menikmati atraksi wisata lainnya termasuk wisata ke Goa Kreo dan wisata Waduk Jatibarang,” kata Mbak Ita saat audiensi di hadapan Panitia HPN 2023, Kamis (19/1/2023).

Mbak Ita menuturkan selama dua hari, peserta akan dimanjakan menikmati sejuknya udara di kawasan atas Kota Semarang. Dari Semarang, peserta diajak turun bersama dengan bus listrik.

Berbagai atraksi yang dapat disaksikan di desa wisata Kandri antara lain pementasan ketoprak, wayang kulit, wayang suket, jathilan, belajar membawa lesung atau memukul lesung merupakan salah satu kesenian yang dilestarikan di Desa Wisata Kandri.

“Peserta one day tour juga bisa mencoba sensasi river tubing. Setelah puas belajar dan mengenal budaya setempat, kini saatnya mencoba sesuatu yang cukup menantang yaitu river tubing atau penduduk setempat menyebutnya “Ngintir Kalijogo”. Ada juga Icip Sego Kethek (nasi monyet) khas Desa Wisata Kandri. Jika Yogyakarta identik dengan Sego Kucing (nasi kucing), Desa Wisata Kandri memiliki ikon kuliner yaitu Sego Kethek atau nasi monyet,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Jawa Tengah H. Amir Mahmud didampingi Sekretaris Setiawan Hendra Kelana, dan Ketua Panitia HPN Zaenal Abidin Petir mengumumkan bahwa puncak upacara peringatan HPN 2023 tingkat Jawa Tengah akan dilaksanakan di Gradhika Bakti Praja pada 3 Maret 2023.

“Dengan tur satu hari ini, panitia juga akan menggelar lomba menulis, di mana jurnalis anggota PWI akan menulis artikel dan mempublikasikannya di media masing-masing setelah mengikuti tur. Karya terbaik diberi penghargaan,” kata Amir Mahmud.

Sementara itu, Panitia HPN 2023 diterima dalam audiensi oleh Pj Walikota Semarang Hj Hevearita Gunaryanti Rahayu, didampingi Asisten Administrasi dan Umum Setda Pemkot Semarang, Masdiana Safitri SH, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menerima, R Wing Wiyarso Poespojoedho SSos MSi, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik, dan Sandi (Diskominfo) Kota Semarang, Sunarto, Drs.Giarsito Sapto Putratmo, Kepala Biro Bimbingan dan Protokol Komunikasi, serta sejumlah pejabat lainnya.

Tema “Pers Edukatif Menuju Tahun Politik 2024” diurai dengan semangat “HPN Goes to Campus” yang mencerminkan semangat mengembalikan fundamental jurnalistik berkualitas, dinamika resonansi sikap media, membangun suasana kebangsaan yang sehat, dan semangat pembangunan daerah.

Amir Mahmud NS menambahkan sifat kolosal kegiatan tersebut akan terlihat dalam rangkaian program kegiatan yang berbasis intelektualitas dan kesadaran akan peningkatan sumber daya manusia (SDM) bagi wartawan.

“Pertama-tama kita akan mengadakan dialog antara lima Rektor yaitu Rektor Udinus, UKSW, Unissula, Unika dan Unwahas di kampus Udinus. Temanya media edukasi untuk tahun politik 2024,” kata Amir.

Kedua, dialog “Membangun Kampus Nasional” di Universitas Semarang, dimana Romo Benny, Dr. Superi, dr. Ferdinand Indianto dan Prof. Dr. Imam Taufik dihadirkan. Menkopolhukam Prof Mahfud MD yang juga anggota Majelis Wali Amanat USM rencananya akan menjadi keynote speaker.

Ketiga, dialog “UMKM Implementasi Ekonomi Khas Indonesia” di kampus Unwahas dengan pembicara dari Ketua Koperasi dan UMKM Jawa Tengah, pakar ekonomi dari Unwahas dan pemangku kepentingan UMKM.

Keempat, Dialog “Pers Nasional Menuju Tahun Politik” di kampus UKSW Salatiga. Dialog tersebut akan dihadiri oleh Rektor UKSW, Civitas Akademika Undip dan Ketua PWI Jateng.

Dan kelima, Kelompok Khataman Al-Quran Ashabul Kahfi yang beranggotakan wartawan anggota PWI dari Jawa Tengah, dilanjutkan dengan Tausyiyah Tahun Politik di kampus Unissula.

Puncak peringatan HPN 2023 di Dataran Jawa Tengah akan dilaksanakan pada 3 Maret 2023 di Gradhika Bakti Praja. Pameran foto jurnalistik dan produk UMKM dari Jawa Tengah juga akan digelar di hari yang sama.

Selain kegiatan di beberapa kampus, PWI Jateng juga akan menyelenggarakan Ujian Keterampilan Wartawan (UKW) Bersama bernama “UKW Joglosemar” bekerja sama dengan PWI Solo dan PWI DIY.

“VHF yang didukung penuh oleh Pabrik PT Semen Gresik Rembang ini rencananya akan berlangsung di Kota Yogyakarta, begitu pula dengan kerjasama PWI yang ketiga dalam rangka memperingati HPN 2023,” pungkasnya.

Ning Suparningsih

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button