Siap-siap, Bali menjadi wisata kesehatan - WisataHits
Jawa Barat

Siap-siap, Bali menjadi wisata kesehatan

Bogordaily.net– Pulau Bali sedang dipersiapkan dan dikembangkan menjadi destinasi wisata kesehatan unggulan. Demikian disampaikan Sandiaga Salahuddin, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf), pihaknya bahkan akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyiapkan destinasi wisata kesehatan.

“Saat ini Kemenparekraf RI telah menetapkan branding logo ‘Indonesia Health Tourism’ dan mengkampanyekan #SehatdanBugardiRumahSendiri dan #DiIndonesiaAja untuk digunakan oleh para pemangku kepentingan wisata kesehatan di Indonesia,” kata Menparekraf Sandiaga dalam Weekly Brief with Sandi Uno yang berlangsung secara hybrid, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, demikian siaran pers Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

Pengembangan wisata kesehatan di Bali dilakukan untuk menarik minat masyarakat Indonesia yang biasa berobat ke luar negeri untuk tetap berobat ke Indonesia guna mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal.

Pasalnya, berdasarkan data Kementerian Kesehatan, pada 2021 akan ada kerugian ekonomi sekitar Rp 161 triliun per tahun dari warga Indonesia yang berobat ke luar negeri.

Pengembangan wisata kesehatan menjadi prioritas strategi nasional karena menjawab tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia yaitu kesehatan pasca pandemi dan pemulihan ekonomi.

Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif terus bekerja sama dengan kementerian/lembaga, asosiasi, dan industri wisata kesehatan lainnya untuk mengimplementasikan empat pilar yang telah disepakati dalam pengembangan wisata kesehatan, yaitu wisata kesehatan, wisata kebugaran, wisata kesehatan berbasis event olahraga dan wisata kesehatan ilmiah berbasis MICE.

“Bali adalah champion city dan medical tourism hub serta destinasi lengkap yang berpotensi untuk kita kembangkan di sepanjang pilar health tourism,” kata Sandiaga.

Selain memperkuat kerja sama, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif juga melakukan sejumlah upaya untuk menghubungkan sektor pariwisata dengan sektor kesehatan.

“Kami berharap ini akan memberikan lebih banyak kesempatan tidak hanya bagi warga negara Indonesia untuk mendapatkan layanan kesehatan yang prima, tetapi juga bagi wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Bali. Jadi wisatawan tidak hanya menikmati keindahan alam dan budayanya, tapi juga merasakan pelayanan kesehatan yang mumpuni,” ujar Sandiaga. ***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button