Siap-siap! Ada 60 event pariwisata di Sleman tahun 2023, berikut jadwalnya Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Siap-siap! Ada 60 event pariwisata di Sleman tahun 2023, berikut jadwalnya Solopos.com

Siap-siap!  Ada 60 event pariwisata di Sleman tahun 2023, berikut jadwalnya Solopos.com

SOLOPOS.COM – Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa secara simbolis membuka peluncuran kalender event pariwisata 2022 di Kabupaten Sleman. (Diantara)

Solopos.com, SLEMAN Dinas Pariwisata Sleman (Dispar) akan menggelar 60 event pariwisata pada 2023. Melalui berbagai event tersebut, Dinas Pariwisata Sleman menargetkan 8 juta wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman Ishadi Zayid mengatakan, target tersebut lebih tinggi dari capaian tahun lalu sebanyak 7,5 juta kunjungan wisatawan. Beberapa yang menarik adalah Festival Van der Wijck (2-3 Juni 2023), Festival Jazz Prambanan (7-9 Juli dan 14-16 Juli 2023) dan Tour de Merapi (25 Juli 2023).

PromosiMayoritas konsumen memilih Tokopedia sebagai e-commerce yang paling aman, terpercaya dan memuaskan

Kemudian ada Sleman Creative Week (20-22 Oktober 2023), Sleman Temple Run (5 November 2023), Ngayogjazz (18 November 2023) dan Jogja International Heritage Walk (18-19 November 2023).

Beriklan dengan kami

“Kami mengharapkan gol [kunjungan wisatawan] pada 8 juta orang. Pandemi telah mereda, PPKM telah dicabut. Selama pandemi, itu adalah 7,5 juta [kunjungan]’ ujarnya pada acara penyerahan kalender event 2023 di Balai Kota Sleman, Jumat (20/01/2023).

Target pendapatan asli daerah (PAD), kata dia, juga diharapkan meningkat sekitar 20%. Pada 2022, PAD mencapai Rp5,6 miliar, tahun ini targetnya Rp6 miliar.

Berbagai acara tersebut menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung yang datang ke Sleman. Selain itu, wisatawan juga dapat menggunakan calendar of event untuk memutuskan kapan akan berkunjung. “Sebagai magnet terbesar seperti Ngayogjazz, kunjungannya luar biasa, sekitar 20.000 pengunjung per hari. Sleman Temple Run juga dikunjungi oleh berbagai negara,” ujarnya.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menambahkan dengan memperkenalkan kalender tersebut acara, Masyarakat atau wisatawan yang ingin berkunjung ke Sleman lebih mudah dan dapat merencanakan keberangkatannya dengan lebih matang. Selain itu, melalui kalender acara, mereka juga dapat memilih acara mana yang ingin mereka hadiri. “Ini [mencapai target kunjungan wisata] Tidak bisa sendiri, harus bekerja sama, baik itu dengan hotel yang sudah ada, promosi dan lain sebagainya. Begitu juga DIY bisa mengiklankan bahwa Sleman punya kalender event,” ujarnya.

Beriklan dengan kami

Singgih Raharja, Kepala Dispar DIY, menyambut baik peluncuran tersebut kalender acara Kabupaten Sleman Tahun 2023. Menurutnya, Sleman menempati urutan pertama untuk pergerakan wisatawan lokal ke seluruh Indonesia.

“Salah satu penggerak wisatawan domestik adalah penyelenggaraan event. Tentunya saya berharap kualitas event di Kabupaten Sleman terus meningkat ke depannya,” ujarnya.

Beriklan dengan kami

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button