Siap menyambut wisatawan, AJWLM mengutamakan safety • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Siap menyambut wisatawan, AJWLM mengutamakan safety • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi (AJWLM) siap menyambut lonjakan kunjungan wisatawan saat liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang. Bahkan, menurut prediksi AJWLM, sejak dimulainya hari raya Nataru akan melayani lebih dari seratus ribu wisatawan.

Ketua II AJWLM Riswanto Nugroho menyatakan, sekitar seribu jip akan dikerahkan pada momen Nataru tersebut. Berbagai persiapan dilakukan. Misalnya dengan memastikan kondisi jeep dalam kondisi first class. Mulai rem, lampu, klakson hingga kesehatan pengemudi.

“Wisatawan datang ke sini karena mengetahui jip dan pengemudinya sehat. Kalau tidak ada kesiapan, dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya saat ditemui di Basecamp Kaliurang Adventure, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Selasa (13/12).

Riswanto mengatakan, federasi telah menyiapkan tim untuk melakukan pengawasan. AJWLM tidak memaafkan oknum operator jeep yang tidak hati-hati, terutama yang tidak memperhatikan kondisi jeep atau pengemudinya.

Semua kesepakatan antara pengelola dan asosiasi Jeep juga harus dipatuhi. Seperti menggunakan helm untuk pengemudi dan penumpang. Ada juga batasan jumlah penumpang sebanyak 4 orang.

Menurut Riswanto, hal itu dilakukan semata-mata untuk mengutamakan keselamatan wisatawan dan pengendara. Dia tidak ingin kecelakaan Jeep terjadi lagi. Selain itu, tahun ini merupakan tahun pertama dibukanya secara penuh kegiatan wisata pascapandemi.

“Untuk keamanan jeep harus 100 persen. Itu tidak bisa dinegosiasikan. Dan ketika sesuatu terjadi, bukan hanya orang itu yang terluka. Selain itu, jika dihentikan oleh otoritas terkait, mereka akan kehilangan pekerjaan,” ujarnya.

Salah seorang turis asal Bojonegoro, Didik, mengaku senang menghabiskan waktu dengan mengendarai jip. Sepanjang perjalanan, Didik merasa keselamatannya terjamin. Pengemudi juga memastikan dia dan penumpang lainnya memakai helm.

“Bawah (Sungai Kuning) asyik banget jalan-jalan, pokoknya Jos. Mas juga sangat terampil. Datang ke sini dengan jip dengan sengaja. Sangat menyenangkan dan sangat memuaskan,” ujarnya. (isa/dwi)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button