Shopee Plants Indonesian Forests dukung konservasi - WisataHits
Jawa Barat

Shopee Plants Indonesian Forests dukung konservasi

Bogordaily.net – Shopee bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dan masyarakat lingkungan Sangga Buana menanam 1.500 bibit pohon kopi dalam program Shopee Menanam Hutan Indonesia di Desa Ciwaluh di kaki Gunung Gede Pangrango, Kabupaten Bogor, Barat Jawa pada Minggu 28 Agustus 2022.

Bibit pohon kopi ini merupakan hasil transformasi dari panen virtual game populer Shopee Tanam, yang berlangsung dari 30 Juli hingga 5 Agustus 2022, yang merupakan terobosan baru dalam kegiatan perlindungan lingkungan melalui penggunaan teknologi digital.

Selain mempertimbangkan aspek konservasi, program Shopee Tanam Hutan Indonesia tahap kedua ini bertujuan untuk memberikan kontribusi ekonomi dan sosial kepada masyarakat lokal di desa Ciwaluh.

Desa Ciwaluh sendiri merupakan salah satu desa terendah di kaki Gunung Gede Pangrango.

Lokasi desa Ciwaluh berbatasan dengan hulu Sungai Cisadane, sehingga cocok untuk ditanami berbagai tanaman produktif termasuk kopi.

Dengan penanaman 1.500 bibit pohon kopi yang merupakan jenis pohon produktif ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi kesejahteraan warga sekitar yang sebagian besar adalah petani kopi.

Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Dr. orang Irlandia Bambang Supriyanto, M.Si., menekankan pentingnya kerjasama lintas sektoral untuk mendukung percepatan kebijakan pengelolaan hutan kemasyarakatan secara ekologi, sosial dan ekonomi.

“Kami mengapresiasi upaya Shopee dalam program Shopee Menanam Hutan Indonesia tahap kedua. Program ini merupakan contoh sinergi yang baik antara pemerintah, swasta dan masyarakat (kemitraan publik-swasta) Percepatan pengelolaan hutan di Indonesia yang dapat memberikan nilai tambah tidak hanya bagi lingkungan tetapi juga bagi kesejahteraan masyarakat. Kami berharap ke depan kita bisa bekerja sama lebih baik lagi untuk menjaga lingkungan dan memberi nilai tambah bagi ekonomi hijau,” ujarnya.

Ade Mulya, Head of Government Affairs Shopee Indonesia, mengatakan penanaman hutan Indonesia tahap kedua oleh Shopee merupakan bentuk komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukIndonesia.

Tahap kedua dari Shopee Planting Hutan Indonesia mencakup serangkaian mitra perjalanan ShopeeFood dan kurir Shopee Xpress (Special/Bogordaily.net).

“Dengan menanam 1.500 bibit pohon kopi, kami berharap dapat meningkatkan kualitas lingkungan di Desa Ciwaluh dan berdampak positif bagi wilayah aliran Sungai Cisadane. Selain itu, diharapkan warga Desa Cisadane yang sebagian besar berprofesi sebagai petani kopi dapat memanfaatkan tanaman kopi ini untuk meningkatkan kesejahteraan mereka di masa depan,” kata Ade Mulya.

“Program ini sejalan dengan komitmen Shopee untuk mendukung program pemerintah, khususnya yang terkait dengan percepatan pengelolaan hutan berdasarkan pertimbangan lingkungan, sosial dan ekonomi. Kami berterima kasih kepada para pengguna yang berpartisipasi dalam game Shopee Tanam dan juga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas dukungannya dalam upaya konservasi yang melibatkan teknologi ini,” jelas Ade.

Puluhan peserta turut ambil bagian dalam acara penanaman pohon ini, antara lain mitra ride ShopeeFood dan kurir Shopee Xpress.

“Kami sangat senang dengan antusiasme para driver dan mitra kurir yang mengikuti kegiatan penanaman hari ini. Melalui engagement di Shopee Tanam Hutan Indonesia ini, kami berharap dapat menjangkau mitra kami untuk memberikan kontribusi positif bagi negara,” tambah Ade.

Kopi, ekowisata dan kesejahteraan warga desa Ciwaluh

Penanaman Shopee

Dalam kolaborasi baru dengan Komunitas Sangga Buana, Shopee bertujuan untuk mendukung konservasi dan kesejahteraan petani lokal di Desa Ciwaluh dengan menanam 1.500 bibit pohon kopi (Special/Bogordaily.net).

Aryo Salaka, pengurus dan pelestari Komunitas Lingkungan Sangga Buana, menjelaskan manfaat pohon kopi sebagai tanaman konservasi yang bernilai ekonomi tinggi.

“Pohon kopi itu seperti primadona tanaman. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa tanaman kopi memiliki fungsi konservasi yang mirip dengan tanaman hutan, yaitu dapat melindungi tanah dan mencegah erosi. Tidak hanya itu, pohon kopi merupakan tanaman produktif karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Tidak hanya biji kopi sebagai bahan baku, daun, batang dan akar juga dapat memberikan manfaat ekonomi yang besar. Program Shopee Tanam Hutan Indonesia menyentuh kedua aspek tersebut dan dapat dijadikan contoh dalam mengambil pendekatan berkelanjutan dan menciptakan dampak positif yang lebih besar,” kata Aryo.

Desa Ciwaluh, Desa Wates Jaya, terletak di perbatasan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi, kurang lebih 35 kilometer dari pusat kota Bogor.

Terletak di kaki Gunung Pangrango, Kampung Ciwaluh mengembangkan potensi ekowisatanya sendiri.

Sejak tahun 2017, sejumlah pemuda tergerak untuk merevitalisasi ekonomi lokal dengan menjadikan desa Ciwaluh sebagai destinasi rekreasi yang mengusung konsep eko-agriwisata. Konsep tersebut memadukan sektor pertanian dengan sektor pariwisata, yang diharapkan mampu menggerakkan perekonomian Kampung Ciwaluh.

Desa Ciwaluh sangat cocok untuk dijadikan tempat obat dari semua kelelahan sehari-hari. Pemandangan “hijau” yang asri dengan nuansa pedesaan, ditemani dengan udara yang segar dan asri, menjadi menu utama saat berkunjung ke Ciwaluh.

Sandi, salah satu petani lokal di Desa Ciwaluh, mengatakan kampanye penanaman pohon kopi yang digagas Shopee merupakan salah satu promosi untuk memperkenalkan ekowisata di Desa Ciwaluh.

“Kami sangat berterima kasih atas penanaman 1.500 bibit kopi di Desa Ciwaluh kami. Penanaman pohon kopi tidak hanya membantu menjaga kelestarian lingkungan khususnya di kawasan Sungai Cisadane agar tetap asri, tetapi juga membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. Kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk pengenalan Desa Ciwaluh sebagai destinasi ekowisata baru yang bisa dikunjungi masyarakat yang ingin berobat di alam,” kata Sandi.

Kampanye #ShopeeTanamHutanIndonesia merupakan inovasi baru yang memadukan teknologi digital berupa game Shopee Tanam untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian lingkungan.

Bibit Pohon Konservasi yang dipilih oleh pengguna Shopee Tanam dalam game akan diubah menjadi Bibit Pohon Kopi untuk ditanam di Desa Ciwaluh.

Sebelumnya, gerakan #ShopeeTanamHutanIndonesia juga sukses dilakukan di hutan kota Jakarta April lalu dengan menanam lebih dari 2.000 bibit pohon.***

Source: bogordaily.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button