Setibanya Jumat, jemaah haji Kabupaten Probolinggo akan melakukan swab antigen di Sukolilo - WisataHits
Jawa Timur

Setibanya Jumat, jemaah haji Kabupaten Probolinggo akan melakukan swab antigen di Sukolilo

WAKTU HAJI, PROBOLINGGO – Jamaah haji asal Kabupaten Probolinggo dijadwalkan tiba di tanah air pada Jumat (29.7.2022) pukul 10.30 WIB. Setibanya di sana, masyarakat akan dilakukan swab antigen di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo Akhmad Sruji Bahtiar mengatakan, swab antigen wajib dilakukan setiap masyarakat untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

Jika hasilnya positif, masyarakat akan dikarantina di Puskesmas Maron selama lima hari. Dari Asrama Haji, jemaah yang positif diangkut dengan kendaraan khusus. Terpisah dari jamaah lainnya.

Kota-Haji-Probolingg-Kabupaten-2.jpg

Jemaah haji yang memiliki gejala khusus harus menjalani tes PCR. Jika positif, masyarakat akan dikarantina di rumah sakit di Surabaya hingga kondisinya membaik dan negatif Covid-19. “Semua biaya (swab dan karantina) ditanggung negara,” kata Bahtiar kepada TIMES Indonesia, Rabu (27/7/2022).

Untuk keperluan swab antigen dan PCR ini, kata Bahtiar, Pemkab Probolinggo sudah menyiapkan dua tim. Kedua tim dikirim ke asrama haji di Surabaya.

Selain swab untuk jemaah haji, tim ini juga akan melakukan booster vaksinasi. “Karena ada 150 orang beriman yang diketahui belum mendapat vaksin booster,” kata Bahtiar.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan apakah 150 jemaah itu semuanya berasal dari Kabupaten Probolinggo atau bukan. Karena pada batch 19 jemaah haji Kabupaten Probolinggo bergabung dengan jemaah haji Mojokerto.

Penjemputan dari umat paroki di tur Ka’bah miniatur

Bagaimana dengan masyarakat yang negatif Covid 19 dengan swab antigen? Anda akan dibawa menuju Obyek Wisata Religi Miniatur Ka’bah yang ada di Desa Curahsawo Kecamatan Gending. “Temui peziarah di Ka’bah mini. Enam jam dihitung dari pendaratan,” kata Bahtiar. Artinya jemaah haji akan tiba sekitar pukul 16.30 WIB.

Bahtiar mengatakan, banyak keluarga di masyarakat yang meminta rekomendasi Kemenag untuk menjemput mereka di Asrama Haji Surabaya. Tapi mereka melarangnya.

Sementara itu, di kota Mekkah di Arab Saudi, jemaah haji asal Kabupaten Probolinggo dikabarkan mulai berkemas. Mereka seharusnya meninggalkan hotel pada Kamis (28.7.202) pukul 10.30 waktu setempat.

“Jemaah haji sudah mulai mengemasi tas dan mencari oleh-oleh,” kata petugas haji wilayah Kabupaten Probolinggo H. Karsono.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button