Setelah tampil di Apex 2022, produk kreatif DALANG tampil di Anugerah Lingkungan Tingkat Provinsi Sumsel - WisataHits
Jawa Barat

Setelah tampil di Apex 2022, produk kreatif DALANG tampil di Anugerah Lingkungan Tingkat Provinsi Sumsel

PALEMBANG, Suaraindependentnews.id – Dalang biasa dikenal banyak orang sebagai orang yang memainkan wayang kulit atau wayang golek. Namun berbeda dengan dalang itu, dalang ini adalah program daur ulang plastik. Dalang dengan mesin dalang (daur ulang) tidak ada lagi sampah plastik alias tidak ada lagi sisa sampah. Mesin yang digunakan Dalang merupakan mesin yang cocok dan dibuat sendiri oleh masyarakat setempat, kata Romdoni saat dikonfirmasi awak media komunitas kedai kopi jurnalis.

Romdoni, biasa disapa Doni, menjelaskan bahwa dirinya dan rekan-rekannya di PDU Prabumulih sangat bersyukur atas berkah dari daur ulang sampah, saat ini kami mampu menghasilkan produk-produk kreatif yang kami kembangkan menjadi produk jadi dengan nilai tambah yang sungguh luar biasa mampu. Dengan “DALANG MACHINERY” yang didukung oleh komunitas Dalang Pendaur Ulang Plastik Indonesia (IPR), Pertamina dan juga dinas lingkungan Pemkot Prabumulih, kami dapat mengembangkan daur ulang, yang dulunya hanya produk setengah jadi, sekarang kami dapat memproduksinya menjadi produk jadi dan produk jadi, menambah nilai dan menjadi produk unggulan.

Selama acara Apexion 2022 di Kota Padang yang akan dilaksanakan pada tanggal 7-10 Agustus 2022.

“Alhamdulillah kami juga ikut mewakili Pemkot Prabumulih. Kami hadir di Apex 2022 dengan produk Dalang berupa papan dan meja yang terbuat dari plastik daur ulang. Saat itu, Ketua Apeksi Bima Arya Sugiarto (Walikota Bogor), Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Zulkifli Hasan (Menteri Perdagangan) dan Arif Satria (Kepala Sekolah IPB) menyampaikan apresiasi dan mendorong kami untuk terus melakukan jadi kembangkan dengan baik. Ini suatu kehormatan bagi kami perwakilan dari Kota Prabumulih,” kata Doni.

Pada hari Sabtu, 27 Agustus 2022, kami di Wisata Punti Kayu juga menghadiri Upacara Penghargaan Lingkungan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sebagai bagian dari Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022. Gubernur Provinsi Sumatera Selatan – Herman Deru beserta Kepala Daerah beserta jajarannya hadir di Kantor Kota/Kabupaten Se-Sumatera Selatan.

Hadir dalam acara ini Walikota Prabumulih beserta jajarannya khususnya Dinas Lingkungan Hidup dan kami dibantu oleh stand yang mewakili Kota Prabumulih. Stand kami berbeda dengan stand eksisting dari kota/kabupaten lain, kami hadir dengan produk kreatif dari Dalang berupa produk jadi dari program daur ulang plastik yaitu bangku dan meja.

Usai acara, Gubernur Sumsel berkeliling ke seluruh stand lingkungan yang mewakili pemerintah kota/pemerintah di seluruh Sumsel. Dan suatu kebanggaan bagi kami Gubernur Herman Deru masuk ke booth kami dan menikmati duduk di bangku produk kreatif Dalang. Disana kami diminta untuk menjelaskan produk kreatif bangku dan meja dari daur ulang sampah plastik Dalang, kami juga menjelaskan produk bangku dan meja dari awal, semua bahan baku dari sampah plastik yang belum di daur ulang dan sekarang bisa dijadikan sisa. bahan, dan produk So Dalang berupa papan dan balok, yang kemudian diolah lebih lanjut menjadi produk kreatif berupa meja dan bangku.

Gubernur Herman Deru sangat antusias dan sangat puas dengan produk kreatif Dalang. Herman Deru juga mengajak jajarannya untuk membeli semua produk Dalang langsung dari booth kami, dan Herman Deru adalah gubernur pertama di Indonesia yang membeli produk daur ulang sampah plastik, tutup Doni dengan no. Kami juga berfoto dengan Gubernur Herman Deru. (AG, penerbit [email protected]).

Source: suaraindependentnews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button