Setelah 20 tahun, Yogya kembali menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum - WisataHits
Yogyakarta

Setelah 20 tahun, Yogya kembali menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum

TEMPO.CO, Yogyakarta – Acara Forum Pariwisata Internasional, Forum Pariwisata ASEAN (ATF) 2023 akan kembali dipusatkan di Yogyakarta. Ini mengikuti pilihan Indonesia untuk menjadi tuan rumah acara, yang semula dijadwalkan pada Januari 2023.

“Ini kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah forum, juga untuk Yogyakarta, kedua kalinya sebagai wakil Indonesia sebagai tuan rumah setelah yang pertama diadakan 20 tahun lalu tepatnya pada tahun 2002,” kata Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta. Singgih Raharjo, Selasa 23 Agustus 2022.

Forum ini dipandang sebagai pemicu yang efektif bagi pariwisata internasional setelah dilanda pandemi Covid-19 yang menghambat turis asing masuk ke Yogyakarta selama dua tahun terakhir. Selain itu, para pembuat kebijakan dan pemangku kepentingan industri pariwisata dari puluhan negara turut serta dalam forum ini. “Akan ada 10 negara anggota ASEAN, bersama Jepang, Korea, dan China,” kata Singgih.

Mengenai agenda utama forum di Yogyakarta, lanjut Singgih, ada dua kegiatan utama. Pertama, pertemuan para menteri pariwisata peserta ATF 2023, dan kedua, pameran industri pariwisata internasional yang disematkan dalam acara Travel Expo.

“Untuk pertemuan tingkat menteri akan dilaksanakan di salah satu hotel bintang lima, sedangkan Travel Expo akan dilaksanakan di Jogja Expo Center,” kata Singgih.

Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur DI Yogyakarta, bertemu dengan Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani di Yogyakarta awal pekan ini dan membahas serangkaian persiapan menjadi tuan rumah forum internasional. Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan persiapan penyelenggaraan forum pariwisata internasional harus dilakukan dengan matang karena momentum tersebut diharapkan dapat menambah nilai pariwisata di Indonesia, khususnya Yogyakarta.

Salah satunya dengan mempersiapkan para pelaku industri serta usaha mikro, kecil, dan menengah di Yogyakarta untuk tampil di acara travel fair yang berlangsung. “Yogyakarta sangat bersedia menjadi tuan rumah forum tersebut, apalagi dengan infrastruktur yang diperlukan,” kata Aji.

WICKSONO PRIBADI

Baca Juga: Di ATF 2020, Transaksi Pariwisata Indonesia Capai Rp 65,9 Miliar

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita Tempo.co terbaru dan berita unggulan di saluran Tempo.co Update Telegram. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button