Serunya jalan-jalan bareng orang asing, pernahkah kamu mencobanya? halaman semua - WisataHits
Yogyakarta

Serunya jalan-jalan bareng orang asing, pernahkah kamu mencobanya? halaman semua

MEDAN, KOMPAS.com – Bepergian dengan orang asing ternyata menjadi pengalaman yang sepenuhnya unik.

Selain memiliki teman dalam perjalanan, kita dapat bertukar pikiran dengan orang-orang dari budaya lain dan mendapatkan perspektif baru.

Baca Juga: HUT RI ke-77, TikTok Ajak 4 Kreator Promosi Pariwisata Indonesia Selama 77 Jam

Fily Adhyatma Rusli (26), a pemberi pengaruh aktif mendorong kegiatan solo Bepergian.

“Saya saat ini berkonsentrasi untuk memulai karir saya sebagai Influencer Perjalanan di media sosial, jadi saya sering berbagi pengalaman dan tips BepergianKata Firly saat ditemui TikTok di Medan, Rabu (10/8/2022) di sela-sela #SerunyaIndonesia Trip Explore.

Awalnya, Firlly lebih suka bertualang sendiri, tapi lama kelamaan dia mulai merasa kesepian. Itu pertama kalinya dia sering menyapa orang asing alias orang asing selama perjalanan.

“Mungkin aku terlambat bepergian sendiri. Jadi, pertarungandia kesepian Itu sebabnya saya melakukannya setiap kali saya bepergian Tertarik (tertarik) sangat senang bergabung orang asing. Jika saya butuh teman saya pasti akan menyapa (orang asing)kata Firli.

Baca Juga: Jangan Lakukan 8 Hal Ini Saat Bepergian Sendirian

Berdasarkan pengalaman tersebut, pria kelahiran 1996 ini menggagas konsep Traveling with Strangers (TWS). Ide ini kemudian menjadi salah satu kepingan konten yang ia “jual” di akun media sosialnya.

Konsep bepergian dengan orang asing kemudian menjadi lebih luas setelah netizen berulang kali mengungkapkan keinginan mereka untuk pergi Bepergian dengan fil.

Firlly (kanan bawah) berpose bersama Travel with Strangers Perjalanan Travel BuddiesDERMAGA. PERSONAL/FIRLY ADHYATMA RUSLI Firly (kanan bawah) berpose bersama teman-teman Travel with Strangers-nya

Namun, perlu dicatat bahwa konsep TWS tidak menyenangkan perjalanan terbuka seperti yang biasa dilakukan oleh biro perjalanan yang memiliki jadwal keberangkatan, kegiatan di destinasi wisata hingga jadwal kepulangan.

Baca juga: 10 Dokumen Penting yang Harus Kamu Bawa Saat Berlibur ke Luar Negeri

“Saya hanya orang biasa yang tiba-tiba mendapat banyak komentar ingin bergabung Bepergian. Lalu saya kira baru ketemu di tempat tujuan, jangan khawatir sudah selesai,” jelas Firlly.

TWS kini menarik perhatian netizen. Akun media sosialnya sudah memiliki ribuan pengikut yang rela “bertarung” dengan Firlly dan warga asing lainnya terkait jadwal keberangkatan.

Baca Juga: 7 Hal yang Harus Dibawa Saat Berwisata di Musim Hujan

Kegiatan sebulan sekali ini telah dilakukan sebanyak 16 kali dengan tujuan yang berbeda-beda.

“Pada trip rombongan ke-16, TWS membawa kembali kenangan di kawasan Bangka Belitung bersama puluhan peserta,” kata Firly.

Kreator konten Firly Adhyatma Rusli berpose di sela-sela acara eksplorasi #SerunyaIndonesia di Parapat, Sumatera Utara, Rabu (10/8/2022).  Fily adalah pencetus konsep traveling dengan orang asing di media sosialnya.KOMPAS.com/MUTIARA BERTHA Content creator Firly Adhyatma Rusli berpose di sela-sela acara eksplorasi #SerunyaIndonesia di Parapat, Sumatera Utara, Rabu (10/8/2022). Fily adalah pencetus konsep traveling dengan orang asing di media sosialnya.

Filly saat ini menjalankan TWS dengan rekan-rekannya Influencer Perjalanan dikenal dengan akun media sosialnya @onihoironi.

Firlly mengatakan kegiatan TWS ini menjadi menarik karena ada sesi curhat yang akan diikuti oleh peserta.

Baca Juga: 17 Tempat Wisata di Bandung Selatan, Bisa Berkemah di Alam Terbuka

Menurutnya, kegiatan percakapan yang lebih dalam ini bisa menjadi salah satu cara untuk meringankan beban di pundak peserta dan mengisi kekosongan yang menyebabkan perasaan kesepian.

Buka ilmunya

Menurut Firly, TWS membantunya memperluas wawasan dan perspektifnya. Karena kita akan memilikipemandangan helikopter” tentang keputusan seseorang tentang berbagai topik pembicaraan.

“Idenya ada polisi dan maling, pasti orang akan melakukannyaHakim pencuri, kan? Tapi aku mendengar dari pihak pencuri. Saya tidak membenarkan (alasannya) tapi setidaknya saya tahu alasannya (mengambil keputusan),” jelas Firlly.

Baca Juga: 10 Aktivitas Wisata di Scientia Square Park Tangerang, Lihat Alpacas

Firly juga membagikan tips traveling bersama orang asing.

Menurutnya, peserta harus sadar bahwa memiliki frekuensi yang berbeda dalam percakapan dengan orang asing adalah hal yang wajar.

Jadi tidak perlu selalu memaksakan diri untuk menyatu dengan pembicaraan. Secara umum, kita tidak perlu memaksakan diri untuk bergaul dengan orang asing yang bepergian dengan kita.

“Tidak perlu berharap: jika Anda mengenal diri sendiri, Anda harus menjadibinatang buas Itu. Jadi diri sendiri saja. Kalau nggak mau ngomong ya nggak usah ngomong,” kata Firlly.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata Dekat Malioboro Yogyakarta untuk Liburan Murah

Untuk konten yang dibuat Firly di akun media sosialnya, TikTok berkolaborasi dengannya dalam kampanye Explore #SerunnyaIndonesia yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Tiket.com, untuk menjelajahi 77 destinasi wisata di India untuk menjelajah Indonesia.

Kampanye ini adalah kampanye hiperlokal yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus untuk merayakan hari jadi Republik Indonesia yang ke-77.

Ada tiga kreator lain yang turut memeriahkan kampanye ini antara lain Canny Claudia (@cannyclau), Melani Amelia (@namakuamel_racosta) dan Nanda Setya Pratama Juanda (@itingsmeburan).

Fily dan kawan-kawan kemudian dibagi menjadi empat kelompok roaming. Setiap kelompok akan melakukan penjelajahan selama 10 hari.

Baca juga: 7 Wisata Salatiga, Ada Tempat Liburan dengan Pemandangan Alam

Kelompok pertama mulai menjelajah kota Aceh dan berakhir di Pontianak, kelompok kedua dimulai di Samarinda dan berakhir di Yogyakarta, kelompok ketiga dimulai di Manado dan berakhir di Ambon.

Rombongan keempat mulai menjelajah Merauke dan berakhir di Bali.

Setelah 10 hari penjelajahan berakhir, keempat kelompok akan berkumpul kembali untuk merayakan #SerunyaIndonesia Festival di Jakarta.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terbaru setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button