Serangkaian acara besar di Kota Solo mendorong belanja di pedalaman - WisataHits
Jawa Tengah

Serangkaian acara besar di Kota Solo mendorong belanja di pedalaman

RADARSOLO.ID – Rangkaian acara di kota Solo yang dihadiri banyak orang ini dinilai sangat positif efek pengganda disebabkan. Mendorong belanja domestik di kota Solo dan sekitarnya. Bayangkan berapa rupiah yang dihabiskan di Kota Bengawan. Tamu membayar hotel, transportasi, dan makanan yang mereka konsumsi. Jangan lupa Anda juga bisa membeli batik dan kerajinan tangan sebagai oleh-oleh.

“Operator ekonomi pariwisata akan berpikir kreatif dan mencoba menawarkan kepada tamu produk atau jasa apa yang bisa dijual,” kata Suryanto, Pengamat Ekonomi Universitas Sebelas Maret (UNS), kemarin (12/11).

Besar kemungkinan para tour operator di kota Solo dan sekitarnya siap menawarkan paket-paket wisata yang menarik. Termasuk jamuan kuliner spesial.

“Berbicara tentang kontribusi terhadap ekonomi, seri acara Termasuk dalam bidang akomodasi, penyediaan makanan dan minuman. Kontribusi sektor ini sangat menjanjikan bagi pembangunan di Kota Solo. Pada periode 2021 menyumbang 4,72 persen. Jumlah ini turun dari tahun 2019 atau sebelum pandemi Covid-19 yang mampu berkontribusi 5,46 persen,” jelasnya.

acara Pariwisata berkelanjutan juga membantu mengurangi pengangguran, meskipun bersifat sementara. Para pekerja biasanya disebut sebagai relawan atau relawan mendapat manfaat dari kegiatan yang dilakukan.

Beberapa kegiatan relawan B. pendampingan undangan kongres untuk mendukung informasi bagi peserta kongres.

pemeliharaan acara tentu juga menanggung konsekuensi biaya tidak langsung. Dimana biaya tidak langsung tersebut seringkali “terlupakan” karena tertutup oleh euforia acara.

Biaya tidak langsung ini meliputi biaya keselamatan, biaya darurat dan juga biaya limbah. Tidak dapat dipungkiri bahwa penyelenggaraan acara yang melibatkan massa dapat menciptakan celah keamanan. Demikian juga dengan risiko kesehatan yang muncul karena setiap peserta memiliki kerentanan kesehatannya masing-masing.

Setiap keuntungan dan biaya yang dihasilkan harus diperhitungkan dengan cermat oleh Pemerintah Kota Surakarta dan sekitarnya. (ya/wa)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button