Sentul Culture Park, tempat rekreasi keluarga favorit di Bogor - WisataHits
wisatahits

Sentul Culture Park, tempat rekreasi keluarga favorit di Bogor

taman budaya salah satu tempat wisata populer di Sentul, Babakan Madang, wilayah Bogor. Sebuah taman hutan dengan berbagai wahana yang menarik dan didukung dengan fasilitas yang lengkap.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Siliwangi No.1, Sumur Batu, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Tempat wisata rekreasi di kawasan Bogor ramai dikunjungi wisatawan terutama pada hari Minggu atau hari libur. Dengan banyaknya wahana yang ditawarkan, baik anak-anak maupun orang dewasa dapat mencoba salah satu permainan Sentul Culture Park.

Lokasinya yang berada di pusat kota akan memudahkan wisatawan untuk menemukan tempat yang kaya akan permainan ini.Selain pengunjung lokal, tidak jarang wisatawan dari luar daerah sering memilih tempat wisata ini untuk menghabiskan liburannya.

Tidak hanya wahana yang lengkap, fasilitas yang tersedia di taman bermain ini juga berkelas dunia. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini bersama keluarga, berikut informasi mengenai taman bermain di Jawa Barat.

Atraksi Sentul Culture Park

Atraksi Sentul Culture ParkKredit gambar: Twitter Residence Adhara

1. Tur Kuda Edukasi

Selain digunakan untuk menghabiskan liburan mencoba berbagai permainan, Sentul Culture Park juga digunakan sebagai tempat wisata edukasi. Banyak dari mereka ditujukan untuk anak-anak dari usia bayi.

Ada wisata berkuda edukatif, anak-anak pasti suka naik kuda mini ini. Ada kuda poni yang tersedia dalam berbagai warna, mulai dari coklat, putih hingga hitam, yang bisa dipilih sesuai selera dan keinginan.

Anak-anak akan diajak mengunjungi lahan yang disediakan oleh penanggung jawab dan mengagumi keindahan pemandangan Gunung Pancar. Namun sebelum menaiki kuda poni, perlengkapan keselamatan seperti helm dan sepatu wajib dikenakan.

Tidak hanya akan mendapatkan pengalaman baru mengendarai kuda poni ini, tetapi juga anak-anak akan dilatih mental dan keberaniannya. Responsif si kecil akan terlihat pada kuda poni. Lalu apakah dia takut naik kuda poni, atau tidak.

2. Ikut serta dalam pelatihan tentara Indonesia

Kunjungan edukatif lainnya ke Sentul Culture Park adalah semacam simulasi pelatihan bagi anggota TNI. Perjalanan yang diselenggarakan ini khusus untuk anak-anak di atas 5 tahun, dengan harga tertentu dan fasilitas yang memadai.

Bermain sambil belajar dilakukan dengan berbagai kegiatan layaknya anggota TNI di lapangan. Mulai dari camping outdoor, aktivitas fisik, hingga pembentukan karakter prajurit yang terkenal disiplin, akan dilakukan sehari penuh.

Uniknya lagi, para peserta wisatawan anak ini akan diberikan pakaian cadangan bermotif garis-garis seperti milik anggota TNI. Sehingga saat dikenakan dalam berbagai kegiatan latihan, anak-anak merasa lebih senang dan bersemangat.

Setelah berhasil menyelesaikan misi pelatihan satu hari, peserta akan menerima medali dengan nama masing-masing peserta terukir. Medali ini akan diberikan langsung oleh salah satu anggota TNI yang mengikuti pelatihan tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi taman budaya

Alamat taman budayaKredit gambar: Google Maps untuk perjalanan

Tempat rekreasi ini terletak di Bogor tepatnya di Jalan Siliwangi di kawasan Sumur Batu. Lokasinya yang dekat dengan salah satu jalan yang menghubungkan kawasan tersebut, sehingga memudahkan wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menemukannya.

Rute yang akan Anda tempuh jika memulai dari ibu kota adalah melalui jalan tol Jagorawi. Kemudian, setelah berhasil melintasi jalan raya, kendaraan Anda harus keluar melalui pintu keluar Sentul Selatan.

Beberapa menit dari pintu keluar tol, Anda akan menemukan lokasi taman bermain dengan latar belakang Gunung Pancar. Cukup mudah bukan? Bagi wisatawan dari luar daerah yang menggunakan kendaraan pribadi, jalur ini juga akan ditempuh.

Namun, bagi wisatawan yang berangkat dengan kendaraan umum seperti kereta api, Stasiun Bogor adalah tempat yang paling dekat untuk turun dari tempat wisata. Kemudian Anda dapat melanjutkan perjalanan berikutnya menggunakan transportasi umum.

Dengan tujuan pertama Botani Square yang merupakan lokasi di dekat Sungai Ciparigi di wilayah Bogor. Kemudian perjalanan akan dilanjutkan kembali berganti angkot menuju kawasan Sentul Hill.

Tiket Masuk Sentul Culture Park

Tiket Sentul Culture ParkKredit gambar: Editor Google Maps Depok

Wisatawan yang berkunjung ke Sentul Culture Park ini tidak dikenakan biaya khusus untuk membeli tiket masuk. Hanya saja jika ingin mencoba beberapa wahana bermain tersebut harus membayar biaya tersendiri.

Namun jika Anda hanya sekedar jalan-jalan di sekitar taman, maka tentunya Anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam. Anda bisa liburan gratis jalan-jalan di sekitar taman atau menikmati kuliner yang tersedia di sana.

Kegiatan menyenangkan untuk dilakukan di taman budaya

Aktivitas Seru di Taman BudayaKredit gambar: Facebook Media Indonesia

1. Mainkan di zona keluar

Bermain di wahana exit yang ada di kawasan Sentul Culture Park memang menjadi salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan. Taman bermain outdoor dengan pemandangan gunung langsung terlihat sejuk dan asri karena warnanya yang hijau.

Wahana seperti flying fox, jembatan gantung, permainan dengan rintangan rumit lainnya dapat Anda temukan dengan mudah di sudut. Sambil bermain, wisatawan akan melihat panorama pegunungan yang ditumbuhi banyak pepohonan.

Gunung Pancar dan Gunung Salak yang menjadi latar tempat bermain ini, akan menghadirkan suasana outdoor yang lebih sejuk. Udara yang Anda hirup juga lebih sejuk karena belum tercampur dengan banyaknya polusi dari asap kendaraan bermotor.

Dengan bermain di area terbuka, Anda juga mendapatkan banyak keuntungan lain dari bermain di area terbuka ini. Salah satunya adalah kulit Anda yang terkena sinar matahari langsung yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda.

Saat melakukan aktivitas ini, ingatlah untuk menggunakan obat nyamuk terlebih dahulu. Karena untuk menghindari gigitan nyamuk DBD yang hidup di kawasan hutan dekat Sentul Culture Park.

2. Trekking dengan pemandangan yang indah

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di taman bermain yang indah ini adalah tracking, yaitu menjelajah dengan berjalan kaki di sepanjang jalan setapak. Jika Anda memilih kegiatan ini untuk mengisi waktu liburan Anda, persiapkan terlebih dahulu kebutuhan berikut.

Yang pertama adalah persiapan fisik, hal ini menjadi modal utama agar kegiatan pramuka kalian berjalan dengan lancar. Kondisi fisik yang prima, yakni bugar, akan berpengaruh baik saat Anda melakukan aktivitas lanjutan ini.

Kemudian ada persiapan beberapa kebutuhan pokok seperti makanan atau minuman. Pilih makanan instan atau minuman yang mudah dikonsumsi saat melacak aktivitas. Selain itu, kemasannya juga mudah disimpan dalam tas kecil.

Setelah kedua persiapan selesai, kini saatnya Anda mengikuti kawasan sekitar Sentul Culture Park. Lintasan yang akan Anda lintasi berupa hutan, perbukitan dengan kondisi tanah yang sedikit landai, dan juga bantaran sungai.

Dengan rute perjalanan terbuka yang sulit diprediksi, kejadian tak terduga sering terjadi pada turis yang mengikuti. Misalnya bertemu dengan binatang buas yang sedang mencari makan atau cuaca yang tiba-tiba menjadi kurang bersahabat.

Jika ingin merasakan sensasi menjelajah alam bebas di taman bermain ini, siapkan biaya sekitar Rp 350.000 per paket. Dengan salah satu fasilitas berupa pendampingan oleh instruktur ahli.

3. Cobalah permainan yang menyenangkan

Aktivitas di Taman BudayaKredit Gambar: Facebook Honda Jakarta Center

Fun games adalah area beberapa wahana yang diperuntukan untuk orang dewasa. Game yang penuh rintangan ini akan membuat adrenalin Anda naik turun. Tak jarang wisatawan pun dibuat penasaran dengan permainan yang penuh rintangan ini.

Paintball merupakan salah satu permainan yang termasuk dalam Sentul Culture Park Fun Games. Permainan bertema menembak ini dilakukan secara berkelompok. Lokasi yang digunakan juga didesain seolah-olah berada di medan perang.

Dengan beberapa dinding yang berfungsi untuk menyembunyikan para peserta, serta tong-tong minyak atau kantong berisi pasir yang dapat menutupi tempat persembunyian tersebut. Pertandingan ini akan semakin seru jika kedua kelompok saling menyerang secara brutal.

Selama permainan paintball, peserta akan dilindungi oleh rompi anti peluru karet busa tebal. Jangan lupa kacamata transparan untuk mencegah cedera mata jika peluru tidak sengaja ditembakkan ke kepala lawan.

Ada banyak permainan lain dalam permainan menyenangkan ini. Kegiatan ini bisa Anda lakukan bersama teman atau keluarga, agar suasana menjadi lebih seru dan tidak membosankan.

Fasilitas yang tersedia di Sentul Cultural Park, Bogor

Fasilitas Taman Budaya SentulKredit gambar: Google Maps Yuli Sukmawati

Berbicara mengenai fasilitas yang ada di Sentul Culture Park, bisa dikatakan lengkap bahkan ada yang berstandar internasional. Karena termasuk dalam salah satu taman bermain terbesar di wilayah Jawa Barat, fasilitas gedung juga menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Taman bermain yang memiliki luas total 6 hektar ini menawarkan beberapa toilet yang bisa digunakan oleh wisatawan. Toilet ini memiliki ruangan yang cukup bersih, dengan pengharum ruangan dan petugas kebersihan yang rutin membersihkan ruangan ini.

Ada juga mushola untuk wisatawan muslim. Tempat salat ini dilengkapi dengan AC, di mana orang yang salat di tempat ini tidak akan merasa kepanasan.

Wisatawan juga dapat mencicipi beberapa menu yang disajikan oleh restoran atau kafe yang berada di taman bermain. Minuman panas juga bisa memesan berbagai jenis minuman panas, karena suasana Bogor terkenal dengan perbukitannya yang sejuk.

Fasilitas lain seperti toko suvenir juga tersedia bagi wisatawan untuk membeli oleh-oleh untuk orang tersayang di kampung halaman. Berbagai macam oleh-oleh bisa Anda temukan di toko ini, mulai dari hiasan rumah, pernak-pernik dapur hingga boneka dengan bentuk yang lucu-lucu.

Demikian informasi mengenai Sentul Culture Park yang menjadi favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Jika Anda ingin mencoba beberapa wahana taman hiburan, persiapkan diri Anda secara fisik dan mental untuk mencoba semua permainan tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button