Sensasi makanan olahan Lombok Ijo di desa Mlur, Sukoharjo - WisataHits
Jawa Tengah

Sensasi makanan olahan Lombok Ijo di desa Mlur, Sukoharjo

SUKOHARJO – Kunjungan ke Sukoharjo tidak lengkap tanpa mencicipi makanan olahan khas Lombok yang hijau. Warung makan ini terletak di tengah desa di Kampung Jati Kembaran, Desa Mulur, Kecamatan Bendosari.

Menu warung makan Aris Yuwono, 50, tidak pernah sepi pembeli. Menunya sederhana seperti warung makan ayam dan bebek goreng lainnya. Ada ayam, bebek, udang, lele, bandeng, lele dan lain-lain. Aris sudah berjualan sembako sejak tahun 2010.

“Buka setiap hari kecuali hari Jum’at atau ketika orang-orang di desa sedang berlibur,” kata Aris Jawa Pos Radar Solokemarin (21/10).

Resep spesialnya adalah Ikan Bandeng. Menu ini enak sebagai hidangan sederhana. Rasa pedas dari cabai hijau dan kuahnya yang segar menambah gurihnya rasa bandeng. Jadi sangat kejam.

“Kami menggunakan bandeng segar. Goreng dulu. Kemudian dimasak dengan bumbu cabai hijau,” kata Aris.

Hampir semua masakan yang disajikan bisa dipesan dengan bumbu cabai hijau. Baik ayam, bebek, cumi, udang dan lain-lain. Resep bumbu cabai hijau jarang ada di Sukoharjo.

“Saya 3 tahun yang lalu, pertama saya hanya mencoba. Tapi kemudian banyak yang menyukainya. Hingga menjadi makanan favorit,” ujarnya.

Selain bandeng, hal lain yang menjadi sajian favorit saat dibumbui dengan cabai hijau adalah ceker atau kaki bebek. Rasa kaki bebek yang gurih berpadu dengan sambal hijau yang segar dan pedas akan membuat lidah Anda tidak keluyuran. Bahkan, Anda bisa meminta lebih.

“Satu porsi harganya sekitar 21.000 rupee. Ada banyak pilihan menunya,” ujarnya.

Dwi Anggoro, 40, salah satu pelanggan mengaku ketagihan mampir ke toko tersebut. Terutama saat makan siang. “Kuahnya yang bening bikin segar saat disantap di siang hari. Apalagi pilihan menunya banyak. Hal favorit saya adalah bandeng, ”katanya. (kwl/adi)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button