Senang! Desa di Banyumas Ini Raih Predikat Desa Wisata Terbaik di Jawa Tengah 2022 - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Senang! Desa di Banyumas Ini Raih Predikat Desa Wisata Terbaik di Jawa Tengah 2022 – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Atraksi budaya digelar sebagai puncak acara Desa Wisata Jawa Tengah 2022 di Kabupaten Magelang pada Sabtu (26/11/2022). (Instagram @disporaparjateng)

Solopos.com, MAGELANG Desa Wisata Pekunden di Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik di Jawa Tengah (Jateng) dalam ajang Gelar Desa Wisata Jateng 2022.

Dikutip dari akun Instagram Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, @disporaparjateng, Sabtu (26/11/2022), Desa Wisata Pekunden menempati posisi pertama. Juara kedua ditempati oleh Desa Wisata Muncar dari Kabupaten Semarang dan juara ketiga ditempati oleh Desa Wisata Sambongrejo dari Blora.

Promosi Angkringan Omah Semar Solo: Tempat nongkrong unik punya menu Wedang Jokowi

Sementara itu, Desa Wisata Klaten Sidowarno juara 1, Desa Dawuhan Kabupaten Banjarnegara juara 2, dan Desa Somongsari Purworejo juara 3.

Pada kategori Desa Wisata dengan paket wisata terbaik di Jawa Tengah, Desa Wisata Kandri Kota Semarang menjadi juara. Sedangkan posisi kedua ditempati oleh Desa Wisata Giyanti Wonosobo.

Desa Wisata Conto di Wonogiri meraih juara ketiga sebagai Desa Wisata dengan Paket Wisata Terbaik di Jawa Tengah.

Baca Juga: Nominasi 10 Desa Wisata Terbaik di Jateng 2022, Dua dari Soloraya

Gelaran Desa Wisata Jateng 2022 sebelumnya telah dikunjungi oleh 27 desa wisata di Jateng. Dari 27 desa wisata tersebut, terpilih 10 besar desa wisata sebagai pemenang dalam acara Puncak Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022 di Gerbang Gajah, Desa Wisata Kembanglimus, Kabupaten Magelang, Sabtu (26/11/2022).

Ke-10 desa wisata tersebut diminta untuk mempresentasikan produk terbaiknya dalam sebuah acara acara Pameran. Selama pameran, para juri akan menentukan pemenangnya. Ada beberapa kategori yang dipilih panitia mulai dari Paket Wisata, Atraksi Seni Budaya, Sapta Pesona, CHSE (Kebersihan, Kesehatan, Keamanan dan Kelestarian Lingkungan) hingga Homestay dan Toilet Bersih.

Mengutip dari halaman jadresta.kemenparekraf.go.id, Desa Pekunden di Banyumas merupakan sebuah desa di lereng selatan Gunung Slamet dan di tepi Sungai Serayu. Desa ini dikenal sebagai tempat wisata berupa kebun buah naga.

Baca juga: Selamat! Desa ini bertujuan untuk menjadi desa wisata terbaik di Jawa Tengah

Wisatawan yang datang ke Desa Pekunden di Banyumas disuguhi informasi tentang budidaya buah naga dan bisa memetik buah naga langsung di kebun seluas 1 hektar.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button