Semua Persimpangan Kota Yogyakarta akan dilengkapi dengan ATCS, lihat fitur-fiturnya - WisataHits
Yogyakarta

Semua Persimpangan Kota Yogyakarta akan dilengkapi dengan ATCS, lihat fitur-fiturnya

TEMPO.CO, Yogyakarta – Pemerintah Kota Yogyakarta ingin melengkapi semua simpang dengan lampu lalu lintas atau sistem sinyal lalu lintas (APILL) dengan Area Traffic Control System (ATCS).

ATCS adalah sistem pengaturan lalu lintas berbasis teknologi informasi di suatu kawasan dengan mengoptimalkan dan mengkoordinasikan pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan

Simpang APILL dengan sistem ATCS dinilai efektif karena memudahkan pengendalian manajemen lalu lintas di Kota Yogyakarta di tengah keterbatasan jumlah petugas.

“Kota Yogyakarta hanya memiliki luas sekitar 32 meter persegi dan merupakan kota cagar budaya, sehingga sulit untuk mengembangkan infrastruktur transportasi,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya, Kamis. 1 September 2022.

Aman mengungkapkan, setidaknya ada 58 titik perlintasan yang dilengkapi lampu APILL di Kota Yogyakarta, bahkan 32 perlintasan dilengkapi ATCS.

“Hingga saat ini masih ada beberapa penyeberangan yang tidak bisa dikendalikan ATCS, kita perlu menambah jumlah penyeberangan yang perlu dilengkapi ATCS,” ujarnya.

Bahkan, Aman memperkirakan efektivitas pengelolaan lalu lintas ATCS di Kota Yogyakarta sangat efektif dalam mendukung pengaturan lalu lintas.

“Dalam tiga tahun ke depan atau 2025, kami menargetkan semua simpang dengan lampu APILL di Kota Yogyakarta dapat terhubung ke sistem ATCS dengan anggaran yang telah dialokasikan,” katanya.

Pengadaan ATCS dengan kondisi lengkap termasuk kamera, Intelligent Transportation System (ITS) dan Variable Message Signs (VMS) membutuhkan anggaran sekitar Rp 400 juta.

Sekretaris Dinas Lalu Lintas Kota Yogyakarta Golkari Made Yulianto mengatakan lampu APILL yang terhubung dengan ATCS memudahkan pengawasan dan pengaturan lalu lintas di sekitar simpang. Seperti mengatur durasi lampu.

“Pada simpang APILL yang tidak terkoneksi dengan ATCS, petugas perlu datang ke lokasi untuk mengatur durasi lampu, sehingga sistem ATCS efektif membantu mengatur lalu lintas karena jumlah petugas tidak mencukupi”, ujarnya.

Misalnya, jika ada antrian panjang di jalan, petugas dapat menggunakan sistem ATCS untuk memutus antrian dengan meningkatkan durasi lampu hijau dari operator secara cepat.

WICKSONO PRIBADI

Baca Juga: Kemacetan Lalu Lintas Jakarta 48 Persen, Polda Metro: Nyesel Banget

Apakah Anda ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Ayo gabung di grup Telegram GoOto

Source: otomotif.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button