Semarak, Ratusan Penari Buka Indonesia Speaking 2022 - KRJOGYA - WisataHits
Yogyakarta

Semarak, Ratusan Penari Buka Indonesia Speaking 2022 – KRJOGYA

MAGELANG, KRJOGJA.com – Perhelatan akbar kesenian “Indonesian Bertutur 2022” dibuka secara resmi oleh Sutradara Film, Musik dan Media Ahmad Mahendra dan Direktur Artistik Bahasa Indonesia 2022 Melati Suryo Dharmo dengan upacara air ritual di Tempuran Kali Progo. dilanjutkan dengan kunjungan ke pameran di museum. , Rabu (9/7/2022). Sore harinya, sekitar 300 penari dari berbagai daerah menghadiri acara di hari pertama dan disambut antusias oleh masyarakat.

Di sela-sela pembukaan, Melati Suryo Dharmo menjelaskan kepada media bahwa festival ini meliputi empat ruang seni di sekitar Candi Borobudur, yaitu Virama (Panggung Senja dan Kawasan Kuliner), Anarta (Panggung Lumbini), Kiranamaya (Pemasangan Festival Cahaya dan Panggung Aksobya). ). ). , Layarambha (Festival Film Tari), Visaraloka (Extended Media Exhibition) dan dipusatkan di pelataran bawah Candi Borobudur.

Sejumlah selebriti Indonesia juga hadir dalam acara pembukaan tersebut, antara lain Laura Basuki yang berperan sebagai ikon bahasa Indonesia, Reza Rahardian dan Happy Salma. Dengan motto “Living the past, grow the future”, melihat kembali warisan budaya dengan wawasan baru, pemikiran baru, tidak hanya sebagai daya tarik wisata tetapi juga sebagai objek pembelajaran.

Laura Basuki bangga menjadi ikon di Indonesia dan wanita cantik ini juga mengungkapkan kegembiraannya karena bisa mengunjungi Kali Progo Artspace untuk pertama kalinya.

“Selama ini pusaka dan cagar budaya hanya dilihat sebagai sejarah, cerita lama yang sudah selesai. Melalui program Bertutur Indonesia menjadi menarik karena mereka mereproduksi dan menceritakan kembali budaya yang dianggap kuno ini, melalui penggunaan teknologi dan media baru, generasi muda lebih mengenal dan menyerap budaya tersebut dan mampu melihat kelanjutan ceritanya. pertahankan,” kata Laura.

Diselenggarakan selama lima hari dari tanggal 7-11 September 2022 di kawasan Candi Borobudur, festival ini menampilkan berbagai kesenian antara lain festival tari kontemporer, instalasi lampu, pameran foto, teater dan pertunjukan musik. Acara ini diikuti oleh 900 pelaku budaya dan 100 karya yang dipamerkan. (KN)

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button