Semar Mbangun Kahyangan dipentaskan di halaman DPRD DIY - WisataHits
Yogyakarta

Semar Mbangun Kahyangan dipentaskan di halaman DPRD DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – DPRD DIY menggelar pagelaran wayang kulit pada Jumat malam (12/02/2022) mulai pukul 20.00 WIB hingga dini hari keesokan harinya di pelataran dalam DPRD DIY. Lakon yang ditampilkan adalah Semar Mbangun Kahyangan dengan dalang Ki Geter Pramuji Widodo.

Baca juga: Mas Menteri Sandiaga berbincang dengan Dalang cilik di Desa Wisata Rejowinangun

Selain sebagai bentuk pelestarian budaya, pagelaran ini juga sebagai upaya untuk memperkuat dan mengobarkan ideologi Pancasila. Pertunjukan ini diharapkan dapat memberikan contoh dan pidato kepada seluruh pendengar tentang bagaimana mengimplementasikan pancasila dengan pendekatan budaya.

Baca juga: Anak dan Remaja Yogyakarta mengenalkan boneka Gathutkaca yang interaktif

“Ini dirancang dengan baik, wayang kulit di pelataran DPRD DIY bisa memperkuat nilai-nilai Pancasila di masyarakat dengan pendekatan budaya. Selain Wayang, ke depan akan ada berbagai kegiatan lain dengan pendekatan budaya,” kata Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto jelang pementasan.

Ia menjelaskan, wayang golek seperti ini belum pernah digelar selama dua tahun pandemi. Tetap ikuti protokol kesehatan, kata Eko.

Lakon “Semar Mbangun Kahyangan” menceritakan tentang nilai-nilai kepemimpinan. Salah satunya tentang pemimpin yang mendengarkan aspirasi masyarakat.

Eko Suwanto juga menyampaikan harapannya dengan diadakannya pagelaran wayang kulit ini tidak hanya menjadi tontonan masyarakat, tetapi juga dapat memberikan tuntunan dan sambutan yang baik bagi masyarakat DIY. (Gua)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button