Semakin moncer, kemiskinan semakin menurun dan IPM Gunungkidul terus meningkat - WisataHits
Yogyakarta

Semakin moncer, kemiskinan semakin menurun dan IPM Gunungkidul terus meningkat

GUNUNG KIDUL—Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengakui pencapaiannya di tahun 2022 ini seiring dengan berjalannya upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi virus corona.

Kondisi ini juga memiliki implikasi yang signifikan terhadap upaya penanggulangan kemiskinan. Di sisi lain, Indeks Pembangunan Manusia di Gunungkidul juga dapat terus ditingkatkan.

“Terima kasih kepada seluruh OPD dan masyarakat yang telah bergotong royong membangun Gunungkidul,” ujarnya, Rabu (28/12/2022).

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi 5,22% berdampak pada upaya pengentasan kemiskinan. Tahun lalu jumlahnya 17,69, tapi sekarang turun menjadi 15,86.

“Hampir dua persen turun. Kami berkomitmen melakukan penanggulangan, selain itu keberadaan JJLS belum dimanfaatkan, namun berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Keberhasilan lainnya adalah upaya menaikkan Indeks Pembangunan Manusia Bumi Handayani. Posisi saat ini berada di 70,96 poin.

Menurut Sunaryanta, skor ini meningkat signifikan karena kinerja sebelumnya di bawah 70%. “Ini akan terus ditingkatkan. Selain meningkatkan perekonomian, tentunya akan berdampak pada pembangunan Gunungkidul, terutama dalam hal peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Berikut penghargaan yang diterima Gunungkidul tahun 2022

Di tahun 2022 ini, berbagai penghargaan berhasil diraih sebagai bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah bekerja keras meningkatkan kualitas pelayanan dan inovasi di berbagai bidang untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

04 Februari 2022, TOP BUMD AWARDS 2022 RS BINTANG 4 Dari Majalah TOP Business ke RS Wonosari sebagai bentuk pengakuan atas inovasi di bidang kesehatan.

1 Juni 2022, PENGHARGAAN BINTANG 3 dari BPJS Kesehatan kepada RSUD Wonosari kategori Rumah Sakit dengan Konten Informasi Media Sosial Terbaik Tahun 2022.

13 Juni 2022, PENGHARGAAN BPP PRESTASI dari Pusbangbang SDM Pertanian DIY kepada BPP Purwosari sebagai Balai Bimbingan Pertanian Berprestasi Tingkat DIY Tahun 2022 PERINGKAT I.

24 Juni 2022, PENGHARGAAN PENGUMPUL DATA TERBAIK oleh BKKBN DIY kepada layanan PMKP2KB Pendataan Elektronik Terbaik Berbasis Masyarakat untuk Pencatatan dan Pelaporan Gizi Bayi.

6 Juli 2022, PENGHARGAAN AKSI KONVERGENSI STUNTING dari Gubernur DIY sebagai Terbaik I Kinerja Kabupaten. Gunungkidul dalam menerapkan langkah-langkah konvergensi terpadu untuk mengurangi intervensi stunting, dengan indeks A-Score berdasarkan Indikator Web Bangda dan Indikator Nilai Lokal Kinerja dengan skor keseluruhan 207,5.

13 Juli 2022, PERPUSTAKAAN KABUPATEN/KOTA DENGAN STAND PAMERAN TERBAIK oleh DPAD DIY sebagai peserta Kegiatan PLM (Peer Learning Meeting) Provinsi yang Diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI pada tanggal 11-14 Juli 2022 di Hotel Inna Garuda Yogyakarta akan.

29 Juli 2022, KATEGORI RUANG BERMAIN RAMAH ANAK TERBAIK JOGJA CHILD AWARD Oleh Gubernur DIY sebagai pengakuan atas pemenuhan hak anak atas ruang yang aman dan nyaman untuk bermain dan berinteraksi.

16 Agustus 2022 PERINGKAT I ADIWIYATA SEKOLAH TINGKAT DIY TAHUN 2022 Oleh Gubernur DIY sebagai penghargaan terhadap sekolah yang berkomitmen tinggi dalam menjaga keharmonisan lingkungan dalam segala aspek yaitu SMP N 1 SEMANU, SMP N 1 NGAWEN, SDN BENDUNG 2 mendapatkan penghargaan SEMIN, SMAN 1 KARANGMOJO dan SMKN 3 WONOSARI.

17 Agustus 2022, PENGHARGAAN BPP PRESTASI Dari Kementerian Pertanian kepada BPP Purwosari sebagai Balai Bimbingan Pertanian Berprestasi.

8 September 2022, 2022 PENGHARGAAN DILLAGE MANDIRI Oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia memberikan penghargaan Kemadang Kapanewon Desa Tanjungsari untuk mencapai Status Pembangunan Desa sebagai Desa Mandiri pada tahun 2022.

28 September 2022, 2022 PENGHARGAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK Oleh Komisi Informasi Daerah DIY untuk kategori otoritas informasi publik Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dan 23 perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

12 Oktober 2022, PENGHARGAAN PRESTASI LAPORAN WTP Oleh Kementerian Keuangan atas keberhasilan Kabupaten Gunungkidul mendapatkan Laporan WTP selama 7 tahun berturut-turut

26 Oktober 2022, PENGHARGAAN STRATEGI PROMOSI INVESTASI DAERAH LUAR BIASA Penghargaan dalam ajang bergengsi Indonesia Awards 2022 atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menarik investasi terkait percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi.

31 Oktober 2022, 2022 PENGHARGAAN DESA WISATA INDONESIA Oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif kepada Desa Wisata Tepus, Juara 2 Kategori Souvernir pada Penghargaan Desa Wisata Indonesia 2022

09 November 2022, PENGHARGAAN TOTAL SANITASI BERBASIS MASYARAKAT BERKELANJUTAN Oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia atas keberhasilan menggerakkan masyarakat untuk mempertahankan layanan sanitasi berbasis masyarakat yang berkelanjutan di tahun 2022

14 November 2022, PENGHARGAAN TERBAIK KE-3 DALAM PENGHARGAAN SIKP 2022 Diberikan oleh Kanwil Ditjen Keuangan DJPB Provinsi DIY Kementerian Keuangan RI selaku Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sebagai Pemda Terbaik ke-3 SIKP Tahun 2022.

21 November 2022, BEST TP2DD REGION III UNTUK WILAYAH JAWA – BALI Oleh Kemenko Perekonomian RI untuk Pemerintah Gunungkidul Keberhasilan Pemerintah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah melalui elektronifikasi transaksi pemerintah daerah di tahun 2022.

24 November 2022, PENGHARGAAN PLATINUM UNTUK PENANGANAN STUNTING Oleh Indonesia Healthcare Forum for Innovation in Percepatan Penanganan Stunting.

25 November 2022, MERITROCRATIC AWARD dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) atas keberhasilan penerapan sistem MERIT dalam manajemen ASN

25 November 2022, PENGHARGAAN BHUMANDALA, PENGHARGAAN JARINGAN INFORMASI GEOSPASIAL VOID BHUMANDALA 2022 Oleh Badan Informasi Geospasial atas capaian dalam pengembangan simpul jaringan dan peningkatan pemanfaatan data geospasial yang inspiratif untuk mendukung implementasi kebijakan Satu Peta dan pembangunan berkelanjutan.

25 November 2022, PUSAT INFORMASI SAHABAT ANAK (PISA) 2022 Oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI kepada Perpustakaan Daksinarga sebagai Perpustakaan Berstandar PISA 2022 dengan penilaian PRATAMA

05 Desember 2022 KRITERIA PEDULI HAM KABUPATEN/KOTA Oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mencanangkan sebagai Kabupaten/Kota Peduli HAM Tahun 2021.

6 Desember 2022 PENGHARGAAN PENYEDIA LAYANAN PRIMA KATEGORI PELAYANAN PUBLIK Oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia atas kinerjanya sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Pelayanan Prima Disdukcapil Kabupaten/Kota Tahun 2022.

06 Desember 2022 PENGHARGAAN PENYEDIA LAYANAN PRIMA KATEGORI PELAYANAN UMUM Oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia atas kinerja sebagai badan penyelenggara pelayanan publik DPMPTSP Kabupaten/Kota Kategori Pelayanan Prima Tahun 2022.

6 Desember 2022 PENGHARGAAN PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI TAHUN 2022 Dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia atas Pencapaian Reformasi Birokrasi Tahun 2022 dengan rating BB.

07 Desember 2022 PENGHARGAAN PENINGKATAN KUALITAS KEBIJAKAN Dari Lembaga Pemerintah Republik Indonesia atas komitmen bersinergi meningkatkan kualitas kebijakan di Kabupaten Gunungkidul melalui kegiatan Laboratorium Kebijakan.

15 Desember 2022 TOP DIGITAL AWARDS 2022 AWARD oleh Majalah It Works sebagai pengakuan atas keberhasilan RS Wonosari dalam menampilkan inovasi dan solusi IT yang memberikan kemudahan layanan dan bisnis.

17 Desember 2022 PENGHARGAAN KAMPUNG TANPA MEROKOK KEREN 2022 Oleh Asosiasi Dinas Kesehatan Indonesia (ADINKES) dalam rangka Pengakuan Desa Bendingan, Karangmojo masuk dalam 24 Desa/Desa Terpilih dalam Penghargaan Desa Keren Bebas Rokok 2022 Se-Indonesia.

17 Desember 2022 PENGHARGAAN SUMBER OBAT PRODUK DALAM NEGERI Dari Kementerian Kesehatan atas capaian Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam pengadaan obat-obatan untuk produk rumah tangga tertinggi di wilayah DIY yaitu 73,43%

Sumber: Pemerintah Kabupaten Gunungkidul

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button