Selengkapnya tentang tempat wisata di Lembang untuk study tour, berikut spesifikasi Observatorium Bosscha - WisataHits
Jawa Barat

Selengkapnya tentang tempat wisata di Lembang untuk study tour, berikut spesifikasi Observatorium Bosscha

PESAN PRIBADI – Observatorium Bosscha terletak di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, sekitar 15 km sebelah utara Kota Bandung. Situs ini berada pada ketinggian 1.310 meter di atas permukaan laut atau pada ketinggian 630 meter dari Dataran Tinggi Bandung.

Nama Observatorium Bosscha sendiri berasal dari nama penemu utamanya, Karel Albert Rudolf Bosscha (1865-1928), seorang pemilik tanah yang memiliki perkebunan teh di kawasan Malabar.

Daerah Lembang dipilih sebagai lokasi observatorium karena kondisi geologi tanah yang stabil dan dianggap memenuhi persyaratan fisik observatorium Bosscha.

Baca Juga: Ini 15 Link Twibbon Untuk Merayakan Hari Sumpah Pemuda 2022, Lengkap Dengan Petunjuk Pemasangannya

Betul, selama ini terbukti gedung dan teleskop masih berfungsi normal. Bahkan, tempat ini sering menjadi bahan kajian dan penelitian, termasuk rombongan study tour bagi mahasiswa.

Observatorium Bosscha adalah bangunan melingkar dengan radius sekitar 7 meter dan koridor sekitar 1,5 meter di dalamnya.

Bagian tengahnya berdiameter 11 meter berbentuk panggung dengan pelat baja yang bisa naik turun sekitar 4 meter. Tabung teleskop refraktor ganda dari Carl Zeiss dengan diameter 1,5 meter ditempatkan pada balok baja pada ketinggian 5 meter.

Di dalam tabung ada dua teleskop, masing-masing dengan diameter lensa 60 sentimeter. Terlepas dari ukurannya, tabung teleskop dapat digerakkan dengan tangan ke segala arah.

Baca Juga: Kesaksian Acay di Sidang Terdakwa Irfan Widyanto di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan; Wajah Pak FS merah seperti orang marah

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button