Seleksi Pemula di SMPN 3 Kota Batu untuk sosialisasi melalui pilkada - WisataHits
Jawa Barat

Seleksi Pemula di SMPN 3 Kota Batu untuk sosialisasi melalui pilkada

Kota Batu Memoar – KPU Kota Batu melakukan sosialisasi kepada sejumlah siswa sekolah menengah pertama (SMP) tentang penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu). Sosialisasi ini dilakukan untuk mengangkat topik “Suara Demokrasi untuk Mengangkat Profil Siswa Pancasila di Sekolah Mengemudi” oleh SMP Negeri 3 Batu pada Selasa (11/8/2022).

Kegiatan yang dipusatkan di mushola sekolah ini dibagi menjadi dua sesi. Ada juga informan, antara lain Marlina dan Heru Joko Purwanto yang merupakan petugas KPU Kota Batu. Sesi pertama dibawakan oleh Divisi Program dan Data, Heru Joko Purwanto dan sesi kedua dibawakan oleh Divisi Sosialisasi Parmas dan SDM, Marlina.

Pada sesi pertama, Heru memediasi dan mengingatkan mahasiswa bahwa politik merupakan hal yang sangat dekat dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, siswa harus mampu mewujudkan dirinya sebagai sendi kehidupan dalam berbagai hal.

“Siswa Kelas VII saat ini adalah calon pemimpin masa depan. Jadi Anda harus peka terhadap semua hal yang terjadi di sekitar Anda. Juga dalam proses demokrasi saat ini,” jelas Heru.

Baca juga:

Pada sesi kedua, peserta sosialisasi terlibat dengan siswa Kelas VIII.Pada kesempatan ini giliran Marlina yang memanfaatkan kesempatan untuk menularkan atau berbagi ilmu dan pengalamannya kepada siswa-siswi Estiba (SMPN 3 Batu).

Dikonfirmasi di sela-sela kegiatan, Marlina menyambut baik kegiatan yang dilakukan SMP N 3. Menurut mereka, KPU Kota Batu juga berkomitmen untuk membuat pemilihan umum dan Pilkada dapat diakses oleh semua segmen pemilih, termasuk pemilih pemula, yang juga akan menjadi pemilih pemula nanti pada tahun 2024. .

Alumnus Magister Institut Pertanian Bogor (IPB) ini menjelaskan komitmen instansinya untuk ikut terlibat mendukung program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu kurikulum mandiri untuk kegiatan pembelajaran berbasis proyek atau project-based learning, khusus dengan topik Suara Demokrasi. Dalam memberikan materinya, Marlina juga mengajak generasi muda untuk berperan aktif dalam membentuk proses demokrasi.

“Generasi Z harus mahir berdemokrasi dan menjadi bagian dari proses pemilu. Mahasiswa Pancasila perlu memahami konsep kedaulatan di tangan rakyat ketika memilih pemimpin bangsa yang memiliki legitimasi kuat,” kata Marlina.

Setelah para pembicara menyampaikan informasi tentang pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah 2024 serta sejarah demokrasi di Indonesia, mahasiswa diberi ruang untuk bertanya. Kegiatan diakhiri dengan kuis oleh pengasuh untuk siswa. Jawaban yang benar akan diberikan hadiah cinderamata oleh KPU Kota Batu atas partisipasi aktifnya. (bir/duduk)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button