SELASAR SUNARYO Uang Kertas dan Koleksinya - WisataHits
wisatahits

SELASAR SUNARYO Uang Kertas dan Koleksinya

SELASAR SUNARYO Uang Kertas dan Koleksinya

Harga tiket masuk Tuesdayar Sunaryo: Rp 25.000. Jam buka: 10 pagi – 5 sore Nomor Telepon : 0222507939. Alamat : Jl. Bukit Pakar Timur No.100, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40198.

Ruang Seni Tuesdayar Sunaryo (SSAS) adalah galeri seni yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Galeri ini resmi didirikan pada tahun 1998 untuk mendukung perkembangan seni rupa Indonesia. Selasar menggambarkan ruang terbuka untuk menghadirkan karya seni kepada audiens mereka.

Galeri seni nirlaba ini dibangun oleh Sunaryo, seniman kontemporer dan mantan profesor seni rupa di ITB. Selain memamerkan karya-karya Sunaryo, galeri ini juga memfasilitasi karya-karya seniman lain, khususnya seniman kontemporer.

Harga Tiket Masuk Hari Selasa Sunaryo

Pengunjung yang ingin melihat berbagai koleksi seni di galeri ini harus membeli tiket. Harga tiketnya tetap terjangkau.

Harga tiket masuk Sunaryo Sunaryo Bandung
Tiket masuk Rp 25.000

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi NuArt Sculpture Park

Jam buka dari Selasaar Sunaryo

Pengunjung bisa datang ke galeri ini dari hari Selasa hingga Minggu. Buka dari pagi hingga sore hari. Sementara itu, pada hari Senin dan hari libur galeri tutup.

Jam Buka Ruang Seni Tuesdayar Sunaryo
Selasa – Minggu Pak. jam 10 pagi. – 17:00
Senin dan hari libur nasional Perusahaan

Seni dan objek wisata

Monokrom Mogus dalam nuansa putih dalam karya Satu di Selasar Sunaryo BandungMogus monokromatik dalam nuansa putih pada karya “Satu” adalah metafora untuk mengingat Tuhan dan bagaimana kita menempatkan harapan kita pada struktur memori dalam pikiran di Selasar Sunaryo Bandung.
Foto: Instagram/selasarsunaryo

Wisatawan yang datang ke Selasar Sunaryo harus mematuhi peraturan yang berlaku di kawasan SSAS. Pengunjung harus menjaga jarak aman dari karya seni dan tidak boleh menyentuhnya. Ini karena sifat karya seni yang sensitif dan rapuh.

Selasar Sunaryo adalah area bebas rokok. Penggunaan fotografi untuk keperluan pribadi juga dilarang. Semua foto dan video yang diambil harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari SSAS.

Koleksi Selasa Sunaryo

salah satu dari Multiple Hands karya Mulyana dkk di Selasar Sunaryo Bandungsalah satu dari Multiple Hands karya Mulyana dkk di Selasar Sunaryo Bandung. Foto: Instagram/selasarsunaryo

Ini adalah kumpulan karya yang merefleksikan masa kiprah dan karir Sunaryo dalam berbagai media. Koleksinya meliputi patung, lukisan, dan instalasi. Karya-karya dalam koleksi ini disumbangkan oleh Sunaryo kepada Selasar Sunaryo Foundation. Contohnya termasuk lukisan berjudul Antara Langit dan Bumi (Yin dan Yang), Karamba & Aqua, dan Baliku II.

Karya seni ini merupakan bagian dari koleksi pribadi Sunaryo dan tidak dipajang di galeri. Beberapa contohnya adalah Adzan Batu Kapur, Emas di Ladang Kelam II dan lukisan Bunga Merah.

Beberapa koleksi di galeri ini merupakan karya seni yang disumbangkan oleh berbagai seniman. Sunaryo memulai koleksi ini pada tahun 1974. Contohnya adalah karya “Pakuon”. Yakni lukisan di atas kaca berukuran 79×59 cm berjudul Nuansa Travel karya seniman Haryadi Suadi pada tahun 1986.

Baca: Tiket Masuk dan Koleksi Museum Sri Baduga Bandung

Amfiteater Mini

Amfiteater MiniAmfiteater mini di selasa sunaryo bandung.
Foto: Google Maps/Arne Trautmann

Seluruh area SSAS dirancang secara artistik. Mulai dari ruang pameran seni, dari bangunan di dalamnya, hingga mushola. Yang membuat wisatawan terkesan adalah amfiteater mininya.

Tempat ini menarik perhatian semua wisatawan karena berada di tengah SSAS. Amfiteater memiliki desain simetris sempurna dengan mempertimbangkan akustik. Ini mengikuti teknologi kuno seperti Colosseum di Italia.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi Museum Geologi Bandung

Pameran seni

Terowongan instalasi khusus SunaryoJarum waktu terus berputar dan Hall of Space terus berkembang. Terowongan bambu memanjang menembus dinding ruangan. Lorong ini adalah bagian dari instalasi khusus oleh Sunaryo untuk peringatan 20 tahun Selasar Sunaryo, Bandung. Foto: Instagram/selasarsunaryo

Selasar Sunaryo rutin menyelenggarakan pameran seni rupa. Seperti Lawangkala yang bertepatan dengan peringatan 20 tahun SSAS. Lawangkala menghadirkan instalasi berbasis fiber dan karya multidisiplin sebagai realisasi gagasan kefanaan.

Lawang berarti ‘pintu’ dan kala adalah ‘waktu’. Mengenang tahun 1998 hingga 2018, Sunaryo menyadari bahwa apa yang telah dilakukannya tidak dapat terulang kembali. Robek dan jahitan adalah ekspresinya yang tidak bisa diganti dengan sapuan kuas.

Pameran lain yang pernah ada adalah Proyek Bale. Pameran ini merupakan kolaborasi 20 seniman yang diselenggarakan pada tahun 2018. Beberapa seniman yang terlibat adalah Joko Avianto, Arin Dwihartanto Sunaryo, dan Bapak Reggie Aquara.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi Museum Asia Afrika

kopi Selasa

area kopi SelasaKawasan kopi Selasar di Selasar Sunaryo Bandung. Foto: Instagram/selasarsunaryo

Tuesdayar Coffee menawarkan masakan Indonesia dan kopi yang disajikan dengan kesegaran alami. Ruang ini menawarkan bangku dan meja kayu yang ditata dengan hati-hati di bawah naungan pepohonan. Lebih dari 11 lampu indah menggantung dari setiap atap.

Menu andalannya adalah Kopi Selasar yang terbuat dari biji kopi, jahe, dan susu. Harga makanan dan minuman berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 78.000. Tersedia wifi hotspot dan payung besar untuk kenyamanan pengunjung.

Ada bangku khusus yang menghadap amfiteater. Dari posisi ini, pengunjung dapat menikmati perpaduan antara seni dan alam. Tuesdayr Coffee buka dari Senin sampai Kamis mulai pukul 11:00 hingga 17:00 dan Jumat dan Sabtu mulai pukul 11:00 hingga 22:00.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Trans Sudio Bandung

kenangan hari Selasa

Area ini meliputi toko galeri, stok berbagai reproduksi seni eksklusif, pameran poster, peta, poster, dan kerajinan tangan. Ada juga buku-buku tentang seni, desain, arsitektur, sastra dan budaya kontemporer, katalog fotografi dan pameran.

Perpustakaan hari Selasa

Merupakan fasilitas yang dibuka sejak September 2008 dan dapat diakses oleh masyarakat umum. Perpustakaan Selasar buka Selasa sampai Minggu Pk. 10:00 – 17:00 sedangkan hari Senin dan hari libur tutup.

Perpustakaan ini memiliki fungsi khusus sebagai pusat adat, penelitian dan dokumentasi yang memuat 1500 karya seni. Meliputi seni rupa, fotografi, pameran katalog, teater dan sastra, film, artikel dan transkrip.

Reda

Di lahan seluas 2.000 meter persegi terdapat Wot Batu. Instalasi taman batu, oleh Sunaryo yang artinya ‘Jembatan Batu’. Mushola yang tersedia cukup untuk lima orang juga dengan desain art untuk memberikan suasana tenang.

Lokasi Balai Sunaryo, Bandung

Galeri seni ini terletak di Jl.Bukit Pakar Timur No.100 Bandung – 40198. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Telp. (+62) 22 250 7939 Faks (+62) 22 251 6508.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button