Selamatkan ekosistem laut PPI dunia dengan menanam terumbu karang - WisataHits
Jawa Timur

Selamatkan ekosistem laut PPI dunia dengan menanam terumbu karang

KORANSAKU – Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia) menyelenggarakan program amal berupa kegiatan menjaga ekosistem laut pada Kamis, 4 Agustus 2022.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Koordinator Dunia PPI Faruq Ibnul Haqi dengan melakukan penanaman terumbu karang di Pantai Grand Watu Dodol (GWD), Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Dalam layanan nirlaba ini, PPI Dunia bekerja sama dengan Indonesia Coral Institute (ICI).

Baca Juga: Usai Brigadir J Meninggal, Kapolri Sebut 4 Petugas Dikerahkan di Lokasi Khusus

Koordinator Dunia PPI Faruq Ibnul Haqi mengatakan bahwa program Restorasi (Penciptaan) Terumbu Karang Dunia PPI merupakan salah satu program unggulan PPI Dunia. Tujuannya adalah untuk merehabilitasi terumbu karang yang semakin rusak. Penanaman terumbu karang dilakukan dari tanggal 31 Juli hingga 1 Agustus 2022 dan melibatkan penyelam bersertifikat dari beberapa komunitas penyelam di Banyuwangi.

Penanaman terumbu karang ini juga didukung oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Bahari GWD. Dukungan juga datang dari rombongan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari tiga perguruan tinggi di Jawa Timur, yakni UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Universitas Brawijaya (UB) Malang dan Universitas PGRI Banyuwangi.

Baca Juga: Lirik Lagu Dunia Akan Mengakhiri Rhoma Irama

“Dengan diadakannya program transplantasi terumbu karang ini diharapkan dapat menciptakan panorama yang indah di dasar laut dan memperkuat identitas Pantai GWD untuk menjadi salah satu destinasi wisata terumbu karang dunia di masa mendatang,” kata Faruq dalam keterangan tertulis, Kamis, Agustus. 4, 2022.

Faruq adalah Koordinator Dunia PPI ke-11 dan masih mengejar gelar PhD di bidang Perencanaan Kota dari University of South Australia. Di Banyuwangi, Faruq juga didampingi Bendahara Umum Dunia PPI Khoirul Umam. Khoirul mengatakan, program Penciptaan PPI Dunia sudah direncanakan sejak lama sejak kabinet Apik Cendekia mulai mengelola periode PPI Dunia. Program nonprofit ini mensosialisasikan pentingnya melestarikan terumbu karang sebagai upaya penyelamatan garis pantai untuk kepentingan anak cucu, biota laut dan penghidupan nelayan.

“Ini merupakan program investasi jangka panjang yang akan dinikmati di masa mendatang,” kata Khoirul.

Source: koransaku.hops.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button