Selamat Hari Santri 2022, Ini 7 Daerah Bernama Kota Santri di Indonesia: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Tengah

Selamat Hari Santri 2022, Ini 7 Daerah Bernama Kota Santri di Indonesia: Okezone Travel

hari pelajar Hari Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkannya melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Peringatan Hari Santri bertujuan untuk menghormati perjuangan para ulama dan santri dalam membela agama, bangsa dan negaranya.

Santri memang berperan penting dalam membebaskan Indonesia dari penjajahan masa lalu dan mencapai kemerdekaan. Banyak mahasiswa adalah orang penting di negeri ini.

Kerumunan Sekolah Berasrama Di Indonesia mendidik siswa, beberapa daerah dijuluki Santri City. Saking terkenalnya bahkan ada lagu Qasidah “Kota Santri” ciptaan H. Suheimi yang populer sejak tahun 80-an hingga sekarang.

BACA JUGA:5 Wisata Religi di Jawa yang Cocok Dikunjungi Saat Maulid Nabi Muhammad SAW

Inilah 7 Kota Satri di Indonesia yang Bisa Menjadi Destinasi wisata religi :

1 Suci

Kudus di Jawa Tengah dikenal sebagai kota Santri atau kota pesantren. Ya, Kudus memang terkenal dengan Pondok Pesantren Tahfidz Quran-nya. Jadi kalau mau hafal Al-Qur’an dengan baik, pergi saja ke Kudus. Berikut ini adalah Pondok Pesantren Tahfidz yang terkenal di Indonesia bernama Yanbu’ul Qur’an.

ilustrasi

Menara Suci

2. Kendal

Kendal di Jawa Tengah juga dikenal sebagai kota Santri dan sangat khas dengan pesantrennya terutama di daerah Kaliwungu. Identitas di kota ini adalah pesantren dengan pendidikan Al Quran. Pesantren yang terkenal adalah Daarul Arqom dan Al Fadhlu wal Fadhilah.

BACA JUGA:6 Destinasi Wisata Religi di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan!

3. Tuban

Kota Tuban di Jawa Timur memiliki pondok pesantren yang terkenal bernama Langitan, salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Para mahasiswa tersebut berasal dari berbagai daerah di nusantara.

ilustrasi

Masjid Agung Tuban (Instagram)

Pesantren menjaga identitas Salaf melalui metode pembelajaran.

4. Banten

Banten juga disebut kota Santri karena memiliki banyak pondok pesantren dan menghasilkan banyak ulama. Identitas pesantren di Banten kini lebih modern, memadukan pendidikan Islam dan umum.

5. Kediri

Kediri di Jawa Timur juga bertebaran dengan pondok pesantren mulai dari pedesaan hingga perkotaan. Salah satu pondok pesantren yang terkenal di Kediri adalah Lirboyo, pondok pesantren terbesar di Jawa Timur. Mahasiswanya mencapai puluhan ribu orang.

6. Jombang

Jombang di Jawa Timur juga dikenal sebagai Kota Santri. Di sini banyak pesantren. Sebut saja pesantren Tebu Ireng yang merupakan tonggak penting bagi sejarah Nahdlatul Ulama di Indonesia. Kemudian ada pondok pesantren Wali Songo, tambak padi dan lain-lain.

7. Ponorogo

Ponorogo di Jawa Timur juga merupakan pesantren, salah satu yang paling terkenal adalah Gontor. Disini ada Gontor yaitu pusat, Gontor 2 dan kemudian Universitas Gontor.

ilustrasi

Dari Pondok Pesantren Gontor ini muncul pondok pesantren besar lainnya seperti Wali Songo Ngabar, Pondok Pesantren Muqaddasah, Pondok Pesantren Al Mawaddah, Al Khair Jenangan dan masih banyak lagi. Itu sebabnya setiap hari Jumat Anda melihat jumlah siswa di Ponorogo.


Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button