Selama liburan Natal dan Tahun Baru, Bandara YIA mulai dipenuhi ribuan calon penumpang - WisataHits
Yogyakarta

Selama liburan Natal dan Tahun Baru, Bandara YIA mulai dipenuhi ribuan calon penumpang

TEMPO.CO, Yogyakarta – Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulon Progo mulai padat penumpang jelang libur Natal dan Tahun Baru. Peningkatan ribuan calon penumpang tersebut terjadi sejak dua hari terakhir atau per Minggu 18 Desember 2022.

“Kami perkirakan selama libur Nataru 2022/2023 terjadi peningkatan 71 persen jumlah penumpang yang bepergian menggunakan pesawat melalui YIA,” kata General Manager Bandara YIA Agus Pandu Purnama, Senin 19 Desember 2022.

Pandu mengatakan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021, total jumlah penumpang pada periode pasca Natal dan Tahun Baru 2022/2023 sebanyak 186.034 penumpang. Pergerakan pesawat juga diperkirakan meningkat hingga 88 persen. Peningkatan sebesar 37 persen diperkirakan untuk pengiriman barang.

“Puncak lalu lintas di YIA diprediksi H-2 Natal atau 23 Desember 2022 mencapai 14.940 penumpang,” kata Pandu.

Sedangkan arus puncak jelang pergantian tahun diperkirakan terjadi pada H-5, yakni pada 26 Desember 2022.

Menurut Pandu, Bandara YIA menangani 2.604.762 penumpang sejak Januari hingga November 2022. Angka itu meningkat 114,46 persen dibandingkan 2021 pada periode yang sama.

Selama liburan Natal dan Tahun Baru, Bandara YIA juga mengoperasikan empat rute internasional, termasuk penerbangan ke Malaysia dan Singapura. “Empat penerbangan internasional tersebut dioperasikan oleh Air Asia Indonesia, Air Asia Malaysia, Scoot Air, dan Malaysia Airline,” kata Pandu.

Maskapai ini mengoperasikan rute ke Kuala Lumpur, Malaysia dan Singapura ke YIA dan sebaliknya. Bandara YIA akan menyelenggarakan surat transportasi udara terintegrasi untuk Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 mulai Senin.

Penerapan posko terpadu di area lobi keberangkatan sisi timur Bandara YIA berlaku hingga 3 Januari 2023. “Di posko terpadu ini kami telah menyiapkan beberapa rencana cadangan memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa bandara, baik penumpang maupun non penumpang,” kata Pandu.

Saat ditanya Koordinator Unit Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta mengatakan, puncak arus kedatangan penumpang pada libur akhir tahun ini diperkirakan terjadi dua kali, yakni menjelang Natal dan menjelang Tahun Baru. “Puncak arus kedatangan penumpang pertama pada 23-24 Desember dan yang kedua pada 30-31 Desember, kenaikan penumpang sekitar lima sampai tujuh persen,” ujarnya.

Bekti mengatakan, selama liburan Natal dan Tahun Baru lalu, total penumpang yang tiba di Terminal Giwangan sebanyak 50.207 penumpang. “Kami perkirakan 78.210 penumpang akan tiba melalui terminal ini selama musim liburan akhir tahun ini,” ujarnya.

Baca juga: 5 ide wisata alam untuk natal dan tahun baru

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button