Selama libur Nataru, Polres Bandung mengerahkan 950 personel - WisataHits
Jawa Barat

Selama libur Nataru, Polres Bandung mengerahkan 950 personel

hoperakyat.com,- Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Polres Bandung mengerahkan sedikitnya 950 personel kepolisian ke wilayah tanggung jawabnya.

Selain menyiagakan aparat kepolisian di depan gereja tempat perayaan Natal, hal ini juga berlaku untuk jalur dan jalan menuju tempat wisata di Kabupaten Bandung.

Penempatan personel kepolisian tersebut dirancang untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang ingin beribadah dan memanfaatkan hari raya Nataru.

Baca juga: Selama Natal dan Tahun Baru, Polda Jabar menjaga 72 objek vital di Bandung Raya

Kapolres Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan, Polres Bandung telah menyiagakan 24 posko keamanan dan 2 posko jaga selama libur Natal dan Tahun Baru.

“Sebanyak 24 posko dan 2 posko pelayanan di Nagreg dan Ciwidey untuk melayani masyarakat,” kata Kapolda Bandung.

Selain menyiagakan posko keamanan dan dinas selama libur Nataru, kelompoknya juga mengaku sudah menyiapkan ponsel mini. Tujuannya, lanjut Kapolresta, untuk membantu masyarakat yang kehabisan BBM saat bepergian.

“Masyarakat yang kehabisan BBM saat berkendara bisa menghubungi Polres Bandung di 110. Kami akan mengantarkan bahan bakar (minyak pemanas) ke tempat pengemudi yang kehabisan bensin,” ujarnya.

Selain mengefektifkan personel Polri dalam menjaga keamanan jelang libur Natal dan Tahun Baru 2023, Kusworo juga mengajak masyarakat untuk terlibat dalam menjaga keamanan di sekitar mereka.

Ia mengimbau warga untuk memperhatikan beberapa hal saat keluar rumah saat memanfaatkan libur Nataru. Pastikan rumah dalam keadaan terkunci, baik pintu maupun jendela tertutup rapat.

Baca juga: Pengemudi truk di Bandung mengalami serangan jantung dan ditemukan tewas

“Pastikan juga kabel listrik dan selang gas aman untuk menghindari bahaya kebakaran. Juga berkoordinasi dengan pengelola kawasan setempat jika meninggalkan rumah dalam keadaan tidak berpenghuni,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Kusworo, hal yang tak kalah pentingnya saat traveling. Pastikan kelengkapan kendaraan dan dokumen kendaraan. Kemudian pastikan juga kondisi pengemudi dan penumpang dalam keadaan sehat.

“Jangan biarkan pengemudi mendorong ketika dia lelah. Lebih baik beristirahat terlebih dahulu zona tenang untuk menghindari hal-hal buruk selama perjalanan,” kata Kusworo.

72 objek vital yang harus dijaga selama liburan Nataru

Sebelumnya, polisi juga menjaga ketat 72 objek vital di Bandung Raya dan sekitarnya menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2022 dan 2023.

Polda Jabar akan mengerahkan ribuan aparat kepolisian untuk menjaga beberapa tempat vital, tempat ibadah, dan tempat wisata. Vigili ini dirancang untuk menjaga kebermanfaatan di Jawa Barat, khususnya di Bandung Raya dan sekitarnya.

Baca juga: Banyak objek wisata di Kabupaten Bandung yang masih belum memiliki izin

Direktur Ditpamobvit Polda Jabar Kombes M. Hidayat mengatakan Sat Samapta Polda Jabar melalui Pam Obvit Jabar akan memecah personel polisi dan menempatkannya di beberapa lokasi.

“Setidaknya ada 72 objek vital yang akan kita amankan selama libur Nataru tahun ini, antara lain objek wisata, tempat ibadah, dan pusat perbelanjaan. Hal itu kami lakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban baik pada saat Natal maupun malam tahun baru,” kata Hidayat di Kota Bandung. (Ecep/R13/HR-Online)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button