Sektor Ekonomi Dominan Menuju Yogyakarta Visi 2025 - WisataHits
Yogyakarta

Sektor Ekonomi Dominan Menuju Yogyakarta Visi 2025

Selasa, 6 September 2022 – 11:12 WIB

Melalui :

  • Suparno (Statistik Fungsional Pemuda BPS Kabupaten Sleman)

VIVA – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), seperti daerah lain di Indonesia, memiliki Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2005 – 2025. Visi yang dituangkan dalam RPJPD 2005-2025 adalah DIY 2025 sebagai pusat pendidikan, kebudayaan dan destinasi pariwisata yang melayani Asia Tenggara dalam masyarakat yang maju, mandiri, dan sejahtera. Untuk mewujudkan visi tersebut dirumuskan misi yang akan dilaksanakan, antara lain:

1. Mewujudkan pendidikan yang berkualitas, berdaya saing dan akuntabel yang didukung oleh sumber daya pendidikan yang handal.

2. Terwujudnya budaya luhur yang terus menerus didukung oleh konsep, pengetahuan budaya, pelestarian dan pengembangan produk budaya dan nilai budaya.

3. Terwujudnya pariwisata yang kreatif dan inovatif.

4. Mewujudkan solusi sosial budaya dan sosial ekonomi yang inovatif berbasis kearifan budaya lokal, ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan masyarakat.

Sekarang 2022, 3 tahun menuju 2025. Apakah visi RPJPD DIY sudah mendekati realisasi? Apakah pelaksanaan pembangunan di DIY sudah mencapai tujuannya, apakah sudah sesuai dengan visi dan misi yang telah dirumuskan?

Salah satu data statistik yang dapat digunakan untuk mengukur hasil pembangunan dan untuk menilai dalam perencanaan ekonomi ke depan adalah produk domestik bruto (PDB) daerah.

PDRB didefinisikan sebagai nilai total barang dan jasa yang dihasilkan oleh semua unit bisnis di suatu wilayah, atau merupakan nilai total barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh semua unit bisnis.

Disclaimer: Artikel ini merupakan postingan pengguna VIVA.co.id yang diposting di channel VStory berdasarkan User Generated Content (UGC). Semua isi artikel dan isi yang terkandung di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.

Source: www.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button