Sekembalinya Jetstar ke Australia, Menparekraf mengimbau maskapai untuk mematuhi prosedur dan aturan yang berlaku - WisataHits
wisatahits

Sekembalinya Jetstar ke Australia, Menparekraf mengimbau maskapai untuk mematuhi prosedur dan aturan yang berlaku

Sekembalinya Jetstar ke Australia, Menparekraf mengimbau maskapai untuk mematuhi prosedur dan aturan yang berlaku

Piknikdong.com – Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menekankan dan mengimbau seluruh maskapai, baik domestik maupun internasional, untuk selalu mengikuti prosedur dan aturan sesuai hukum yang berlaku dengan tujuan untuk menjamin keselamatan bersama, khususnya para wisatawan.

Tanggapan tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga dalam acara “The Weekly Brief With Sandi Uno” yang digelar secara daring, Senin (01/02/2023) terkait miskomunikasi internal di kantor pusat Jetstar Melbourne.

Sekembalinya Jetstar ke Australia, Menparekraf mengimbau maskapai untuk mematuhi prosedur dan aturan yang berlakuBandara Ngurah Rai, Bali, Foto: Kemenparekraf

Penerbangan JQ35 dari Melbourne ke Denpasar pada 27 Desember 2022 diputuskan untuk kembali ke pangkalan, karena berangkat tanpa persetujuan penerbangan yang diperlukan untuk tiba di Denpasar.

“Jetstar saat ini sedang menyelidiki insiden tersebut secara mendalam dan akan menerapkan prosedur untuk mencegah terulangnya kejadian tersebut.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga telah mengingatkan maskapai untuk mematuhi prosedur dan aturan yang berlaku secara tertib.

Aturan harus dipatuhi demi keselamatan kita bersama,”

ujar Menparekraf Sandiaga.

Jika semua prosedur dan aturan yang berlaku dipatuhi oleh semua maskapai, hal ini akan sangat berkontribusi terhadap target kinerja Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencapai 3,5 juta hingga 7,4 juta wisman pada tahun 2023 dan 1,2 miliar hingga 1,4 miliar pergerakan wisatawan domestik. .

“Dan Bali, salah satu destinasi unggulan Indonesia, diharapkan dapat mendukung tujuan tersebut dengan total kunjungan wisman sebanyak empat juta orang pada tahun 2023,”

kata Sandiaga.

Selain itu, Menparekraf Sandiaga mengatakan Indonesia sangat siap menyambut wisatawan mancanegara, termasuk wisatawan mancanegara dari China.

Karena situasi pandemi COVID-19 sudah terkendali, bahkan tingkat imunitas atau imunitas masyarakat Indonesia sudah di atas 98%.

Selain itu, Presiden RI Joko Widodo pada Jumat (30/12/2022) resmi mencabut penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Dengan demikian, kebijakan pemerintah China membuka perbatasan untuk turis pada 8 Januari 2023 disambut positif oleh Menparekraf Sandiaga yang didampingi dalam rangka implementasi protokol CHSE.

Hingga saat ini, Pemerintah Indonesia masih melaksanakan SE Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 25 tanggal 1 September 2022 tentang Pengaturan Perjalanan Orang Asing (PPLN).

Namun demikian, kementerian/lembaga terkait selalu berkoordinasi untuk merumuskan kebijakan yang terbaik.

“Menyambut wisatawan Tiongkok, prinsipnya kami lakukan tentunya terbuka dengan penuh kehati-hatian,”

kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, ada beberapa permintaan dari maskapai internasional China untuk membuka penerbangan langsung ke Jakarta dan Bali, seperti Air China, China Eastern, dan China Southern.

Diharapkan maskapai domestik seperti Garuda, Lion Air dan Batik mampu memenuhi permintaan penerbangan langsung.

Penerbangan langsung ini akan memudahkan kedatangan turis China di Indonesia.

Karena biasanya turis China yang ingin berwisata ke Bali melalui Singapura terlebih dahulu kemudian menuju Bandara Soekarno Hatta menggunakan penerbangan domestik menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Sebagai alternatif, wisatawan Tiongkok menggunakan penerbangan langsung dari Singapura ke Bali.

Adapun jumlah kunjungan wisman asal China dan Hong Kong, menurut data BPS, hanya 94.924 kunjungan pada periode Januari-Oktober 2022.

Angka tersebut masih tergolong rendah dibandingkan sebelum pandemi yang berdampak pada 2,07 juta kunjungan wisman asal China pada 2019.

“Oleh karena itu, target wisatawan China tahun ini (2023) sebanyak 253.000, kami sangat yakin bisa tercapai,”

kata Sandiaga.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button